28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Cara Cek Mutasi Mandiri Terlengkap 2022 [Online dan Offline]

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek mutasi Mandiri terlengkap 2022, baik online maupun offline, tentunya sangat penting untuk diketahui.

Seperti dipahami, di zaman ini, mesin ATM juga masih menjadi alat transaksi keuangan yang sangat penting. Dengan menggunakan mesin dan kartu ATM, beragam transaksi keuangan bisa dilakukan, mulai dari transfer uang, pembayaran angsuran, pembayaran belanja online, pembelian pulsa prabayar, dan untuk cek mutasi rekening tabungan.

Adapun lembaga yang mengatur transaksi keuangan adalah bank, salah satunya Bank Mandiri. Nah, satu dari sedikit bank tertua di Indonesia ini memiliki banyak nasabah yang tersebar di berbagai penjuru wilayah tanah air.

Baca juga: Cara dan Syarat Cetak Rekening Koran Mandiri Plus Manfaatnya

Seiring dengan tingkat kepercayaan nasabah yang begitu besar, Bank Mandiri pun terus berinovasi memberikan layanan terbaik dan kemudahan untuk bertransaksi dengan aman dan nyaman. Salah satu fasilitas perbankan yang disediakannya adalah mesin ATM.

Saat ini, kamu pun bisa dengan mudah menjumpai ATM Mandiri di seluruh wilayah Indonesia. Yang paling mudah, yakni saat kamu pergi ke minimarket terdekat, misalnya Indomaret atau Alfamart.

Di samping itu, mesin ATM bisa memproses berbagai macam transaksi keuangan, salah satunya melakukan cek mutasi rekening. Bukan hanya transfer, cek saldo, dan bayar tagihan, kamu pun bisa melakukan cek mutasi rekening mandiri di ATM Mandiri, Mandiri Online, Mobile Banking Mandiri, dan Internet Banking Mandiri.

Meski demikian, kamu hanya bisa mengecek mutasi rekening mandiri dalam beberapa transaksi saja alias tidak dapat selengkap saat mengecek mutasi di kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Namun, cara cek mutasi rekening via handphone akan lebih mudah dilakukan lantaran sangat fleksibel.

Mutasi rekening sendiri adalah riwayat transaksi pada rekening tabungan bank, yang di dalamnya terdapat informasi terkait aktivitas dana yang masuk dan keluar. Pada mutasi rekening ini juga tercantum waktu dan tujuan transaksi serta sisa saldo di tabungan.

Untuk mempermudah melacak aktivitas transaksi, seluruh bank, termasuk Bank Mandiri, menghadirkan layanan cek mutasi bagi nasabahnya. Dalam hal ini, nasabah Bank Mandiri bisa mengecek mutasi rekening lewat beberapa metode yang disediakan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara Cek Mutasi di Livin Mandiri

Pertama, jika ingin mengecek mutasi rekening Mandiri maka kamu bisa melakukannya lewat aplikasi Mobile Banking Livin’ By Mandiri.

Adapun Livin’ by Mandiri adalah aplikasi mobile banking resmi dari Bank Mandiri, untuk mempermudah nasabah mendapatkan layanan perbankan secara online.

Mengutip laman resmi Mandiri, inilah cara cek mutasi Livin Mandiri yang bisa kamu coba:

  • Unduh aplikasi Livin’ by Mandiri: silakan unduh dan pasang aplikasi Livin’ by Mandiri, kemudian lakukan aktivasi mobile banking.
  • Lakukan login: selanjutnya, login dengan memasukkan user ID dan PIN Livin’ by Mandiri.
  • Cek mutasi rekening: pilih menu ‘Rekening’. Nantinya, di layar akan tampil informasi berupa nama pemilik rekening dan saldo. Kemudian, silakan klik nama akun untuk mengecek mutasi rekening. Nah, untuk melihat riwayat transaksi pada periode tertentu, silakan ubah tanggal sesuai waktu transaksi yang ingin dilihat.
  • Selesai: cara cek informasi mutasi rekening Mandiri melalui Livin’ by Mandiri berhasil dilakukan.

cara cek mutasi mandiri

Cara Cek Mutasi Mandiri melalui ATM

Adapun alternatif lainnya untuk mengetahui informasi rekening Mandiri adalah melalui ATM. Akan tetapi, metode ini hanya memungkinkan nasabah untuk melihat lima transaksi terakhir yang dilakukan.

Baca juga: Layanan MCM2 Bank Mandiri, Inilah Pengertian dan Fitur-fiturnya

Dalam artian, kamu tidak akan bisa mengetahui mutasi rekening pada bulan sebelumnya vai ATM. Inilah cara cek mutasi Mandiri lewat ATM:

  • Datangi ATM Mandiri terdekat.
  • Masukkan kartu ATM dan PIN.
  • Pilih ‘Transaksi Lainnya’ lalu pilih ‘Info Rekening’.
  • Pilih ‘Mutasi Rekening’.
  • Tunggu beberapa saat hingga layar mesin ATM menampilkan lima transaksi terakhir yang dilakukan.
  • Selesai!

Via Internet Banking

Kemudian, pilihan berikutnya yang bisa digunakan untuk mengetahui informasi mutasi rekening Mandiri adalah via Internet Banking.

Adapun layanan daring yang satu ini dapat diakses lewat peramban laptop, komputer, maupun ponsel. Pastikan juga bahwa jaringan internet kamu stabil ketika menggunakan metode yang satu ini.

Jika sudah semua maka silakan ikuti beberapa langkah mengecek mutasi rekening Mandiri melalui Internet Banking berikut:

  • Kunjungi laman Mandiri Online melalui tautan https://ibank.bankmandiri.co.id/ di peramban laptop, komputer, atau ponsel
  • Masukkan user ID dan PIN Internet Banking
  • Pilih menu ‘Informasi Rekening’ dan klik opsi ‘Mutasi Rekening’
  • Pilih jangka waktu atau jumlah transaksi terakhir yang ingin ditampilkan
  • Selesai! Cek mutasi Mandiri melalui Internet Banking berhasil dilakukan

Cek Mutasi Bank Mandiri SMS Banking

  • Ketik SMS dengan format TRN(spasi)Nomor Rekening(spasi)4 digit nomor rekening terakhir lalu kirim ke nomor 3355.
  • Bisa pula dengan melakukan panggilan kode SSID *1416# lalu pilih menu Info, kemudian pilih menu Mutasi Rekening. Jika sudah, Anda akan diminta memasukkan 2 digit PIN SMS Banking Mandiri, lalu akan muncul pop-up berisi 5 transaksi terakhir di rekening Mandiri yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

Lewat Teller Bank [Offline]

  • Datangi kantor Cabang Mandiri terdekat. Jangan lupa bawa buku tabungan dan juga kartu identitas diri (KTP, SIM, atau Paspor)
  • Temui petugas di pintu utama yang akan memberikan nomor antrean untuk petugas teller
  • Setelah mengantre dan tiba giliranmu, silakan utarakan keperluanmu dan serahkan buku tabungan atau rekening bank
  • Lalu tunggu prosesnya hingga selesai dan semua transaksi yang sudah kamu lakukan
  • Biasanya, riwayat transaksi ini sudah tercetak dalam periode waktu tertentu

Sekian ulasan tentang cara cek mutasi Mandiri yang perlu kamu ketahui. Silakan pilih metode yang cocok untuk situasi kamu saat ini ya. Semoga sukses!

Baca juga: Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri dan Setor Tunai lewat CDM

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE