30.6 C
Jakarta
Minggu, 25 Oktober, 2020

BI: Bank Konvensional yang Tidak Adopsi Open Banking Akan ‘Tergusur’

DuniaFintech.com – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyinggung pentingnya sistem open banking yang diterapkan pelaku perbankan di era digital. Ia menilai bahwa di masa pandemi COVID-19 adopsi layanan elektronik yang menjadi alternatif di masyarakat.

Perry menilai perbankan perlu menerapkan open banking sebagai bagian dari mengadaptasi digitalisasi. Ia menilai BI telah mendukung perencanaan ini sejak lama. Menurutnya, perbankan konvensional perlu mengedepankan sistem ini agar tidak kalah dari fintech.

“Kami dorong open banking sejak Mei 2019, saya tegaskan ayo kalau tidak melakukan pasti ketinggalan. Sektor finansial bakalan kalah dari fintech,”

Bank Indonesia sendiri mencatat bahwa sebanyak 15 bank konvensional telah mengadopsi sistem open banking. Tren reformasi perbankan secara elektronik diharapkan mampu diikuti industri sejenis.

Sistem perbankan terbuka merupakan sistem dan prinsip layanan yang berpadu dengan perangkat teknologi seperti gawai, serta pendampingan dan kolaborasi dari penyelenggara keuangan berbasis teknologi lainnya.

Baca juga:

Open Banking Bank Indonesia Pertemukan Perbankan Konvensional dan Fintech

Prinsip open banking termaktub dalam Open Application Programming Interfaces atau API gagasan Bank Indonesia. Diharapkan, program tersebut akan segera terwujud pada Oktober.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Erwin Haryono berharap program ini segera diadaptasi para pelaku industri terkait. BI telah melakukan reformasi digital sejak tahun lalu dengan merilis Sistem Pembayaran 2025 pada Mei 2019.

JADI KITA MELAKUKAN STANDARISASI OPEN API UNTUK PEMBAYARAN, SEHINGGA LEMBAGA KEUANGAN BANK DAN NON-BANK BISA SALING BERKOLABORASI MELALUI PENGGUNAAN DATA, DANA, DAN SEBAGAINYA DENGAN MENGGUNAKAN OPEN API YANG TERSTANDARISASI,”

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tokocrypto Buka Layanan Pinjaman Uang ala Blockchain

DuniaFintech.com - Layanan keuangan berbasis internet dengan desentralisasi data (DeFi) mulai menancapkan kakinya di Indonesia. Salah satu penyelenggara, Tokocrypto telah membuka layanan...

Modal 1 Juta Bisa Dapat Untung Besar dengan Ide Usaha Ini, Apa Saja? Simak di Sini

Duniafintech.com - Modal sedikit bukan menjadi penghalang untuk tidak memulai berbisnis. Karena, banyak anggapan yang mengatakan bahwa berbisnis harus memiliki modal yang...

UMKM Bisa Ajukan Pinjaman dengan Bunga Rendah di Fintech Ini, Di Cek Yuk!

Duniafintech.com - Pinjaman dengan bunga rendah untuk Modal Usaha ditawarkan Fintech P2P Lending untuk pengusaha kecil yang menghadapi kesulitan modal dan tidak...

Mau Beli Mobil Tanpa Keuangan Terganggu? Ikuti Cara Ini

DuniaFintech.com - Beberapa orang mungkin berpikir, bahwa membeli mobil dapat membantu mengurangi biaya transportasi. Namun ternyata belum tentu loh, bisa saja justru...

Pilihan Pekerjaan Online Tanpa Menggunakan Modal dengan Penghasilan Fantastis

Duniafintech.com - Ketika penghasilan tetap masih tidak bisa mencukup kebutuhan utama, tentu kerja sampingan adalah solusinya. Tetapi, Anda pasti lebih memilih pekerjaan...
LANGUAGE