31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

BUMN Tidak Memberikan Sponsor Formula E, ini Jawaban Jokowi

JAKARTA, duniafintech.com – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak memberikan sponsor di acara Formula E Jakarta. Hal tersebut membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara berkaitan dengan tudingan minimnya dukungan pemerintah pusat pada ajang balap mobil listrik yang digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara itu.

“Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat persiapan,” ujar dia kepada wartawan usai nonton balapan di JIEC, Sabtu (5/6).

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pemerintah pusat juga membantu dari segi perlengkapan balap dan mobilnya yang dikirimkan ke Indonesia melalui Bea Cukai.

“Kemudian Kementerian Keuangan, Kemenparekraf juga, izin semua dikeluarkan. Itu bentuk dukungan,” tutur Jokowi, dilansir dari CNBC.

Baca jugaWOW! Ajang Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor dalam Negeri

Pemerintah pusat dinilai minim memberikan dukungan ke acara balap mobil kelas dunia itu. Badan Usaha Milik Negara atau BUMN tidak menjadi sponsor perhelatan Formula E Jakarta.

Terkait BUMN tidak menjadi sponsor perhelatan Formula E, padahal sebelumnya, Ketua Panitia Formula E Jakarta Ahmad Sahroni secara terbuka menyampaikan harapannya agar BUMN mau jadi sponsor Formula E. Ia bahkan telah menemui secara langsung Menteri BUMN Erick Thohir untuk menyerahkan proposal. Politikus NasDem itu hanya mengatakan bahwa saat ini yang pasti ada 30 sponsor dari pihak swasta. “BUMN belum kasih sponsor,” kata dia pada Kamis (2/6).

Baca jugaWOW! Tiket VVIP Formula E Rp5,7 Juta Ludes, Pembelinya dari AS & Eropa

Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir irit berkomentar terkait tidak hadirnya perusahaan-perusahaan pelat merah di ajang Formula E Jakarta yang digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022. “No comment,” ujar dia pendek saat ditanya wartawan.

Namun belakangan, juru bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyesalkan pernyataan negatif seakan BUMN tidak mendukung Formula E karena tidak memberikan sponsor kegiatan tersebut. Dia mengatakan ketidaksertaan BUMN dalam sponsorship karena sebagian dari korporasi BUMN baru menerima proposal dari panitia sebulan sebelum acara.

Erick Thohir dan Sandiaga klaim dukung Formula E Jakarta

Dalam acara di NasDem Tower, pada Kamis lalu, selain Erick Thohir, hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Namun ketika akan ditanya, dia sudah pergi dari lokasi lebih dulu. Dia juga tak banyak mempromosikan Fomula E melalui media sosialnya, tidak seperti saat MotoGP Mandalika.

Pada Jumat, 3 Juni 2022, dia mengaku mendukung penuh ajang balap Fomrula E yang akan berlangsung di Ancol, Jakarta, Sabtu, 4 Juni 2022. Sandi menegaskan bahwa wisata berbasis olahraga atau sport tourism ini diharapkan mampu terselenggara dengan sukses seperti perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika.

Perhelatan Formula E ini, kata dia, diharapkannya mampu membangkitkan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku baru saja mendapat komunikasi dari Kantor Gubernur DKI, dan diminta untuk hadir.

“Kami mendukung perhelatan yang mudah-mudahan bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta, kita harapkan sesukses perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika,” ujar Sandiaga Uno, Jumat (3/6).

Baca jugaGelaran Formula E Jakarta, 140 UMKM Diberdayakan Anies Baswedan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE