25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Cara Bayar Tagihan Listrik lewat BCA, Mudah dan Praktis Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tagihan listrik lewat BCA dalam ulasan kali ini penting diketahui oleh para pengguna layanan Bank BCA.

Seperti diketahui bersama, para pelanggan PLN tentunya wajib untuk membayarkan tagihan listrik pascabayar sesuai dengan ketentuan per bulan. Aadapun Perusahaan Listrik Negara atau PLN memang menjadi korporasi negara yang mendistribusikan listrik ke seluruh pelosok Indonesia.

Di lain sisi, pembayaran tagihan listrik pascabayar dengan tepat waktu juga sudah menjadi kewajiban setiap pelanggan listrik. Hal itu karena tagihan listrik yang terlambat dibayar dapat mengakibatkan beberapa hal, mulai dari denda hingga aliran listrik yang diputus secara sepihak.

Baca juga: Cara Atasi Lupa PIN Kartu Kredit BCA dengan Mudah, Simak Ya!

Nah, kabar baiknya, saat ini sudah banyak fasilitas yang dapat membantu pelanggan PLN dalam membayarkan tagihan listrik dengan praktis, misalnya saja lewat ATM dan mobile banking yang disediakan oleh berbagai bank.

Adapun salah satu bank yang memiliki fasilitas ini, yaitu Bank BCA. Bagi kamu nasabah BCA, kamu bisa mengikuti beberapa langkah untuk bayar tagihan listrik lewat BCA ATM. BCA sendiri telah memberikan layanan untuk pembayaran tagihan listrik secara online dan offline bagi nasabahnya.

Namun, sebelumnya, pastikan bahwa kamu telah mempersiapkan ID Pelanggan yang tercantum di bukti bayar bulan sebelumnya. Siapkan pula saldo yang ada nomor rekening BCA supaya bayar tagihan listrik ini berhasil.

Bagi kamu yang sudah penasaran dengan cara bayar tagihan listrik via BCA, mulai dari ATM, KlikBCA, hingga m-banking, berikut ini ulasan selengkapnya yang perlu kamu simak.

Cara Bayar Tagihan Listrik lewat BCA

1. Melalui ATM BCA

Pertama, para nasabah BCA bisa membayar tagihan listrik mereka lewat ATM. Berikut ini panduannya:

– Silakan datang ke ATM BCA terdekat.

Masukkan kartu ATM BCA, Masukkan PIN ATM BCA.

– Pilih menu Penarikan Tunai/Transaksi.

– Klik menu Transaksi Lainnya.

– Pilih menu Pembayaran.

– Pilih menu Listrik/PLN.

– Masukkan ID pelanggan PLN.

– Selanjutnya, akan ada detail yang mencantumkan identitas lengkap pelanggan dan total biaya yang perlu dibayar. Jika data yang ditampilkan sudah benar maka silakan klik Ya untuk menyelesaikan transaksi di halaman konfirmasi.

– Kamu akan mendapatkan struk sebagai bukti pembayaran.

– Selesai! Pembayaran tagihan listrik berhasil dilakukan.

2. Cara Bayar Tagihan Listrik lewat BCA Mobile

Berikutnya, nasabah BCA bisa membayarkan tagihan listriknya via BCA Mobile dengan tata cara seperti berikut ini:

– Buka aplikasi BCA Mobile.

– Masukkan kode akses.

– Klik menu m-Payment.

– Klik opsi Lainnya.

– Pilih PLN.

– Masukkan nomor pelanggan PLN.

– Masukkan jumlah bayar pada kolom yang tersedia.

– Cek pada halaman konfirmasi.

– Masukkan PIN BCA Mobile.

Baca juga: Cara Urus Kartu ATM BCA Hilang: Syarat dan Biayanya

– Periksa detail transaksi yang akan dilakukan. Jika data yang ditampilkan sudah benar maka silakan lanjutkan pembayaran.

– Jika transaksi berhasil maka kamu akan menerima notifikasi terkait status transaksi kamu.

– Selesai! Pembayaran tagihan listrik berhasil dilakukan.

cara bayar tagihan listrik lewat bca

3. Via KlikBCA

Terakhir, nasabah BCA juga bisa membayarkan tagihan listriknya melalui KlikBCA dengan mudah, dengan tutorial sebagai berikut:

– Buka https://www.klikbca.com di browser.

– Login dengan USER ID dan PIN.

– Pilih menu Pembayaran.

– Pilih Pembayaran Listrik/PLN.

– Masukkan nomor ID pelanggan.

– Klik Lanjutkan Masukkan nomor ID.

– Informasi total tagihan listrik akan muncul.

– Aktifkan KeyBCA.

– Klik tombol 1.

– Masukkan angka di layar pada kolom RESPON KEYBCA APPLI 1.

– Klik Kirim.

– Selesai! Pembayaran tagihan listrik berhasil dilakukan.

– Bukti pembayaran akan dikirimkan melalui email yang terdaftar di KlikBCA atau bisa dilihat kembali di menu “Histori Transasksi” di KlikBCA.

Biaya Bayar Tagihan Listrik lewat BCA

Penting juga diketahui bahwasa membayar listrik via ATM BCA akan dikenakan biaya adminsitrasi. Biaya itu dibebankan kepada nasabah dan nantinya pembayaran biaya admin akan diakumulasikan kedalam jumlah tagihan, sebagaimana yang telah tertera di struk ATM maupun pada saat rincian tagihan ditampilkan.

Nah, berapa sih biaya admin pelunasan piutang listrik lewat ATM BCA ini? Biaya membayar listrik lewat ATM BCA adalah Rp3.000 per transaksi. Namun, biaya tersebut hanya dibebankan untuk membayar listrik di ATM ya!

Sekian ulasan tentang cara bayar tagihan listrik lewat BCA, mulai dari ATM hingga KlikBCA yang mudah dan praktis sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga sukses ya!

Baca juga: Cara Bayar Premi Prudential lewat BCA, Bisa Online Kok!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE