31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Cara Cek Saldo Asuransi AIA, baik Online maupun Offline

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek saldo Asuransi AIA berikut ini tentu saja penting untuk diketahui, terutama sekali oleh para nasabah asuransi AIA.

Sebagai informasi, Asuransi AIA punya perhitungan dan penawaran keuntungan yang berbeda dengan asuransi lainnya sehingga sangat penting untuk mengetahui cara cek saldo asuransi ini untuk lihat saldo premi yang kamu miliki. 

Selayaknya cara cek saldo asuransi lainnya, asuransi AIA juga menyediakan sejumlah kanal untuk mengecek informasi ini. Nah, buat kamu yang ingin tahu ingin lebih jelas lagi soal cara cek saldonya, simak yuk penjelasannya di bawah ini, seperti dikutip dari Lifepal.

Apakah Asuransi AIA Bisa Diambil?

Jika nantinya sudah melakukan pengecekan saldo maka kamu mungkin saja ingin melakukan pencairan.

Baca juga: Asuransi AIA Unit Link: Harga, Polis, hingga Cara Klaim

Penting diketahui, Asuransi AIA ini bisa diambil atau dicairkan sesuai kebutuhan loh. Adapun proses pencairan saldo asuransi ini disebut juga dengan klaim asuransi.

Nah, untuk prosedur pencairannya, kamu bisa menghubungi pihak PT AIA Financial, baik agen maupun ke kantor cabang.

Selanjutnya, ikuti instruksi dan siapkan dokumen yang diminta hingga pencairan asuransi kamu bisa dilakukan.

Cara Klaim Asuransi AIA

Untuk diketahui, Asuransi AIA dikenal luas sebagai salah satu asuransi dengan proses pencairan atau proses klaim asuransi yang mudah dan cepat. Namun, kamu tentunya tetap perlu memahami prosedur cara pencairan asuransi AIA supaya prosesnya tidak berbelit-belit. 

Inilah cara mencairkan dana asuransi AIA yang tepat:

1. Ajukan dokumen klaim

Pertama, kamu perlu mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan. Selanjutnya, kamu bisa memulai proses mengajukan klaim pencairan asuransi AIA.

Biasanya, dokumen persyaratan biasanya telah diinformasikan di formulir klaim dan di polis yang dimiliki. Inilah dokumen persyaratan untuk mengajukan klaim: 

a. Kartu asuransi

b. Kartu identitas

c. Bukti pembayaran premi 

d. Foto pendukung apabila dibutuhkan

Adapun dokumen klaim pencairan asuransi AIA dapat dikirimkan ke Kantor Pusat AIA/Bancassurance Officer/Agency Officer/Customer Services terdekat.

2. Ikuti pemeriksaan kelengkapan dokumen

Ketika dokumen klaim pencairan asuransi sudah diterima oleh pihak AIA, dokumen itu akan diperiksa kelengkapannya. Kalau hasil pemeriksaan menyatakan dokumen belum lengkap maka kamu sebagai nasabah akan menerima pemberitahuan via SMS dan surat.

Dalam hal ini, nasabah akan diberikan waktu hingga 30 hari kerja untuk melengkapi dokumen. Kalau hingga batas waktu yang ditetapkan belum juga dilengkapi maka pihak AIA akan mengembalikan dokumen klaim kepada nasabah melalui Agency Officer atau Bancassurance Officer.

Baca juga: Gampang Banget! Ternyata Begini Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA

Pastikan juga bahwa kamu bisa dihubungi selama masa pemeriksaan kelengkapan dokumen sebab ketika ada dokumen yang ingin diverifikasi, pihak asuransi dapat menghubungi kamu kapan saja.

3. Tunggu pemberitahuan melalui SMS

Kalau dokumen klaim pencairan asuransi dinyatakan sudah lengkap maka proses atau cara pencairan asuransi AIA bakal dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Terkait hal itu, nasabah akan menerima pemberitahuan via SMS tentang konfirmasi bahwa dokumen klaim telah diterima.

4. Tunggu keputusan klaim

Berikutnya adalah proses analisis terhadap pengajuan klaim. Adapun proses atau cara pencairan asuransi AIA itu dilakukan oleh tim penilai klaim. Nah, keputusan klaim bakal dikeluarkan setelah tim penilai klaim selesai melakukan analisis.

5. Cek pembayaran klaim

Selanjutnya, setelah hasil keputusan klaim menyatakan klaim disetujui, AIA Financial akan membayarkan klaim yang disetujui ke nasabah. Keputusan klaim akan diinformasikan kepada nasabah via SMS atau surat.

Pastikan juga bahwa nomor kontak dan domisili kamu sesuai dengan data yang dikirimkan supaya kamu bisa mengecek pembayaran klaim.

6. Cek penerimaan klaim

Apabila dokumen pencairan asuransi yang dikirimkan tadi sudah lengkap dan jelas maka proses klaim kamu bakal diproses dalam kurun waktu 8 hari kerja untuk klaim kesehatan. Sementara itu, untuk klaim meninggal, akan diproses 11 hari kerja. Selanjutnya, nasabah akan menerima pembayaran klaim yang diajukan.

cara cek saldo asuransi aia

Cara Cek Saldo Asuransi AIA

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara cek cek saldo AIA Financial, yakni sebagai berikut.

1. Cek saldo polis AIA online melalui website

Pertama, kamu bisa mengecek saldo polis lewat website atau situs resmi AIA. Nah, untuk melakukannya, kamu hanya perlu membuka situs resmi perusahaan di alamat www.aia-financial.co.id.

Akan tetapi, kamu terlebih dahulu harus mendaftarkan akun My AIA yang ada di menu bagian atas. Cara yang satu ini juga terbilang sebab kamu hanya perlu koneksi internet. Di samping itu, kamu pun bisa mengaksesnya dari mana dan kapan saja.

Kalau kamu sudah masuk ke akun maka kamu bisa masuk ke menu ‘Pengecekan Saldo’. Ketika menu itu diklik, akan muncul angka saldo asuransi AIA milikmu.

Baca juga: Apa Itu Asuransi AIA 7 Tahun? Cek Keunggulan dan Manfaatnya di Sini

2. Cara cek saldo via telepon call center AIA

Bagi kamu yang tidak ingin repot-repot untuk membuat akun My AIA di situs resmi AIA, kamu bisa coba cara lain, yakni dengan menghubungi call center AIA. 

Caranya adalah kamu melakukan panggilan telepon ke nomor call center 1500980 lalu ikuti instruksi yang diberikan oleh mesin penjawab telepon. Lantas, kamu akan terhubung ke customer service AIA.

Ketika telah terhubung, customer service akan menanyakan layanan apa yang kamu butuhkan. Di tahap tersebut, kamu bisa menanyakan saldo asuransi milikmu, yang selanjutnya akan diinfokan oleh customer service.

3. Cek saldo dengan mendatangi kantor cabang AIA

Berikut ini alamat beberapa kantor perwakilan asuransi AIA yang ada di kota-kota besar Indonesia:

a. AIA Central: Jl. Jend. Sudirman Kav. 48A, Jakarta Selatan, 12930.

b. AIA Bandung: Wisma Monex Lantai 11, Jl. Asia Afrika No. 133-137, Bandung, 40112.

c. AIA Surabaya: Sinarmas Land Plaza Lantai 14, Jl. Pemuda No. 60-70, Surabaya.

d. AIA Medan, Jl. Iskandar Muda No. 31, Medan.

Di samping alamat tadi, masih ada banyak lokasi kantor cabang AIA di kota-kota lainnya di Indonesia. Informasi selengkapnya soal lokasi kantor cabang ini dapat kamu peroleh di situs resmi AIA. 

Terkait cara mengecek saldonya, kamu bisa mengunjungi salah satu dari beberapa alamat kantor cabang AIA yang terdekat dengan tempat tinggal kamu. Kemudian, tanyakan langsung kepada petugas di kantor cabang tentang sisa saldo yang kamu punya.

4. Cara cek saldo Asuransi AIA dengan menanyakan kepada agen asuransi AIA

Cara lainnya yang juga praktis adalah dengan menanyakan kepada agen asuransi yang memprospek kamu ketika awal masuk asuransi. Akan tetapi, sebaiknya kamu terlebih dahulu memastikan bahwa agen asuransi AIA itu memang masih aktif dan terdaftar. Pasalnya, selalu ada risiko penipuan maupun penyalahgunaan data kamu sebagai nasabah.

Baca juga: Penting untuk Penyesuaian Polis, Apa Itu Endorsement Asuransi?

Demikianlah informasi tentang cara cek saldo asuransi AIA hingga cara pencairan asuransi AIA yang penting diketahui. Nah, kamu bisa ikuti langkah-langkah seperti di atas ya untuk mengetahui saldo asuransi AIA kamu. Selamat mencoba!

 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE