27.3 C
Jakarta
Minggu, 3 Juli, 2022

Biaya Ganti Kopling Avanza di Auto2000 & Komponennya

JAKARTA, duniafintech.com – Berapa biaya ganti kopling Avanza di Auto2000, apakah tergolong mahal atau murah ya?

Kopling sendiri merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting dan kalau sudah rusak maka sebaiknya segera diganti. Biasanya, para mekanik dan montir akan menyarankan pemilik mobil Avanza untuk mengganti kampas kopling mobilnya setiap 30 ribu kilometer atau 50 ribu kilometer.

Hal itu karena pada ukuran tersebut, para ahli sudah memperhitungkan daya tahan rata-rata kampas kopling mobil. Kopling mobil sendiri memiliki peran penting sebagai penghubung yang menghubungkan antara tenaga dan transmisi mobil.

Nah, bisa dibayangkan bukan ketika kopling mobil Avanza bermasalah, sudah pasti kinerja dan performa mesin mobil akan menurun, bahkan mungkin saja sudah tidak ada tenaganya.

Kapan Ganti Kampas Kopling Mobil?

Pihak Auto2000 menyatakan, tidak ada waktu pakem kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas kopling mobil karena hal ini berdasarkan dengan pemakaian.

Nah, kalau mobil kamu sering dikendarai untuk menempuh jarak yang jauh maka tentu saja kampas kopling akan cepat menipis.

Akan tetapi, idelanya, kampas kopling mobil Avanza dan jenis mobil lainnya bisa diganti ketika sudah menempuh 30 ribu km—40 ribu km. Jarak tempuh itu dapat menjadi patokan supaya ketika mengendarai mobil, kamu akan menjadi lebih nyaman.

Baca jugaBiaya Cat Mobil di Bengkel Resmi dan Umum Terlengkap

Perbedaan Kampas Kopling Avanza Asli dan Palsu

Supaya tidak salah beli, inilah perbedaan kampas kopling mobil Avanza asli dan palsu yang perlu diketahui.

  1. Harga

Harga 1 set kopling Avanza 1300 cc diketahui sebesar Rp1,3 jutaa dan harga itu pun sebanding dengan kualitasnya yang dijamin original sebab dibeli di bengkel resmi. Namun, tetap saja ada yang membanderol murah kampas kopling Avanza hingga harganya turun drastis, yakni hingga Rp500 ribu—Rp800 ribu untuk 1 set kampas kopling Avanza.

Meskipun murah, jangan sampai kamu mudah tergiur begitu saja ya. Kecuali kamu membeli kampas kopling dengan harga kampas kopling Avanza 1300 cc yang original dengan harga murah melalui diskon, potongan harga, atau promo khusus lainnya, baru kamu bisa mempercayainya.

  1. Kemas kampas kopling

Kamu juga bisa memeriksa kondisi kemasan produk kampas kopling tersebut. Untuk produk yang asli memiliki kardus kemasan bermaterial yang lebih tebal dan halus, warnanya terang dan tidak kusam. Selain itu, ada label stiker hologram yang menempel pada kemasan.

  1. Kode dan nomor seri

Untuk mencari tahu perbedaan kampas kopling Avanza yang asli dan palsu selanjutnya adalah dengan melihat kode dan nomor serinya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa produk asli pabrik pasti memiliki kode dan nomor seri sendiri yang terdaftar di dalam katalog resmi Auto2000.

Ketika melakukan pengecekan, sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati sebab barang palsu untuk kopling mobil juga sudah banyak yang menggunakan kode dan nomor seri.

  1. Cek fisik

Kamu juga bisa mulai melakukan pengecekan fisik dan spesifikasi terhadap kopling mobil yang kamu beli. Banyak kasus ditemukan bahwa barang palsu atau KW ini pasti memiliki kecacatan produk misalnya saja kurang rapi dalam penataan produk di dalam kemasan.

  1. Cek spesifikasi

Berikutnya, kamu bisa memeriksa spesifikasi kopling itu di internet dengan mengunjungi situs resmi dari produsen mobil tersebut. Perhatikan setiap material pembuatan kopling yang kamu beli. Di situs resmi, pastinya telah tertera spesifikasi material pembuatan kopling tersebut.

  1. Ada garansi

Kamu pun berhak menanyakan garansi spare part mobil itu. Produk yang berasal dari bengkel resmi atau produsen resmi tentu saja punya garansi yang cukup lama dari bengkel atau pabrik tersebut, sedangkan produk kopling yang palsu hanya bergaransi toko.

Alasan Kampas Kopling Avanza Cepat Habis

Adapun penyebab kampas kopling Avanza yang mudah haus alias sering habis, bergantung dari bagaimana pengendara mengendarai mobil Avanza tersebut. Selain sudah pasti karena mobil sering digunakan maka kampas kopling akan cepat habis juga faktor eksternal seperti bagaimana cara pengendara mobil mengendarai mobil tersebut juga berpengaruh.

Kampas kopling berbentuk piringan yang dilapisi keramik dengan permukaan yang sedikit kasar. Tekstur ini bertujuan untuk mencegah selip terjadi pada kampas kopling saat perputaran pada mesin mobil terjadi.

Nah, kalau kamu menemukan lapisan piringan tersebut mulai menipis lapisannya maka kamu harus segera waspada karena hal itu menjadi salah satu tanda kampas kopling sudah habis. Berikut ini penyebab lainnya:

  • Kebiasaan melakukan setengah kopling
  • Terlalu sering menginjak pedal kopling juga tidak baik
  • Salah memasang kopling
  • Tak sadar ada tetesan oli di area sekitar kopling
  • Baru jalan langsung menggunakan gigi 2 atau gigi 3

Ciri-ciri Kampas Kopling Habis

Supaya selama berkendara, keamanan dan kenyamanan tetap terjaga, sebaiknya ketahui ciri-ciri kampas kopling mobil Avanza kamu habis. Berikut ini ciri-ciri kampas kopling mobil yang habis:

  • Posisi pedal kopling jadi lebih tinggi
  • Persneling terasa berat untuk dipindahkan
  • Akselerasi mobil Avanza menurun
  • Mesin mobil lebih cepat panas
  • Tercium aroma hangus

Baca juga: Harga Aki Mobil Yuasa, Ini Daftar Lengkapnya

biaya ganti kopling avanza di auto2000

Biaya Ganti Kopling Avanza di Auto2000

Sebaiknya, kamu melakukan perawatan dan penggantian komponen mobil, termasuk mengganti kopling mobil Avanza, di bengkel resminya. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui biaya ganti yang dibutuhkan untuk mengganti kopling mobil Avanza di Auto2000 sebagai salah satu bengkel resmi Toyota.

Terdapat beberapa komponen kopling yang harus kamu ganti, di antaranya kampas kopling (clutch disc), rumah kopling (clutch cover), dan klaher kopling (release bearing). Untuk harga 1 set kopling Avanza 1300 cc di Auto2000 saat ini sebesar Rp1,3 jutaan.

Sementara itu, biaya jasa penggantian kampas kopling mobil untuk semua merek Toyota di bengkel spesialis kopling mobil seperti Auto2000 biasanya variatif, mulai dari Rp800 ribu—Rp900 ribu.

Nah, untuk memastikan lebih lanjut, kamu bisa menanyakan pada pihak Auto2000 harga ganti kopling mobil Avanza terbaru saat ini.

Biaya Ganti Kopling Avanza di Bengkel Non Resmi

Kalau kamu berencana mengganti kopling mobil Avanza di bengkel non resmi, biaya yang akan dikenakan biasanya mulai dari Rp200 ribu—Rp300 ribu. Tentunya, setiap bengkel akan mematok harga yang berbeda-beda dan kamu bisa menanyakannya terlebih dahulu kepada pihak bengkel.

Baca juga: Servis Mobil: Estimasi Biaya dan Ragam Jenisnya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Rumah Subsidi untuk Milenial? Ini Alasannya!

JAKARTA, duniafintech.com - Rumah subsidi untuk milenial? Ternyata ada beberapa alasan rumah subsidi cocok untuk milenial. Seperti yang diketahui, rumah subsidi adalah solusi untuk...

Cara Hitung Kredit Mobil dengan Tepat dan Contohnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara hitung kredit mobil penting diketahui sejak awal oleh kamu yang hendak membeli mobil dengan cara mencicil. Sebagaimana diketahui, untuk bisa membeli...

Perjanjian Asuransi — Prinsip hingga Batasannya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, perjanjian asuransi berarti kesepakatan tertulis antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Isinya pun bisa berbeda-beda, yang disesuaikan dengan jenis asuransi dan...

Melihat Kelebihan Indodax, Platform Jual Beli Kripto Terpercaya di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Kelebihan Indodax yang merupakan salah satu platform jual beli kripto tertua di tanah air tersebut tidak diragukan lagi. Indodax merupakan perusahaan...

Luncurkan Fitur Baru, Aplikasi Anak Bangsa Ini Mudahkan Bikin NFT Kurang dari Satu Menit

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi Media Sosial karya anak bangsa, Woilo meluncurkan fitur 'NFT Woilo'. Dengan fitur baru tersebut, Aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur itu...
LANGUAGE