28.2 C
Jakarta
Rabu, 28 Februari, 2024

Berita Kripto Hari Ini: AS Gagal Shutdown, Kripto Menghijau

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengenai pasar kripto telah mengalami kenaikan signifikan dalam periode 24 jam terakhir. Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Binance (BNB) semuanya telah menguat secara bersamaan, bahkan hampir mencapai level tertinggi sekitar US$ 28.000.

Data dari Coinmarketcap menunjukkan bahwa pada Senin pagi pukul 06.10 WIB, kapitalisasi pasar kripto global mengalami lonjakan sebesar 2,89%, mencapai angka US$ 1,11 triliun dalam periode 24 jam. Mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, yaitu Bitcoin (BTC), mengalami peningkatan sebesar 3,49% dalam 24 jam terakhir. Harga Bitcoin saat ini berada di sekitar US$ 27.930,47 per koin atau sekitar Rp 432,73 juta (dengan kurs Rp 15.493).

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Pasar Kripto Indonesia Bertumbuh Positif

Selain Bitcoin, Ethereum (ETH) juga mengalami kenaikan sebesar 3,37% dalam periode 24 jam, dengan harga saat ini mencapai US$ 1.729,97 per koin. Sementara itu, Binance (BNB) mengalami kenaikan sebesar 1,70% dalam satu hari terakhir, sehingga saat ini BNB diperdagangkan di level US$ 218,81 per koin.

Berita baik juga datang dari Senat Amerika Serikat, yang berhasil mengesahkan rancangan undang-undang bipartisan pada Sabtu malam, hanya tiga jam sebelum batas waktu penutupan pemerintahan (shutdown).

RUU tersebut, yang mendapatkan dukungan luar biasa dengan perbandingan suara 88 berbanding 9, memberikan dana kepada pemerintah selama 45 hari ke depan, hingga 17 November.

Presiden Joe Biden juga telah menandatangani RUU tersebut menjadi undang-undang, memberikan kepastian atas kelangsungan pemerintahan AS. Hal ini merupakan kabar baik bagi pasar kripto, karena penutupan pemerintahan AS dapat memengaruhi perkembangan RUU kripto yang sedang menunggu pemungutan suara. Selain itu, penutupan pemerintahan juga berpotensi memengaruhi peraturan mata uang kripto di masa depan.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Dukungan The Fed Bawa Angin Positif

Pada bulan Juli sebelumnya, anggota parlemen dari Komite Jasa Keuangan DPR AS telah memberikan dukungan terhadap beberapa RUU yang berkaitan dengan kripto, termasuk RUU Inovasi dan Teknologi Keuangan untuk Undang-Undang Abad 21 (FIT), Undang-Undang Kepastian Peraturan Blockchain, Undang-Undang Kejelasan Pembayaran Stablecoin, dan Undang-Undang Simpan Koin Anda.

Meskipun RUU ini kemungkinan akan dibawa ke pemungutan suara DPR, penutupan pemerintahan dapat menghentikan kemampuan anggota parlemen untuk membuat undang-undang baru.

Mayoritas Koin Kripto Menghijau

Harga Bitcoin dan berbagai kripto terkemuka mengalami pergerakan yang beragam pada hari Senin, tanggal 2 Oktober 2023. Mayoritas kripto terkemuka telah kembali menghijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Bitcoin (BTC), yang merupakan kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, berhasil mencatatkan kenaikan sebesar 3,23% dalam periode 24 jam terakhir, serta kenaikan sebesar 5,23% dalam sepekan. Saat ini, harga Bitcoin berada di kisaran USD 27.892 per koin atau sekitar Rp 432,1 juta (dengan asumsi kurs Rp 15.493 per dolar AS).

Ethereum (ETH) juga mengalami peningkatan. ETH menguat sebesar 3,03% dalam 24 jam terakhir dan 8,66% dalam sepekan. Dengan demikian, saat ini ETH diperdagangkan di sekitar Rp 26,74 juta per koin.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Kripto Kembali ke Zona Hijau

Binance Coin (BNB) juga berhasil mencatatkan kenaikan. Dalam 24 jam terakhir, BNB mengalami peningkatan sebesar 1,63%, dan dalam sepekan kenaikan sebesar 4,34%. Hal ini membuat BNB memiliki harga sekitar Rp 3,39 juta per koin.

Selanjutnya, Cardano (ADA) masih berada dalam zona hijau. ADA mengalami peningkatan sebesar 4,87% dalam 24 jam terakhir dan 7,99% dalam sepekan. Dengan demikian, ADA diperdagangkan pada level sekitar Rp 4.125 per koin.

Kripto Solana (SOL) kembali menguat dengan signifikan. SOL mengalami kenaikan sebesar 12,22% dalam satu hari dan 23,03% dalam sepekan. Saat ini, harga SOL berada di kisaran Rp 371.995 per koin.

XRP juga terpantau kembali menghijau dengan peningkatan sebesar 1,28% dalam 24 jam terakhir dan 3,16% dalam sepekan. Dengan demikian, XRP saat ini diperdagangkan dengan harga sekitar Rp 7.870 per koin.

Meme coin Dogecoin (DOGE) juga mengalami peningkatan, dengan kenaikan sebesar 1,71% dalam satu hari dan 3,57% dalam sepekan. Hal ini membuat DOGE diperdagangkan dengan harga sekitar Rp 981,04 per token.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Pimpinan Negara G20 Dukung Kebijakan Kripto

Sementara itu, harga stablecoin Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) menguat sebesar 0,01%, menjaga harga keduanya tetap berada di level USD 1,00.

Berdasarkan data tersebut, kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan saat ini mencapai level USD 1,08 triliun atau sekitar Rp 16.732 triliun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE