32.3 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Oktober 2022, Pasar NFT OpenSea Cs Masih Cemerlang

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini datang dari beberapa pasar NFT ternama yang mampu mencatatkan penjualan yang cemerlang.

Hal itu sendiri terjadi di tengah penurunan tren penjualan Non Fungible Token (NFT) secara global.

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Kembali Melemah, Ini Daftar Harganya

Berita Kripto Hari Ini: Penjualan OpenSea Mendekati Rp515,4 T

Mengutip Bitcoin.com, Selasa (1/11/2022), Opensea, pasar NFT terbesar dalam hal penjualan, dari segi penjualan mendekati kisaran USD 33 miliar atau sekitar Rp515,4 triliun.

Menurut statistik dari dappradar, penjualan sebesar USD 33 miliar dilakukan oleh 2,34 juta pedagang. Pada tanggal 29 Oktober 2022, harga rata-rata yang dibayarkan untuk NFT melalui Opensea adalah sekitar USD 352.

Adapun OpenSea diikuti oleh pasar NFT Axie Marketplace yang berhasil mencatatkan jumlah penjualan sebesar USD 4,26 atau sekitar Rp 66,5 triliun. Untuk harga rata-rata yang dibayarkan untuk NFT melalui Axie Marketplace adalah sekitar USD 171. 

Kemudian, pasar NFT Magic Eden Solana sudah memperoleh USD 1,83 miliar (Rp 28,5 triliun) dalam penjualan yang diselesaikan oleh 1,21 juta trader. Untuk nilai rata-rata yang dibayarkan untuk NFT di Magic Eden pada 29 Oktober adalah USD 124.

Sementara itu, pasar NFT Looksrare sudah melihat lebih sedikit pedagang sebab catatan menunjukkan hanya ada 107.636 perdagangan yang diselesaikan melalui pasar Looksrare. Akan tetapi, harga rata-rata yang dibayarkan untuk NFT jauh lebih besar lantaran penjualan NFT rata-rata adalah USD 6,59 ribu di Looksrare.

Secara total, pasar NFT Looksrare berhasil mencatatkan penjualan sebesar USD 1,62 miliar atau sekitar Rp 25,2 triliun. Menurut data dari cryptoslam, penjualan NFT di seluruh dunia selama 30 hari terakhir bertambah hingga USD 426 juta, turun 21,32 persen dari bulan sebelumnya.

Untuk diketahui, dalam 30 hari terakhir tercatat sekitar 4.556.057 transaksi NFT di antara 510.859 pembeli NFT.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Elon Musk Beli Twitter, Harga DOGE Meroket

Berita Kripto Hari Ini: Pertama di Dunia, Sebuah Rumah Dijual sebagai NFT

Non Fungible Token (NFT) sendiri masih populer hingga saat ini kendati nilainya berfluktuasi. Beragam hal, mulai dari video hingga sebuah Tweet, sudah dijual sebagai koleksi digital.

Saat ini, koleksi digital tersebut mulai merambah ke industri properti. Mengutip Yahoo Finance, Jumat, 28 Oktober 2022, untuk pertama kalinya di dunia, sebuah NFT dari rumah dunia nyata di Columbia, Carolina Selatan, dijual seharga USD 175.000 atau sekitar Rp 2,7 miliar. 

Rumah tersebut punya 3 kamar tidur dan baru saja direnovasi, menampilkan ruang tamu besar dan area ruang makan lengkap dengan dapur bergaya dapur dan teras walkout. Menurut keterangan di pasar NFT Roofstock onChain, penjual menuliskan Properti sewaan dijual di pasar NFT dengan mentransfer identitas Home onChain ke alamat Ethereum yang dimiliki oleh pembeli rumah, Adam Slipakoff.

berita kripto hari ini

Cara Kerja Kepemilikan Rumah NFT

Adapun perusahaan yang ingin menjual rumah membuat NFT yang mewakili kepemilikan rumah. Siapa saja yang membeli NFT itu lantas memiliki kepemilikan properti.

Sekalipun pembeliannya digital, kepemilikannya pun diakui di dunia nyata. Dalam arti lain, siapa pun yang memiliki NFT akan memiliki rumah fisik di dunia nyata. Pembelian bersejarah ini menandai awal dari apa yang berpotensi menjadi masa depan real estat sebagai NFT, mungkin membuka pintu untuk melakukan pembelian kripto untuk real estat sebagai sumber pendanaan yang layak.

Sekian ulasan tentang berita kripto hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Industri Kripto Indonesia sedang Turun, Ini Tanggapan Asosiasi Blockchain

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE