32.4 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Bitcoin Tether : Tether Menambahkan Hampir 8.9K Bitcoin ke Holdingsnya

JAKARTA, 2 April 2024 – Tether, penerbit stablecoin terbesar di dunia, telah menambahkan hampir 8.900 Bitcoin (BTC) ke portofolionya pada kuartal pertama tahun 2024, menurut data on-chain yang dianalisis oleh https://glassnode.com/. Penambahan ini menandakan peningkatan 4.2% dalam kepemilikan Bitcoin Tether dibandingkan dengan akhir kuartal keempat 2023.

Pertumbuhan Holdings Bitcoin Tether:

  • Kuartal Pertama 2024: 8.900 BTC
  • Kuartal Keempat 2023: 212.600 BTC
  • Kuartal Ketiga 2023: 200.000 BTC
  • Kuartal Kedua 2023: 180.000 BTC

Analisis:

Peningkatan kepemilikan Bitcoin Tether dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, termasuk:

  • Meningkatnya permintaan untuk stablecoin: Stablecoin seperti Tether sering digunakan oleh investor crypto sebagai tempat berlindung yang aman selama periode volatilitas pasar.
  • Kepercayaan investor pada Bitcoin: Terlepas dari fluktuasi harga jangka pendek, banyak investor tetap bullish pada Bitcoin dalam jangka panjang.
  • Strategi investasi Tether: Tether mungkin berinvestasi dalam Bitcoin sebagai cara untuk mendiversifikasi portofolionya dan mengurangi risiko.

Dampak:

Peningkatan kepemilikan Bitcoin Tether dapat memiliki beberapa dampak pada pasar crypto, termasuk:

  • Meningkatkan permintaan untuk Bitcoin: Peningkatan permintaan dari Tether dapat membantu mendorong harga Bitcoin naik.
  • Meningkatkan kepercayaan investor: Kepercayaan Tether pada Bitcoin dapat membantu meningkatkan kepercayaan investor secara keseluruhan di pasar crypto.
  • Meningkatkan stabilitas pasar: Stablecoin seperti Tether dapat membantu menstabilkan pasar crypto dengan menyediakan aset yang nilainya dipatok terhadap mata uang fiat.

Dampak Penambahan Bitcoin Tether pada Pasar Crypto

Penambahan 8.900 Bitcoin ke portofolio Tether pada kuartal pertama 2024 dapat memiliki beberapa dampak pada pasar crypto, seperti:

1. Meningkatnya Permintaan untuk Bitcoin:

Peningkatan permintaan dari Tether, sebagai salah satu pemain terbesar di pasar crypto, dapat membantu mendorong harga Bitcoin naik. Hal ini karena Tether perlu membeli Bitcoin di pasar untuk menambah kepemilikannya. Peningkatan permintaan ini dapat menarik lebih banyak investor ke pasar Bitcoin, yang selanjutnya dapat mendorong harga naik.

2. Meningkatnya Kepercayaan Investor:

Kepercayaan Tether pada Bitcoin, yang ditunjukkan dengan pembeliannya yang signifikan, dapat membantu meningkatkan kepercayaan investor secara keseluruhan di pasar crypto. Kepercayaan investor yang tinggi penting untuk pertumbuhan pasar crypto yang berkelanjutan.

3. Meningkatnya Stabilitas Pasar:

Stablecoin seperti Tether dapat membantu menstabilkan pasar crypto dengan menyediakan aset yang nilainya dipatok terhadap mata uang fiat. Hal ini dapat membantu mengurangi volatilitas pasar dan membuatnya lebih menarik bagi investor tradisional.

4. Dampak pada Altcoin:

Peningkatan kepemilikan Bitcoin Tether dapat berdampak pada altcoin (mata uang crypto alternatif). Hal ini karena investor mungkin beralih dari altcoin ke Bitcoin untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga yang dipicu oleh Tether.

5. Risiko Manipulasi Pasar:

Beberapa pihak khawatir bahwa pembelian Bitcoin Tether dapat memanipulasi pasar dan menyebabkan harga Bitcoin naik secara artifisial. Hal ini dapat menjadi risiko bagi investor yang membeli Bitcoin pada harga yang tinggi.

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE