28.3 C
Jakarta
Senin, 24 Juni, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Berhasil Menguat, Cek Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan hari ini, Rabu (1/2/2023).

Mengawali Februari 2023, mayoritas harga kripto jajaran teratas terpantau mengalami pergerakan yang seragam dan kembali berada di zona hijau.

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Diduga Bantu Korut, Blender.io Disanksi AS

Berita Kripto Hari Ini: BTC Kembali Menguat

Mengacu pada data Coinmarketcap, Rabu, 1 Februari 2023 pagi, Bitcoin (BTC) kembali menguat 0,76 persen dalam 24 jam terakhir dan 0,34 persen sepekan.

Kini, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu berada di level USD 22.909 per koin atau setara Rp 343,6 juta juta (asumsi kurs Rp 15.001 per dolar AS). 

Sementara itu, Ethereum (ETH) pun berhasil kembali menguat. Diketahui, ETH naik 1,21 persen dalam sehari terakhir, tetapi masih melemah 0,36 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 23,59 juta per koin. 

Selanjutnya ada Binance coin (BNB) yang kembali melesat pagi ini. Dalam 24 jam terakhir, BNB naik 1,78 persen dan 2,54 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,65 juta per koin. 

Cardano juga kembali berada di zona hijau. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 4,28 persen dan 6,69 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.778 per koin.

Solana (SOL) kembali menguat dalam satu hari terakhir sebesar 0,18 persen dan 3,91 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 355.846 per koin.

Daftar Harga Kripto Lainnya

Di sisi lain, XRP pun ikut kembali pulih. XRP naik 3,08 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 1,24 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 6.068 per koin. 

Adapun Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali kenaikan signifikan. Dalam satu hari terakhir DOGE meroket 9,55 persen dan 12,30 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1419 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00.

Sementara itu, Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Kembali Perkasa, Intip Daftar Harganya di Sini

Untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1.044 triliun atau setara Rp 15.662 triliun. 

berita kripto hari ini

Berita Kripto Hari Ini: Jelang Pertemuan The Fed, Bitcoin Diramal Loyo 

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, memprediksi harga Bitcoin akan dibuka fluktuatif, tetapi melemah di rentang USD 21.803 atau setara Rp 327 juta (asumsi kurs Rp 14.999 per dolar AS) hingga USD 23.400 atau setara Rp 350,9 juta per koin pada perdagangan Rabu (1/2/2023). 

Kini, pelaku pasar kripto tengah menanti keputusan kebijakan moneter dari pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed). 

“Menjelang pertemuan tersebut, Bitcoin dan aset-aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar lainnya mencatat pelemahan,” ucapnya dalam keterangan tertulis.

Adapun penurunan Bitcoin dan aset-aset lainnya pada perdagangan hari ini sebagai penanda momentum wait and see menjelang rapat The Fed pada 31 Januari hingga 1 Februari 2023.

Diperkirakan, The Fed akan mengerek suku bunga sebesar 25 basis poin, menyusut dari 50 basis poin pada bulan sebelumnya. 

Penetapan harga di pasar derivatif menunjukkan pasar mengharapkan pengetatan lebih lanjut, meskipun analis memperdebatkan sampai sejauh mana. Inflasi AS yang mendingin dan suku bunga yang melambat dari sebelumnya.

Hal itu bisa dilihat sebagai katalisator yang positif bagi tren pasar kripto serta diikuti oleh Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank of England (BoE) pada Kamis.

nalis dan komisaris PT Orbi Trade Berjangka, Vandy Cahyadi, mengatakan bahwa kemungkinan akan ada aksi ambil untung bitcoin menjelang peristiwa penting yang berisiko di depan.

“Kemungkinannya Fed memberi kesan mereka dapat berhenti setelah pelemahan minggu ini, maka bitcoin dan aset berisiko dapat dengan mudah untuk kembali reli,” ucapnya dalam analisis hariannya. 

Kemudian, investor mengharapkan ECB dan BoE untuk menaikkan suku bunga utama mereka masing-masing sebesar 50 bps pada Kamis.

“Investor masih optimis bahwa penurunan aset kripto dapat dibalik jika aktivitas perdagangan terus meningkat. Gagasan ini memicu harapan luas bahwa pasar akan pulih dan investor mungkin mendapat untung dari penurunan tajam,” tandasnya.

 Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Nilai Simpanan Bitcoin Turun, Tesla Rugi Setengah Triliun

Sekian ulasan terkait berita kripto hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU