26.8 C
Jakarta
Jumat, 14 Juni, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Kapitalisasi Kripto Alami Peningkatan

JAKARTA, duniafintec.com – Berita kripto hari ini terkait harga Bitcoin dan beberapa kripto terkemuka lainnya mengalami pergerakan serupa pada Jumat, (15/9/2023), dengan mayoritas kripto berhasil kembali ke zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Bitcoin (BTC), yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar, masih menguat sebesar 1,38 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,09 persen dalam seminggu terakhir.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 26.636 per koin atau setara dengan Rp 409,8 juta (dengan asumsi kurs Rp 15.392 per dolar AS).

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Pimpinan Negara G20 Dukung Kebijakan Kripto

Ethereum (ETH) juga mengalami kenaikan. ETH naik sebesar 1,49 persen dalam sehari, meskipun masih mengalami penurunan sebesar 1,14 persen dalam seminggu terakhir. Oleh karena itu, saat ini ETH diperdagangkan di level sekitar Rp 25,12 juta per koin.

Selanjutnya, Binance Coin (BNB) juga mengalami pemulihan. Dalam 24 jam terakhir, BNB menguat sebesar 0,06 persen, meskipun tetap melemah sebesar 2,06 persen dalam seminggu terakhir. Harga BNB saat ini adalah sekitar Rp 3,27 juta per koin.

Cardano (ADA) juga mengalami kenaikan harga dan kembali ke zona hijau. ADA naik sebesar 1,06 persen dalam sehari, meskipun mengalami penurunan sebesar 2,38 persen dalam seminggu terakhir. Saat ini, ADA diperdagangkan di sekitar Rp 3.878 per koin.

Sementara itu, Solana (SOL) juga mengalami peningkatan. SOL menguat sebesar 2,71 persen dalam sehari, meskipun masih mengalami penurunan sebesar 4,80 persen dalam seminggu terakhir. Harga SOL saat ini berada di sekitar Rp 292.294 per koin.

XRP juga mengikuti tren kenaikan dengan naik sebesar 1,53 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, XRP tetap mengalami penurunan sebesar 2,64 persen dalam seminggu terakhir. Dengan demikian, harga XRP saat ini adalah sekitar Rp 7.575 per koin.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: AFPI Ungkap Syarat Bunga Pinjaman Fintech untuk UMKM Bisa Turun

Koin Meme Dogecoin (DOGE) juga menunjukkan kekuatan dengan naik sebesar 1,71 persen dalam satu hari terakhir, meskipun masih mengalami penurunan sebesar 2,13 persen dalam seminggu terakhir. Saat ini, DOGE diperdagangkan sekitar Rp 960,00 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) keduanya menguat sebesar 0,01 persen pada hari ini, menjaga harganya tetap di level USD 1,00.

Sementara itu, Binance USD (BUSD) juga menguat sebesar 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, menjaga harganya di level USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan saat ini berada di sekitar USD 1,05 triliun atau sekitar Rp 16.161 triliun.

Pengadilan Amerika Serikat Kabulkan FTX Jual Aset Kripto

Pengadilan kebangkrutan AS di Delaware telah menyetujui mosi pertukaran mata uang kripto yang gagal, FTX, untuk menjual aset kriptonya. Persetujuan ini diumumkan pada sidang pengadilan Rabu, 13 September 2023.

Dilansir dari Yahoo Finance pada Jumat, 15 September 2023, perusahaan ini, yang dipimpin oleh pakar restrukturisasi John J. Ray, tengah berupaya membayar kembali kreditornya sambil mempertimbangkan kemungkinan perombakan platform perdagangan.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Sejumlah Koin Masih Zona Merah

Hakim pengadilan kebangkrutan Delaware, John Dorsey, telah mengizinkan bursa yang bangkrut ini untuk melikuidasi cryptocurrency hingga USD 100 juta kripto per minggu atau setara dengan Rp 1,5 triliun, sesuai dengan dokumen pengadilan. Batasan tersebut mungkin akan ditingkatkan menjadi USD 200 juta atau setara dengan Rp 3 triliun setelah mendapatkan persetujuan dari dua komite yang mewakili pelanggan FTX.

FTX juga berencana untuk melakukan lindung nilai dan mempertaruhkan kriptonya melalui penasihat investasi. Perusahaan berharap bahwa metode ini dapat membantu memitigasi risiko volatilitas harga dan menghasilkan bunga pasif, sesuai dengan proposal yang disetujui.

Perusahaan telah menominasikan Galaxy Asset Management, sebuah perusahaan aset digital yang dipimpin oleh mantan bankir investasi Mike Novogratz, untuk bertindak sebagai penasihat dalam proses ini.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Analisa Sentimen Minggu Pertama September

Pertukaran kripto yang bangkrut memiliki aset kripto senilai USD 3,4 miliar atau setara dengan Rp 52,3 triliun, menurut pengajuan pengadilan. FTX menyimpan sekitar USD 1,16 miliar atau setara dengan Rp 17,8 triliun dalam Solana, USD 560 juta atau setara dengan Rp 8,6 triliun dalam Bitcoin, dan USD 192 juta atau setara dengan Rp 2,9 triliun dalam Ether. Selain itu, kepemilikan kripto lainnya termasuk stablecoin USDT dan XRP.

FTX dan perusahaan anaknya, hedge fund Alameda Research, telah mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 pada 11 November, yang diikuti dengan tuduhan penyelewengan dana klien senilai miliaran dolar dan kesalahan lainnya.

FTX juga sedang berusaha untuk mendapatkan kembali jutaan dolar yang dibayarkan kepada endorser selebriti dan tim olahraga sebelum kebangkrutannya, termasuk pensiunan pemain bola basket Shaquille O’Neal, profesional tenis Naomi Osaka, dan tim Asosiasi Bola Basket Nasional Miami Heat.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Jelang Halving Bitcoin, Pasar Altcoin Beri Sinyal Pemulihan

Sementara itu, Sam Bankman-Fried, pendiri FTX dan mantan CEO FTX, telah dipenjara pada 11 Agustus karena dituduh merusak saksi, setelah penangkapannya di Bahama pada Desember 2022. Dia tetap tidak bersalah dan mengaku tidak bersalah atas 13 dakwaan yang diajukan terhadapnya, termasuk penipuan kawat dan sekuritas bernilai miliaran dolar.

Iklan

ARTIKEL TERBARU