31.4 C
Jakarta
Sabtu, 25 Juni, 2022

Servis Mobil: Estimasi Biaya dan Ragam Jenisnya

JAKARTA, duniafintech.com – Servis mobil pada dasarnya perlu dilakukan oleh seorang pemilik mobil saat mobilnya tidak bekerja dengan normal, dan tentunya perlu biaya.

Terdapat beragam jenis perbaikan mobil yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi mobil kesayangan.

Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak artikel berikut ini ya!

Pertimbangan Pemilik Kendaraan Menyervis Mobilnya

Sebagai informasi, hal-hal seperti berapa lama perbaikan mobil akan berlangsung, berapa banyak biaya perbaikan mobil yang harus dikeluarkan, dan bagaimana ​​cara perbaikan mobil yang dilakukan sebuah bengkel, biasanya akan ditanyakan kepada montir.

Setelah kendaraan selesai di servis, biasanya pemilik mobil akan diberikan kartu servis mobil yang berisi informasi pada kilometer berapa kendaraan harus kembali ke bengkel untuk diservis, jenis oli yang digunakan, dan juga kondisi aki mobil.

biaya servis mobil

Jenis-jenis Servis Mobil [Secara Umum]

1. Servis Berkala Mobil

Servis berkala pada mobil atau biasa disebut juga servis rutin mobil adalah kegiatan servis yang dilakukan mobil dengan jadwal tertentu di bengkel resmi. Biasanya, penjadwalan servis dilakukan dalam waktu yang tidak lama dan harus sesuai dengan ketentuan buku servis mobil.

Pada umumnya, mobil dianjurkan untuk servis berkala setiap kelipatan 10.000 kilometer. Akan tetapi, mobil pun dianjurkan untuk melakukan servis berkala setiap 6 bulan sekali, dengan asumsi mobil sudah menempuh jarak 10.000 kilometer selama 6 bulan pemakaian.

2. Servis Tune Up Mobil

Servis tune up mobil adalah kegiatan penyetelan ulang semua komponen, durasi pengerjaan cukup lama, tetapi tidak sesering perbaikan mobil. Montir akan mengecek lebih jauh komponen-komponen mobilmu.

Inilah beberapa hal yang membedakan servis tune up mobil dengan servis berkala mobil:

a. Servis berkala dilakukan berdasarkan jadwal, sedangkan servis tune up tidak terlalu sering dilakukan dan terjadwal

b. Servis berkala dilakukan tidak memakan waktu lama, sedangkan servis tune up mobil dilakukan dalam durasi waktu yang lebih lama karena ada aktivitas penyetelan ulang semua komponen mesin mobil

c. Dalam melakukan servis berkala, montir akan mengecek bagian aus atau kotor seperti sistem injeksi atau filter udara, sedangkan pada servis tune up mobil, montir mengecek lebih jauh komponen-komponen mobil.

d. Di dalam servis tune up mobil, montir akan melakukan pembersihan ruang bakar dan pemeriksaan suku cadang. Montir pun akan mengganti suku cadang yang performanya menurun, seperti busi, oli, aki, filter udara, dan fan belt.

Biaya servis tune up mobil biasanya lebih mahal ketimbang biaya servis mobil berkala, tetapi besarnya berbeda-beda, bergantung dari jenis mobil, jenis bengkel, dan jarak tempuh mobil.

Biaya servis tune up mobil di bengkel resmi mencapai Rp3 jutaan atau lebih atau biasanya akan lebih mahal dari bengkel umum. Biasanya, kamu perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp350 ribu—Rp500 ribu untuk sekali melakukan tune up di bengkel umum.

Akan tetapi, biayanya belum termasuk biaya penggantian sparepart atau komponen yang dianggap harus diganti.

Baca juga4 Risiko Kerugian Membeli Mobil Cash yang Wajib Dipahami

Jenis Servis Mobil dan Biayanya [Berdasarkan Komponen]

1. Servis jok mobil

Di layanan servis jok mobil ini, kamu bisa memperbaiki, mengupgrade, atau memodifikasi jok-jok mobil kesayanganmu. Hal itu membuat harga servis jok mobil berbeda-beda.

Biaya servis jok mobil ini sangat variatif. Besaran biayanya bergantung dari jenis kerusakan jok, jenis bahan jok, kombinasi warna jok, bengkel jok, dan merk jok yang kamu miliki.

Mengutip moladin.com, biaya servis jok mobil untuk perbaikan ringan berkisar antara Rp170 ribuan, sementara untuk jasa pasang sarung jok kamu harus menyiapkan dana Rp800 ribuan. Untuk biaya perbaikan jok mobil dengan cara retrim, siapkan uang sebanyak Rp5 juta—Rp9 jutaan, bergantung dari jenis bahan kulitnya.

Servis ganti busa jok mobil biayanya Rp2,5 juta—Rp3 jutaan menggunakan busa biasa. Namun, biayanya menjadi Rp8 jutaan jika diganti dengan busa jenis lateks. Kalau kamu memutuskan untuk ganti jok maka siap-siap membayar sebesar Rp5 jutaan.

2. Servis rem mobil

Mengutip otomotifnet.com, servis rem mobil dianjurkan untuk kamu lakukan rutin setiap jarak tempuh 20.000 kilometer. Hal itu sangat disarankan supaya sistem pengereman mobil kamu tetap bekerja optimal.

Untuk biaya servis rem mobil, biasanya bengkel-bengkel resmi mobil mematok biaya servis rem sebesar Rp200 ribuan dan sudah termasuk biaya servis master rem mobil.

Biaya servis ini sepertinya hanya biaya jasa servis rem alias tidak termasuk biaya penggantian komponen sistem rem.

3. Servis pintu mobil

Perawatan yang satu ini perlu dilakukan jika kamu mendapati beberapa kerusakan yang umumnya terjadi pada pintu mobil:

a. Pengait pintu mobil aus. Jika pintu sering dibanting saat ditutup, bisa berakibat pada door lock aus. Selain itu, air juga dapat memicu masalah pada door lock.

b. Engsel turun. Penurunan kekuatan pada engsel pintu mobil biasanya terjadi karena faktor usia, dan kebiasaan membiarkan pintu terbuka terlalu lama. Hal ini juga bisa menyebabkan engsel pintu mengalami penurunan.

c. Karet pintu kendur. Bertambahnya usia mobil akan berpengaruh terhadap elastisitas karet pintu mobil. Karet pintu mobil yang sudah tua, akan mengeras dan mengendur. 

Untuk memperbaiki engsel pintu mobil, umumnya biaya servis pintu mobil berkisar Rp200 ribuan. Besaran biayanya tentu akan berbeda-beda, sesuai dengan jenis mobilnya.

Kalau mobil membutuhkan perbaikan door lock maka siapkan biaya servis pintu mobil sekitar Rp150 ribu—Rp300 ribu. Kemudian, jika karet pintu mobil sudah rusak dan harus diganti maka bayarlah biaya servis pintu mobil Rp150.000 per pintu.

4. Servis audio mobil

Servis audio mobil ini perlu dilakukan jika komponen-komponen sistem audio mobil kamu sudah kotor dan berdebu dan juga kalau sistem audio mobil tidak mengeluarkan suara.

Biaya servisnya akan bervariasi, bergantung dari kerusakan yang dialami. Untuk servis tape mobil, termasuk untuk jasa pengecekan dan pemasangan head unit, adalah Rp200 ribuan. Kalau komponen head unit ada yang harus diganti maka harus siapkan dana ekstra.

Oleh sebab itu, siapkan uang kurang lebih Rp600 ribu—Rp800 ribuan untuk produk aftermarket buatan Cina. Untuk perbaikan LCD head unit, biaya servisnya mulai dari Rp2 juta—Rp6 juta, bergantung dari tingkat kesulitan, jenis mobil, dan ketersediaan komponen penggantinya.

Nah, kalau head unit tidak ada layar, tetapi sudah USB, maka harga service-nya berkisar Rp600—Rp800 ribu. Namun, jika head unit mobil kamu adalah OEM maka biaya servis lebih mahal dan bisa mencapai Rp5 juta—Rp10 jutaan.

Daftar harga komponen head unit dari berbagai merek adalah:

a. Pioneer: Rp2 jutaan

b. Kenwood: Rp700 ribuan—Rp10 jutaan

c. DIN merek China: Rp150 ribu—Rp400 ribuan

d. Sony: Rp300 ribu—Rp5 jutaan

5. Servis lampu mobil

Ragam masalah yang paling banyak dijumpai pada lampu mobil, yakni lampu utama berkedip sangat cepat, nyala lampu redup, lampu kerap mati sendiri, lampu sein yang mati, atau lampu sein nyala, tetapi tidak berkedip.

Nah, untuk biaya servis lampu mobil berembun akan berbeda-beda, bergantung dari jenis mobilnya. Sebagai gambaran, biaya servis lampu untuk mobil-mobil buatan Jepang sebesar Rp300 ribu—Rp350 ribuan, sedangkan biaya servis lampu mobil Eropa lebih mahal lagi, yaitu Rp500 ribuan.

6. Servis mesin mobil

Mesin mobil punya fungsi yang sangat vital bagi mobil, yakni supaya bisa melaju di jalanan.  Beberapa jenis jasa servis yang dibedakan berdasarkan komponen-komponen mesin mobil kamu, yaitu servis dinamo starter, servis ECU mobil, servis tune up mobil, servis karburator mobil, dan servis injeksi mobil.

Biaya servis dinamo starter mobil untuk kerusakan ringan adalah Rp500 ribuan—Rp800 ribuan, sedangkan kalau ada komponen yang harus diganti, seperti tembaga atau menggulung ulang, maka ada biaya sebesar Rp400 ribuan—500 ribuan.

Kemudian, kalau terjadi kerusakan pada bendik atau anchor atau carbon brush maka kamu harus membayar sekitar Rp1 jutaan. Namun, jika dinamo starter harus diganti maka biayanya mulai dari Rp1 jutaan, bergantung jenis mobilnya.

Sementara itu, biaya servis ECU mobil sangat bergantung pada jenis mobilnya. Sebagai contoh, ECU Toyota Camry harganya Rp7 jutaan maka biaya servis ECU mobilnya Rp1,5 juta—Rp2 juta. 

Adapun untuk Toyota Avanza, harga komponen ECU-nya Rp2,5 juta sehingga biaya servis ECU mobilnya sekitar Rp800 ribu, sedangkan mobil Eropa yang harga ECU-nya di atas Rp10 juta, harga jasa servis ECU-nya menjadi Rp3 jutaan. 

Untuk biaya servis karburator mobil, kalau kamu ingin membawa mobil ke bengkel maka biayanya sekitar Rp175 ribu—Rp200 ribuan.

Lebih jauh, untuk servis injeksi mobil, biaya servis injektor mobil bensin biasanya sudah termasuk paket biaya servis tune up, sedangkan untuk biaya servis injektor mobil sendiri berada di kisaran Rp150 ribuan—Rp200 ribuan per injektor.

7. Servis aki mobil

Aki mobil adalah komponen penting bagi mobil. Fungsi aki sangat penting untuk menopang kelistrikan mobil sehingga dapat tetap berjalan. 

Nah, untuk biaya servis aki mobil dengan mengisi dayanya hanya Rp10 ribuan, tetapi kamu harus bersabar menunggu proses pengisian daya 3—5 jam.

8. Servis remot mobil

Remote atau remot mobil bukan hanya berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu, melainkan juga berguna di saat genting. Misalnya ketika kamu mencari mobil di tengah keramaian, indikasi pencurian, dan lain-lainnya.

Berapa biaya servis remot mobil? Biasanya biayanya akan berbeda-beda, bergantung dari kerusakan. Umumnya, biayanya antara Rp150 ribuan—Rp300 ribuan.

9. Servis shockbreaker mobil

Shockbreaker selalu menjadi komponen dimana mobil bertumpu. Hal itu membuat shockbreaker biasanya lebih rentan terhadap kerusakan.

Biaya servis shockbreaker mobil yang harus dikeluarkan untuk ganti seal shockbreaker, hanya sekitar Rp50 ribu—Rp100 ribu, bergantung dari jenis mobilnya.

Nah, kalau kamu ingin mengganti oli shockbreaker maka harganya berkisar dari Rp50 ribu—Rp100 ribuan.

10. Servis speedometer mobil

Speedometer adalah salah satu alat yang biasanya menempel di dashboard. Alat ini penting sebab berfungsi sebagai penunjuk kecepatan mobil yang sedang dikendarai.

Adapun harga servis speedometer mobil juga bervariasi, bergantung dari jenis mobil dan jenis speedometer yang digunakannya. Umumnya, harga servis speedometer mobil mulai dari Rp500 ribuan—Rp2 jutaan.

Baca jugaAsuransi Mobil Bulanan, Ternyata Begini Cara Menghitungnya

11. Servis kaca mobil

Kaca mobil terbagi menjadi 3 jenis, yakni kaca tempered, kaca partially tempered, dan kaca laminated. Tiap kaca mobil mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk biaya servisnya bergantung dari jenis kaca mobil yang dipilih, jenis kerusakannya, dan biaya lain-lainnya. Kebanyakan, biaya untuk kaca mobil samping dan belakang dibanderol dengan kisaran harga Rp1 juta—Rp3,5 juta, sedangkan kaca depan harganya Rp1 juta.

Akan tetapi, variasi harga tergantung pada merek mobil dan merk kaca yang dipilih. Untuk biaya pemasangan kaca mobil kurang lebih Rp600 ribu.

12. Servis alternator mobil

Alternator atau dikenal juga dengan nama dinamo ampere merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai pembangkit listrik dan menyalurkannya ke komponen elektronik. Kalau ini rusak maka suplai listrik pada mobil bisa terhambat sehingga mobil akan sulit untuk dinyalakan dan bahkan bisa mogok kalau alternator-nya ternyata rusak parah.

Adapun besaran biaya servis alternator mobil yang harus dibayar tergantung dari tipe mobil dan tingkat kerusakannya. Umumnya, biaya servis dinamo ampere mobil berkisar Rp200 ribuan—Rp300 ribuan. Biaya ini belum termasuk penggantian komponen yang tidak bisa diperbaiki lagi.

Sementara itu, untuk servis kelistrikan mobil, biayanya di situs olx.co.id sekitar Rp100 ribu—Rp200 ribu.

13. Servis klakson mobil

Klakson menjadi komponen mobil yang berfungsi sebagai pemberi isyarat atau sinyal untuk kendaraan bermotor lain maupun orang-orang di sekitar mobil. Biaya servis klakson mobil tidaklah terlalu mahal, yakni di bawah Rp50 ribuan.

14. Servis knalpot mobil

Knalpot mobil berfungsi sebagai exhaust system untuk melakukan proses pembuangan gas sisa pembakaran dan membuat mesin mobil tetap berjalan normal.

Biaya servis knalpot mobil dengan cara mengelas berkisar antara Rp100—300 ribuan. Ongkos ini termasuk untuk knalpot yang patah.

Biaya yang berbeda harus kamu bayar jika yang rusak adalah rubber mounting atau gasket dari knalpot, siapkan dana antara Rp100 ribuan—Rp 250 ribuan.

Kalau knalpot rusak parah dan harus mengganti baru dengan full system exhaust maka kamu harus bayar biaya servis knalpot mobil sebesar Rp2 juta—Rp5 jutaan untuk produk lokal.

Sementara itu, jika kamu menginginkan knalpot custom atau kombinasi dengan produk impor maka bisa ditebus dengan harga Rp5 jutaan—Rp15 jutaan. 

15. Servis bemper mobil

Setiap jenis mobil memiliki bentuk dan desain bemper yang unik dan berbeda-beda. Bemper sendiri merupakan komponen terluar mobil yang ada di bagian depan dan di belakang.

Biaya servis bemper mobil bergantung dari tingkat keparahan penyoknya. Mengutip situs resmi Daihatsu Indonesia, untuk bemper penyok sepanjang 10—20 cm, biaya servis bemper mobil biasanya berkisar Rp100 ribu—Rp150 ribu. 

Kalau kerusakan bemper hingga robek maka kamu harus membayar biaya servis lebih tinggi lagi. Biayanya belum termasuk biaya proses pengecatan ulang pada bemper. Harganya pun bervariasi, bergantung pada cat yang digunakan dan jenis mobil.

Adapun biaya pengecatan bumper biasanya sekitar Rp350 ribuan per panel. Harga untuk mobil MPV dan SUV pastinya lebih mahal, yakni Rp450 ribuan per panel.

16. Servis inverter power mobil

Inverter merupakan alat yang mengambil input DC 12V dan menyediakan 110v atau 220v di banyak negara output AC. 

Untuk harga inverter mobil baru juga bervariasi, antara Rp200 ribuan—Rp3 jutaan.

17. Servis velg mobil

Velg mobil menjadi tumpuan seluruh roda ban mobil serta menjadi penyeimbang di saat roda melaju dengan kecepatan tinggi, menjadi tumpuan beban vertikal, dan juga beban samping.

Biaya repair velg mobil bergantung dari jenis kerusakannya. Kalau velg mobil retak atau pecah maka biaya repair velg mobil sebesar Rp250 ribuan per satu velg mobil untuk ukuran velg mobil 18 inci.

