31.5 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

BRILIANPRENEUR 2021, Langkah BRI Majukan UMKM Lokal ke Kancah Dunia

JAKARTA, duniafintech.com – Pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi langkah Bank Rakyat Indonesia untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal ke kancah dunia.

Pada tahun ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menggelar ajang ini,  sebagai bazar virtual terbesar BRI, pada tanggal 1—16 Desember 2021, dengan mengusung tema “Dari Indonesia untuk Dunia”.

Menurut Direktur Utama BRI, Sunarso, perekonomian Indonesia dan dunia mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Maka dari itu, kegiatan yang diikuti oleh lebih 500 pelaku UMKM yang sudah melewati proses kurasi ini diharapkan bisa menjadi momentum kebangkitan UMKM selaku penyokong pertumbuhan ekonomi tanah air.

“Program BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen BRI sebagai agent of development untuk turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia,” ucapnya, seperti dilangsir dari CNNIndonesia.com, Kamis (2/12).

Ia menyampaikan, sebagai bank yang berfokus pada sektor UMKM, BRI memandang peluang besar bagi produk-produk tanah air untuk masuk ke pasar global. Apalagi, imbuhnya, produk UMKM dianggap memiliki nilai saing dan kualitas yang mampu bersaing dengan produk dari negara lain.

Bukan hanya dukungan berupa gelaran BRILIANPRENEUR, BRI pun dipastikan bakal memberikan bimbingan yang berkelanjutan dalam rangka menjangkau pasar yang lebih luas bagi UMKM, dengan tujuan agar pelaku usaha bisa mencapai standar produk internasional.

“Narasumber yang dihadirkan merupakan mereka yang ahli, berpengalaman, dan memiliki expertise di bidangnya masing-masing. Salah satu pembahasan yang diangkat mencakup bidang pemasaran global dan ekspor barang serta prosedur legal dan administrasi ekspor produk ke mancanegara,” jelasnya.

Sementara itu, dikatakan CEO PT Siger Jaya Abadi, Yoga Sadana, sebagai perwakilan peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, lewat kegiatan ini, pihaknya bakal memperoleh tambahan bekal wawasan dan pengetahuan yang dapat dipakai untuk mengoptimalkan penetrasi produk.

“Selain itu, melalui berbagai pelatihan dan workshop, saya yakin, pelaku UMKM Indonesia lebih siap dan mampu bersaing di kancah internasional. Kapasitas produksi dan kualitas pelaku UMKM juga akan meningkat,” sebutnya.

Di sisi lain, pameran virtual kali ini bakal menampilkan sensasi pameran nyata di dunia maya, sebagaimana perhelatan sebelumnya, yang juga memberikan pengalaman 3D kepada pengunjung. Adapun UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 ini juga menampilkan konsep thematical outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yakni Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

Sebagai pelengkap acara, bakal ditampilkan music performance, coaching clinic, inspiration talk, Do It Yourself (Yuk Berkarya), podcast, dan business matching yang berisi pelatihan dan workshop bagi para pelaku UMKM. Lebih jauh, BRI yang didukung oleh 105 potential buyers dari 30 negara, dipastikan akan terus membuka akses pasar lokal dan global bagi pelaku UMKM Indonesia melalui sesi business matching. Disampaikan Sunarso, pihaknya berharap agar international buyer dan peserta UMKM bakal memperoleh transaksi bisnis yang saling menguntungkan.

Bukan hanya sampai di situ, para nasabah BRI pun akan memperoleh berbagai keuntungan pada acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 ini, misalnya diskon dan cashback, sampai tanggal 31 Desember nanti. Dalam hal ini, nasabah hanya perlu membeli produk via e-commerce Shopee dan PADI UMKM serta melakukan pembayaran menggunakan debit dan kartu kredit BRI.

Di samping itu, seluruh rangkaian kegiatan ini juga bisa diakses lewat situs brilianpreneur.com, YouTube BRI, dan media sosial BRI lainnya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Lanjutkan Penguatan Harga

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari pergerakan aset kripto yang masih menguat dan menunjukkan pergerakan yang cukup signifikan.  Belakangan ini, harga Bitcoin...

Menkeu Pusing Kuota Anggaran BBM Subsidi Makin Bengkak

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) mengkhawatirkan anggaran untuk subsidi energi akan membengkak lantaran harga BBM dan volume penggunaan BBM subsidi merangkak naik. Jika mengacu...
LANGUAGE