25.1 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

BNI Gandeng Fintech dan E-commerce Salurkan KUR

DuniaFintech.com – Bank BNI merencanakan untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui layanan fintech dan e-commerce, lantaran meningkatnya jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di layanan digital.

Direktur UMKM BNI, Muhammad Iqbal mengatakan bahwa kerja sama pihaknya dengan pengembang layanan digital hanya memberikan kurang dari 1% terhadap keseluruhan penyaluran KUR pada tahun 2020. Akan tetapi, hal ini menjadi strategi utama BNI dalam memaksimalkan potensi pasar.

BNI telah mencatat sekitar Rp 21,3 triliun KUR telah tersalurkan dari jatah sebanyak Rp 22 triliun. Sementara untuk tahun ini, salah satu anggota Himpunan Bank Negara (Himbara) mendapatkan jatah sebesar Rp 32 triliun.

“Kami aktif melakukan perubahan dan inovasi, khususnya digitalisasi proses dan layanan perbankan, termasuk dengan terus melakukan perluasan target market penyaluran kredit melalui penjajakan potensi kerja sama dengan e-commerce, fintech, maupun mitra strategis lainnya,”

Bambang Setyatmojo, General Manager Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI mengatakan terdapat beberapa rencana kolaborasi dengan e-commerce dan fintech yang tengah dalam pembahasan dan integrasi. Disebutkan, rencana kerja sama itu dapat dieksekusi awal tahun ini.

Baca juga:

BNI Lirik Kerja Sama dengan Fintech dan E-commerce

Disebutkan, BNI tengah membuat kerja sama dengan berbagai industri fintech dan e-commerce. Ada pun beberapa namanya ialah Amartha, Tani Fund, Crowde, Danapala dan Dompet Kilat.

Sementara untuk penyelenggara e-commerce sendiri BNI telah mengikat kerja sama dengan Tokopedia dan Shopee untuk menyalurkan program KUR.

“Kami proyeksikan nominal dan jumlah penerima KUR melalui platform digital yang dapat diakuisisi tahun ini akan terus meningkat mengingat potensi UMKM yang tergabung ke dalam e-commerce jumlahnya sangat masif dan meningkat setiap tahun,”

Tidak lama sebelumnya, BNI juga melakukan kerja sama bersama salah satu penyelenggara fintech bernama Fidac. BNI dan Fidac meluncurkan aplikasi bernama DUMI, layanan pinjaman online untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Fungsi Manajemen Keuangan dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Salah satu fungsi manajemen keuangan adalah bagaimana mengelola keuangan dari satu perusahaan dengan baik dan benar tentunya. Dari fungsi tersebut, usaha yang sedang dijalankan...

Gandeng Fintech Batumbu, CIMB Niaga Salurkan Rp50 Miliar Bagi UMKM

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan perusahaan financial technology (fintech) pembiayaan berbasis aplikasi atau fintech lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu). Head...

Ini Alasan Maudy Ayunda Jadi Salah Satu Investor Startup Segari

Satu tahun beroperasi di Indonesia, Segari, startup grocery commerce terus catat pertumbuhan bisnis yang signifikan. Segari baru saja menyelesaikan pendanaan Seri A dari para...

Anuitas: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerja

Anuitas adalah metode penghitungan bunga pinjaman dalam rangka memudahkan nasabah membayar angsuran setiap periodenya. Biasanya, sistem yang diterapkan adalah bunga mengambang atau efektif (floating...

Belum Punya Asuransi Kartu Kredit? Simak Pertimbangannya di Sini

Asuransi kartu kredit adalah produk perlindungan finansial yang diberikan oleh penerbit kartu kredit (CC atau credit card) kepada nasabah mereka. Proteksinya meliputi pembebasan tagihan...
LANGUAGE