33.7 C
Jakarta
Minggu, 23 Juni, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Investor Kripto Alami Peningkatan

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait investasi dalam kriptokurensi di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang mengesankan. Data terbaru dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menunjukkan bahwa hingga bulan September 2023, jumlah total investor kripto di Indonesia mencapai 17,91 juta orang.

Angka ini mengalami peningkatan sekitar 0,67% atau sekitar 12.000 orang dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu Agustus 2023, ketika jumlah investor mencapai 17,79 juta orang. Namun, jika dilihat dari perspektif tahunan, pertumbuhan ini jauh lebih mencolok.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin-Ethereum Masih Menguat, Cek Daftar Harganya

Dalam rentang satu tahun, dari September 2022 hingga September 2023, terjadi penambahan sekitar 1,64 juta investor kripto. Ini mencerminkan pertumbuhan sebesar 10,1% dari total 16,27 juta orang pada September 2022.

Meskipun terdapat pertumbuhan yang positif, ada catatan menarik lainnya. Pasar kripto di Indonesia mengalami perlambatan pertumbuhan investor selama periode Oktober 2022 hingga Agustus 2023, yang tidak pernah melebihi 1%. Perlambatan ini bisa disebabkan oleh tren global di pasar kripto yang mengalami penurunan. Hal ini juga mempengaruhi minat investor di Indonesia untuk berinvestasi dalam aset kripto.

“Pertumbuhan jumlah investor kripto di Indonesia terus meningkat, tetapi investor masih mencari waktu yang tepat untuk membeli kripto,” kata Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi Bappebti, Tirta Karma Senjaya.

Selain itu, Bappebti mencatat penurunan nilai transaksi kripto di Indonesia pada September 2023, mencapai Rp7,96 triliun. Ini adalah penurunan sebesar 25,2% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencatatkan angka Rp10,64 triliun. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terjadi kontraksi hingga 54,7% dari Rp17,57 triliun pada September 2022.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: The Fed Tahan Suku Bunga, Pasar Kripto Naik

CEO Tokocrypto Yudhono Rawis menjelaskan bahwa kondisi global, termasuk ketidakpastian ekonomi dan regulasi, memengaruhi perkembangan pasar kripto di seluruh dunia. Indonesia juga turut merasakan pengaruh tersebut.

Sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna kripto yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia memiliki potensi besar dalam ekosistem kripto global.

“Meskipun ada perlambatan pertumbuhan, pasar kripto di Indonesia tetap menunjukkan potensi besar. Kami percaya bahwa dengan edukasi yang tepat, pasar kripto di Indonesia akan terus berkembang dan menjadi lebih matang,” kata Yudhono

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: OJK Dukung Perkembangan Aset Kripto

Dalam menghadapi tantangan ini, pasar kripto di Indonesia masih menarik perhatian investor dan pelaku pasar yang optimis tentang masa depan kriptokurensi. Harapan akan pertumbuhan dan transaksi perdagangan aset kripto yang lebih baik di bulan Oktober masih menjadi sorotan.

“Dengan melihat perkembangan positif ini, terutama kenaikan harga Bitcoin yang mencapai level tertinggi dalam 18 bulan, Indonesia tetap berada dalam permainan global pasar kripto yang terus berkembang pesat,” katanya.

Iklan

ARTIKEL TERBARU