24.6 C
Jakarta
Senin, 4 Maret, 2024

Bertemu Bos Tesla, Luhut Binsar Pandjaitan Kembali Bujuk Elon Musk?

JAKARTA, duniafintech.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan bos Tesla, Elon Musk. Pertemuan ini terungkap melalui unggahan Instagram milik Pandu Sjahrir, @pandusjahrir.

Dalam unggahan Pandu yang juga merupakan keponakan Luhut itu tampak para pesohor lainnya seperti Anindya Bakrie.

“Hari yang sangat beruntung buat saya bisa bertemu dengan Elon Musk di Austin, Texas,” tulis Pandu, dikutip dari Katadata.

Pada tahun lalu Tesla Inc batal berinvestasi di Indonesia hingga membuat ‘jengkel’ kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,  Namun, dalam kunjungannya ke Amerika Serikat baru-baru ini, Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan ternyata langsung menyambangi Elon Musk di markas Tesla di Austin, Texas, AS.

CEO Tesla Inc. Elon Musk tercatat maju mundur dalam rencana investasi di Indonesia. Pada tahun lalu, misalnya, Tesla sempat disebut-sebut bakal mengembangkan baterai lithium di Indonesia, namun batal.

Baca Juga: Beredar Foto Tersangka Mafia Minyak Goreng Bareng Luhut, Orang Dekat?

Selanjutnya, pada awal tahun ini, Elon Musk menyatakan minatnya berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan membangun situs peluncuran SpaceX. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Menjelang akhir Maret tahun ini, Luhut Binsar Pandjaitan mengamini bahwa produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla kembali menyampaikan minatnya untuk investasi di Indonesia. Hal itu disampaikan Luhut dalam acara Closing Ceremony Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2022 yang ditayangkan secara daring dari Bali beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Luhut mengumumkan bahwa Tesla tertarik untuk investasi di Indonesia. Namun, rencana itu batal karena Tesla terlalu mendikte pemerintah.

“Saya bilang, ‘Hey Anda itu dua tahun yang lalu sudah telepon saya mau bikin lithium baterai’. Anda semua mau mendikte, saya bilang, ‘Hey you cannot do this. Today is different. Kita harus sama’. Saya bilang, ‘Kamu nggak bisa begitu lagi. This country is not banana republic! This country is a great country!” ucap Luhut.

Saat itu, Luhut mengingatkan bahwa Tesla harus mengikuti syarat dari pemerintah Indonesia jika ingin berinvestasi, bukan sebaliknya.

Baca Juga: Ada Nama Luhut dalam Kasus Ekspor CPO, Jubirnya Bilang Begini

Rencana Luhut masuk ekosistem kendaraan listrik memang bukan kabar baru. Sebelumnya, PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) meluncurkan perusahaan bernama Electrum, perusahaan patungan bersama Gojek. Peluncuran ini dilakukan medio tahun lalu.
TBS Energi Utama adalah perusahaan yang bergerak di sejumlah lini bisnis seperti listrik, pertambangan, dan perkebunan. Perusahaan ini dulu bernama PT Toba Bara Sejahtera Tbk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE