30.6 C
Jakarta
Minggu, 25 Oktober, 2020

Butuh Dana Cepat Tanpa Bunga? Ini Pilihan Pinjaman Syariah yang Bisa Dicoba

Duniafintech.com – Mengajukan pinjaman umumnya memiliki biaya atau bunga yang harus dibayar oleh peminjam. Namun sebagian orang berusaha mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Namun, apakah ada pinjaman dana cepat tanpa bunga yang bisa didapatkan? Tidak usah khawatir, kini ada pinjaman syariah yang bisa diandalkan, pinjaman ini sangat aman dan dijamin halal bebas riba.

Namun perlu diketahui, meskipun tidak memiliki unsur riba dan tidak ada bunga, pinjaman Syariah tetap menggunakan sistem akad jual beli dengan nasabah. Selain itu, sistem syariah menggunakan sistem ijarah yang mengambil manfaat dari keuntungan jasa yang telah digunakan nasabah. Anda bisa mengatur sendiri berapa jumlah pinjaman dengan sistem ijarah.

Mau tahu apa saja jenis pinjaman syariah yang bisa Anda pilih? Berikut produk pinjaman dana cepat tanpa bunga, baik dari bank maupun lembaga non bank. Kenali dan pahami tiap produk agar tak salah pilih.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) syariah

KTA syariah adalah produk perbankan berupa pinjaman tanpa agunan atau jaminan dengan sistem syariah. Contohnya, KTA Mandiri Syariah dan KTA BRI Syariah. Sekalipun tanpa jaminan, KTA syariah menawarkan plafon pinjaman yang cukup tinggi, yaitu hingga di atas Rp 100 juta dengan tenor tertentu.

Jika pada KTA konvensional nasabah bebas menggunakan dana pinjaman yang diperoleh, ini berbeda dengan KTA syariah. KTA jenis syariah mewajibkan nasabah membuat surat pernyataan mengenai tujuan penggunaan dana pinjaman. Tujuannya, memastikan dana yang digunakan untuk keperluan yang tidak melanggar syariat Islam.

Baca Juga:

Pegadaian syariah

Pegadaian syariah tak jauh berbeda dengan pegadaian konvensional, yaitu sama-sama menyalurkan sejumlah uang pinjaman dengan jaminan barang. Masyarakat yang ingin menggadaikan barang untuk memperoleh dana pinjaman hanya perlu mendatangi kantor pegadaian dan menyerahkan barang jaminan.

Namun, pegadaian syariah menggunakan sistem transaksi yang sedikit berbeda dengan pegadaian konvensional. Pegadaian syariah tidak mengambil keuntungan dalam bentuk bunga maupun bagi hasil, melainkan berupa upah jasa pemeliharaan barang jaminan.

Pinjaman Online Syariah

Dana cepat tanpa bunga selanjutnya adalah lembaga keuangan non bank pinjaman online berbasis syariah. Sebagai ganti bunga, pinjaman syariah online menggunakan sistem murabahah dan ijarah. Sistem murabahah menggunakan akad jual beli. Sedangkan, sistem ijarah menggunakan akad sewa, sehingga keuntungan yang didapat pemberi pinjaman berupa biaya sewa atau manfaat atas jasa atau barang yang digunakan. Beberapa pinjaman syariah online yang telah resmi terdaftar OJK, di antaranya, Dana Syariah, Amartha, dan Investree Syariah.

Demikian beberapa pilihan dana cepat tanpa bunga berbasis syariah yang bisa Anda akses dan ajukan segera.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tokocrypto Buka Layanan Pinjaman Uang ala Blockchain

DuniaFintech.com - Layanan keuangan berbasis internet dengan desentralisasi data (DeFi) mulai menancapkan kakinya di Indonesia. Salah satu penyelenggara, Tokocrypto telah membuka layanan...

Modal 1 Juta Bisa Dapat Untung Besar dengan Ide Usaha Ini, Apa Saja? Simak di Sini

Duniafintech.com - Modal sedikit bukan menjadi penghalang untuk tidak memulai berbisnis. Karena, banyak anggapan yang mengatakan bahwa berbisnis harus memiliki modal yang...

UMKM Bisa Ajukan Pinjaman dengan Bunga Rendah di Fintech Ini, Di Cek Yuk!

Duniafintech.com - Pinjaman dengan bunga rendah untuk Modal Usaha ditawarkan Fintech P2P Lending untuk pengusaha kecil yang menghadapi kesulitan modal dan tidak...

Mau Beli Mobil Tanpa Keuangan Terganggu? Ikuti Cara Ini

DuniaFintech.com - Beberapa orang mungkin berpikir, bahwa membeli mobil dapat membantu mengurangi biaya transportasi. Namun ternyata belum tentu loh, bisa saja justru...

Pilihan Pekerjaan Online Tanpa Menggunakan Modal dengan Penghasilan Fantastis

Duniafintech.com - Ketika penghasilan tetap masih tidak bisa mencukup kebutuhan utama, tentu kerja sampingan adalah solusinya. Tetapi, Anda pasti lebih memilih pekerjaan...
LANGUAGE