24.6 C
Jakarta
Senin, 4 Maret, 2024

BUMN Holding Pangan Percepat Swasembada Garam dan Gula

JAKARTA, duniafintech.com – BUMN Holding pangan ID FOOD dan LPDP Kementerian Keuangan bersinergi untuk mendukung ketahanan pangan nasional melalui riset dan inovasi pangan. 

“Kerja sama LPDP dengan BUMN ID FOOD ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa perlu adanya kolaborasi antara kementerian dan lembaga, melakukan konsolidasi data, konsolidasi policy, dan juga konsolidasi dari pelaksanaan atau implementasi,”Jelas Direktur Fasilitasi LPDP, Wisnu Sardjono yang mewakili Direktur Utama LPDP.

Baca juga: Erick Thohir Perintahkan BUMN Jadi Pembeli Bahan Pangan Antisipasi Krisis 2023

Lebih lanjut, LPDP mengapresiasi BUMN holding pangan ID FOOD yang memiliki semangat dalam mendorong terwujudnya swasembada garam dan swasembada gula sebagai upaya untuk mewujudkan kedaulatan pangan garam dan gula nasional. 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Pemerintah melalui Perpres Nomor 126 Tahun 2022 tentang Percepatan Pembangunan Pergaraman Nasional mengamanatkan agar paling lambat tahun 2024 kebutuhan garam nasional harus dapat dipenuhi dalam negeri, kerja sama antara LPDP dan ID FOOD ini diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya garam di bawah permukaan yang nantinya dapat diolah menjadi garam yang tidak tergantung pada cuaca.

“LPDP menerima usulan sinergi pendanaan riset dari ID FOOD untuk inovasi komoditas garam dan gula. Di komoditas garam, ID FOOD akan riset sumber garam atau air brine di Madura untuk mendukung swasembada garam Indonesia, begitupun di komoditas gula, ID FOOD mengusulkan sinergi pendanaan riset pengembangan varietas tebu unggul untuk potensi rendemen dan produksi tinggi untuk mendukung swasembada gula nasional,” katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi Perintahkan Erick Thohir Siapkan BUMN Serap Petani Gagal Panen

Sementara itu, Direktur Utama Holding pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan menambahkan kerja sama ini sebagai upaya memperkuat riset dan inovasi untuk mewujudkan kemandirian pangan lokal dan ketahanan pangan. ID FOOD melalui RNI Food Research Institute/RFRI juga bersinergi dan berkolaborasi dengan riset institute BUMN, perguruan tinggi, yang berkesinambungan guna meningkatkan ekosistem inovasi di Indonesia dan daya saing BUMN.

Menurutnya, hal ini sebagaimana arahan Menteri BUMN Erick Thohir bahwa BUMN harus lebih fokus pada pertumbuhan bisnis positif dan aspek komersialisasi dari inovasi. 

“Sejalan dengan aspirasi tersebut, Menteri Erick pun berharap BUMN terus berbenah diri dalam mengakselerasi riset dan inovasi sesuai dengan kompetensi dan relevan dengan bisnis utamanya,” ujarnya. 

Baca juga: Menteri Erick Instruksikan Holding BUMN Pangan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Nataru

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE