27.9 C
Jakarta
Sabtu, 22 Juni, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Kripto Kembali ke Zona Hijau

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait harga Bitcoin dan sejumlah kripto terkemuka lainnya mengalami variasi pergerakan pada Selasa (19/9/2023). Sebagian besar kripto unggulan berhasil memperoleh kembali posisi di zona hijau.

Menurut data dari Coinmarketcap, Bitcoin (BTC), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, berhasil menguat sebesar 1,22 persen dalam 24 jam terakhir dan 6,46 persen dalam satu minggu terakhir.

Hingga saat ini, harga Bitcoin mencapai level USD 26.799 per koin atau setara dengan sekitar Rp 411,9 juta (dengan asumsi kurs Rp 15.373 per dolar AS).

Sementara itu, Ethereum (ETH) juga mengalami kenaikan. Nilai ETH naik 1,15 persen dalam 24 jam terakhir dan 5,81 persen dalam satu minggu terakhir. Saat ini, ETH diperdagangkan di level sekitar Rp 25,18 juta per koin.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Kapitalisasi Kripto Alami Peningkatan

Sedangkan Binance Coin (BNB) mengalami koreksi harga. Meskipun mengalami penurunan sebesar 0,13 persen dalam 24 jam terakhir, BNB masih mencatatkan kenaikan sebesar 4,76 persen dalam satu minggu terakhir. Harga BNB saat ini adalah sekitar Rp 3,32 juta per koin.

Cardano (ADA), kripto lainnya, juga berhasil mendapatkan posisi di zona hijau. ADA mengalami kenaikan sebesar 2,35 persen dalam 24 jam terakhir dan 4,66 persen dalam satu minggu terakhir. Dengan begitu, harga ADA mencapai sekitar Rp 3.880 per koin.

Sementara itu, Solana (SOL) juga mengalami kenaikan harga yang signifikan. SOL mengalami kenaikan sebesar 4,98 persen dalam satu hari dan 11,96 persen dalam satu minggu terakhir. Harga SOL saat ini adalah sekitar Rp 303.463 per koin.

XRP juga mengikuti tren kenaikan yang sama dengan kripto lainnya. XRP mengalami kenaikan sebesar 2,51 persen dalam 24 jam terakhir dan 6,64 persen dalam satu minggu terakhir. Dengan begitu, harga XRP mencapai sekitar Rp 7.760 per koin.

Koin meme Dogecoin (DOGE) juga berhasil menguat. DOGE naik 0,86 persen dalam satu hari terakhir dan 2,56 persen dalam satu minggu terakhir. Harga DOGE saat ini adalah sekitar Rp 952,73 per token.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Pimpinan Negara G20 Dukung Kebijakan Kripto

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) mengalami kenaikan harga sebesar 0,01 persen pada hari ini, menjaga harga keduanya tetap berada di level USD 1,00.

Binance USD (BUSD) juga mengalami kenaikan sebesar 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, menjadikan harganya tetap berada di level USD 1,00.

Secara keseluruhan, kapitalisasi pasar kripto saat ini mencapai sekitar USD 1,07 triliun atau setara dengan sekitar Rp 16.450 triliun.

Investor Keluarkan Dana dari Produk Mata Uang Kripto Meskipun Sentimen Positif

Meskipun ada berita positif tentang kemenangan perusahaan kripto dalam pertarungan melawan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) serta pengajuan Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin yang baru, investor telah mencabut hampir setengah miliar dolar dari produk mata uang kripto selama sembilan minggu terakhir.

Pasar mata uang kripto mengalami arus keluar sebesar USD 54 juta atau sekitar Rp 830,6 miliar (dengan asumsi kurs Rp 15.382 per dolar AS) dalam seminggu terakhir, menjadikannya minggu kelima berturut-turut terjadi penjualan bersih, menurut laporan terbaru dari CoinShares. Bitcoin sendiri mencakup 85 persen dari total arus keluar tersebut, mencapai USD 45 juta atau sekitar Rp 692,1 miliar.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Bikin Harga Kripto Fluktuasi

Kepala Strategi Pasar di Miller Tabak + Co, Matt Maley, mengungkapkan bahwa banyak investor merasa khawatir bahwa pasar mata uang kripto belum mendapatkan berita baik dalam beberapa bulan terakhir, yang pada gilirannya tidak membantu Bitcoin dan kripto lainnya untuk memperoleh kekuatan.

“Ironisnya, Bitcoin mencatat kenaikan mingguan pertama sejak Agustus setelah empat minggu penurunan, dengan kenaikan sekitar 2 persen dalam minggu sebelumnya. Kenaikan mingguan ini terjadi ketika Bitcoin mulai membangun kembali korelasinya dengan saham-saham teknologi. Pada hari Senin, Bitcoin naik sebanyak 3,7 persen,” jelas Maley, seperti yang dilaporkan oleh Yahoo Finance pada Selasa (19/9/2023).

Ethereum, meskipun memiliki fundamental investasi yang tampaknya menarik dan tingginya permintaan untuk hasil taruhannya, mengalami arus keluar sebesar USD 4,8 juta atau sekitar Rp 73,7 miliar dalam seminggu terakhir. Koin alternatif seperti Binance dan Polygon juga mengalami arus keluar yang lebih kecil, masing-masing sekitar USD 300.000 atau setara dengan Rp 4,6 miliar.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Mayoritas Kripto Alami Penurunan

“Ketika investor institusi mencari kelas aset yang dapat memberikan performa bagus dalam tiga atau empat bulan terakhir tahun ini, mereka tampaknya tidak lagi melihat cryptocurrency sebagai pilihan,” tambah Maley.

Iklan

ARTIKEL TERBARU