Kian kecil ukuran velg mobil, biaya repairnya juga semakin murah. Untuk ukuran velg mobil di atas 18 inci, kamu perlu membayar biaya repair velg mobil antara Rp500 ribuan—Rp1 jutaan per satu velg mobil untuk kerusakan yang sama.

18. Servis kopling mobil

Kampas kopling mobil bekerja untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Komponen kampas kopling mobil juga biasanya dikenal dengan sebutan clutch disc.

Biaya servis kopling mobil juga bervariasi, bergantung dari jenis mobil dan bengkel yang kamu kunjungi. Harga komponen kampas kopling pun berbeda-beda, bergantung dari berbagai jenis mobil.

19. Servis gardan mobil

Gardan menjadi salah satu komponen mobil penting yang berfungsi membedakan putaran roda ketika berbelok, untuk mencegah agar roda tidak selip.

Nah, biaya servis gardan mobil di bengkel biasanya di kisaran Rp3 jutaan—Rp4 jutaan, sedangkan biaya servis gardan belakang mobil lebih murah Rp500 ribu dari gardan depan atau sekitar Rp2,5 jutaan—Rp3,5 jutaan.

20. Servis radiator mobil

Radiator merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting karena berfungsi sebagai sistem pendingin.

Biaya servis radiator mobil di bengkel resmi biasanya akan lebih mahal, antara Rp250 ribu—Rp400 ribu, bergantung tingkat kerusakan radiator mobil.

Biaya service radiator mobil di bengkel umum sebesar Rp175 ribuan—Rp350 ribuan saja.

21. Servis sabuk pengaman mobil

Sabuk pengaman adalah alat penting bagi keselamatan pengemudi dan penumpang mobil sebab berfungsi untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

22. Servis TV mobil

Saat terjadi kerusakan TV mobil ada pada layar LCD-nya, biaya servis TV mobil tidak jauh beda dengan tarif servis LCD head unit mobil, yakni Rp2 juta—Rp 6 juta, bergantung tingkat kesulitan, jenis mobil, dan ketersediaan suku cadang penggantinya.

23. Servis plafon mobil

Adapun kerusakan yang paling sering terjadi pada plafon mobil, yakni plafon turun atau ambles. Kerusakan plafon seperti ini biasanya menimpa mobil-mobil buatan Eropa yang usianya lebih dari 5 tahun.

Untuk biaya perbaikan plafon mobil, biasanya kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp4,5 jutaan—Rp9 jutaan. Biayanya tidak bisa dibilang murah lantaran pembongkaran plafon ada resiko dapat merusak sensor-sensor mobil.

Demikianlah uraian tentang servis mobil, mulai dari jenis hingga biayanya. Pilihlah jenis servis yang mobil kamu perlukan dan jangan sampai lupa juga dengan jadwal servis berkala agar kendaraan kamu tetap prima.

Baca jugaCari Mobil Diesel Terbaik? Inilah Rekomendasi dan Harganya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tipe Mobil Avanza: Perbandingan & Harganya, Pilih yang Mana?

JAKARTA, duniafintech.com – Sebenarnya, ada banyak tipe mobil Avanza di pasaran alias bahwa semua mobil Toyota Avanza tidak sama. Di antara tipe itu adalah tipe...

Ulasan Lengkap Pengertian P2P Lending Syariah, Banyak Manfaat yang Bisa Didapat

JAKARTA, duniafintech.com - Pengertian P2P lending syariah wajib dipahami lebih dulu. Menghadirkan kemajuan terbaru, P2P lending kini tersedia P2P lending syariah dengan proses pinjamannya...

Berinvestasi Melalui P2P Lending Syariah, Aman dan Terpercaya

JAKARTA, duniafintech.com - Berinvestasi melalui P2P lending syariah bisa menjadi solusi keuangan dan menambah income. P2P lending dibentuk atas dasar permasalahan orang-orang yang sulit...

Ini 5 Akad P2P Lending Syariah yang Anti Riba

JAKARTA, duniafintech.com - Akad P2P lending syariah sejatinya menjadi pembeda dengan P2P lending konvensional. Sebab, Akad P2P lending syariah merupakan landasan sehingga membuat skema...

Perkembangan Bursa Kripto Indonesia, Wamendag Berharap Bisa Meluncur 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Kehadiran bursa kripto Indonesia sampai saat ini masih banyak ditunggu oleh berbagai pihak, karena keberadaan bursa kripto sebagai bagian dari ekosistem...
LANGUAGE