30 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Gampang Banget! Ternyata Begini Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA

JAKARTA, duniafintech.com – Panduan cara mencairkan dana Asuransi AIA sangat diperlukan, utamanya oleh nasabah asuransi ini. AIA adalah perusahaan asuransi jiwa dari Hongkong yang produk asuransinya meliputi asuransi jiwa, kesehatan, dan penyakit kritis.

Namun, AIA sendiri fokus pada asuransi jiwa, yang dibuktikan dengan predikat asuransi jiwa pan-Asia independen terbesar di dunia yang dimilikinya.Adapun di Indonesia, AIA menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan bancassurance pada tahun 1990 silam. 

Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA

  1. Ajukan Dokumen Klaim

Langkah pertama adalah dengan mengajukan dokumen klaim pencairan saldo. Adapun dokumen klaim ini bisa dikirimkan langsung ke kantor pusat AIA atau lewat customer service kantor cabang terdekat. Anda pun perlu memastikan bahwa seluruh data yang diisi adalah benar untuk mempermudah proses pencairan dana.

Baca juga: Ulasan Komprehensif tentang Asuransi Pendidikan Prudential 

  1. Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen

Nah, usai seluruh dokumen diserahkan kepada pihak asuransi, dokumen bakal diperiksa secara menyeluruh, mulai dari kelengkapan hingga keabsahan dokumen. Kalau dokumen belum lengkap maka Anda akan dihubungi oleh pihak asuransi untuk melengkapi dokumen terlebih dahulu.

Untuk jangka waktu untuk melengkapi dokumen diberikan selama 30 hari kerja. Apabila dokumen tidak dilengkapi dalam jangka waktu tersebut maka dokumen bakal dikembalikan.

  1. Tunggu Pemberitahuan via SMS

Usai melengkapi dokumen, langkah berikutnya adalah menunggu pemberitahuan dari pihak asuransi. Kalau dokumen lengkap maka pihak AIA bakal memberitahukan via SMS. Dalam hal ini, asuransi bakal mengkonfirmasi bahwa dokumen klaim sudah lengkap dan diterima.

  1. Tunggu Keputusan Klaim

Setelah pihak asuransi akan mengkonfirmasi bahwa dokumen lengkap, tim penilai klaim AIA selanjutnya bakal melakukan analisis terhadap dokumen pengajuan klaim pencairan dana. Anda pun tinggal menunggu hingga pihak asuransi mengabarkan keputusan klaim bahwa pencairan dana diterima atau sebaliknya.

  1. Cek Pembayaran Klaim Asuransi

Berikutnya, usai keputusan dari tim penilai keluar dan pencairan dana disetujui, pihak asuransi AIA bakal membayarkan klaim itu. Sebelumnya, Anda bakal dihubungi oleh pihak AIA via telepon atau surat yang memberitahukan bahwa klaim pencairan dana disetujui.

Baca juga: Tentang Asuransi Commonwealth, dari Produk sampai Kelebihannya

  1. Cek Penerimaan Klaim

Terakhir, proses klaim pencairan dana asuransi AIA bakal dilakukan dalam waktu 8 hingga 11 hari kerja. Anda bisa mengecek pencairan dana ke rekening dalam jangka waktu tersebut.

Syarat Mengajukan Asuransi AIA—Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA

  • Usia minimal 18 tahun atau telah menikah
  • Warga Negara Indonesia
  • Melengkapi dokumen yang meliputi KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, form pengajuan asuransi, serta dokumen lain yang dibutuhkan
  • Membayar premi awal asuransi

Jika semua syarat sudah terpenuhi maka Anda dapat menghubungi agen asuransi AIA atau datang langsung ke kantor pusat AIA untuk mengajukan asuransi. Namun, pastikan bahwa semua persyaratan sudah lengkap supaya proses pengajuannya lebih gampang.

Cara Beli Asuransi Asuransi AIA

  1. Hubungi agen asuransi AIA, kemudian tanyakan secara detail soal produk-produk asuransi yang ditawarkan.
  2. Datang langsung ke kantor pusat atau cabang asuransi AIA, kemudian tanyakan informasi mengenai produk asuransi.
  3. Setelah menentukan jenis asuransi dan polis, isilah formulir dengan data yang benar dan valid lalu sertakan dokumen pelengkap.
  4. Pihak asuransi bakal melakukan analisis dan verifikasi data dan kalau pengajuan disetujui maka polis akan dikirimkan ke calon nasabah untuk dipelajari.
  5. Setelah terjadi kesepakatan mengenai isi polis, calon nasabah dan pihak asuransi melakukan penandatanganan polis.
  6. Nasabah membayar sejumlah premi awal yang disepakati, lalu melanjutkan pembayaran premi sesuai yang dipilih, baik bulanan maupun tahunan.

Cara Bayar Premi Asuransi AIA

Berikut ini beberapa metode pembayaran yang dapat digunakan:

  1. Autodebet dari rekening pribadi ke bank yang ditunjuk oleh pihak asuransi AIA
  2. Autodebet dari kartu kredit atau BCA Card
  3. ATM BCA, ATM CIMB Niaga, atau ATM BII
  4. Setor tunai atau transfer ke rekening AIA

Cara Cek Saldo Asuransi AIA

  1. Situs Resmi
  • Buat akun My AIA terlebih dahulu dengan cara memilih menu My AIA yang terdapat pada bagian atas situs www.aia-financial.co.id
  • Setelah itu, buatlah akun menggunakan email serta password dan kata sandi.
  • Jika sudah berhasil maka Anda bisa melakukan pengecekan saldo.
  1. Kantor Cabang
  • Datanglah ke kantor cabang terdekat, kemudian tanyakan kepada customer service mengenai cara pengecekan saldo.
  • Nantinya, kamu Anda diarahkah untuk mengecek saldo di kantor cabang
  1. Agen AIA
  • Agen akan memberi arahan untuk pengecekan saldo.
  • Nantinya, agen asuransi akan meminta data yang harus dilengkapi untuk proses ini.

Catatan: Sebelum melakukan pengecekan melalui agen, pastikan agen itu masih bekerja dan terdaftar di asuransi AIA sebab pengecekan saldo asuransi yang kamu lakukan melibatkan pihak ketiga.

  1. Customer Care Line
  • Hubungi customer care line di nomor 1500980.
  • Ikuti instruksi yang diberikan.
  1. Cara Cek Saldo Asuransi AIA via AIA Priority Service Line
  • Hubungi layanan AIA Priority Service Line via telepon di nomor (021) 2927 9676 atau chat WhatsApp di nomor 0811 1611 660

Manfaat Asuransi Asuransi AIA

Baca juga: Wajib Baca! Inilah 4 Tujuan Asuransi secara Umum

Setelah Anda tahu cara mencairkan dana asuransi AIA, berikut ini manfaat dari asuransi AIA yang perlu Anda ketahui:

  • Memberikan pertanggungan hingga nasabah berumur 88 hingga 99 tahun
  • Memberikan pertanggungan hingga 60 jenis penyakit kritis
  • Memberikan manfaat tambahan hingga 128 penyakit
  • Manfaat asuransi ganda jika tertanggung mengalami kecelakaan
  • Manfaat loyalty hidup jika tertanggung masih hidup hingga usia 99 tahun
  • Dapat digunakan di dalam dan di luar negeri
  • Pilihan masa premi yang dapat dipilih mulai dari 10 hingga 20 tahun

Keunggulan Asuransi AIA

  • Mempunyai tingkat solvabilitas 5 kali lipat lebih tinggi yang menjadi bukti bahwa keuangan asuransi AIA sangat kuat. Hal ini memberikan jaminan keamanan dalam pengajuan klaim serta pembayaran tagihan polis.
  • Ada program beli 1 dapat 4 sehingga mampu memberikan proteksi lebih dalam 1 polis. Program ini cocok untuk keluarga yang terdiri dari 2 orang anak.
  • Pengajuan klaim asuransi yang tergolong cepat, terutama jika seluruh persyaratan dan dokumen terpenuhi.
  • Premi relatif murah dan terjangkau sehingga dapat dibeli oleh rata-rata masyarakat Indonesia.

Kekurangan Asuransi AIA

  • Banyak nasabah yang kecewa dengan hasil investasi asuransi AIA karena tidak sesuai dengan penawaran di awal. Hal ini dikarenakan kinerja buruk investasi dalam 5 tahun terakhir.
  • Agen kerap tidak menjelaskan secara detail mengenai produk asuransi sehingga membuat nasabah salah paham terhadap produk yang ditawarkan. Kesalahpahaman ini membuat nasabah kecewa hingga menutup polis asuransi.
  • Produk syariah yang ditawarkan tidak terpisah dengan produk konvensional dalam pengelolaannya, sehingga penempatan dana tercampur. Hal ini menyalahi aturan dalam prinsip syariah.

Demikianlah ulasan tentang cara mencairkan dana asuransi AIA yang penting untuk diketahui, utamanya oleh nasabah asuransi AIA. Nah, supaya Anda bisa mencairkan dana asuransi ini dengan mudah, pastikan untuk terlebih dahulu melengkapi syarat dan dokumen yang dipersyaratkan.

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...

Jenis KPR yang ada di Indonesia, Catat Ya!

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis KPR ada apa saja? tentu masih ada yang bertanya-tanya tentang hal tersebut. KPR merupakan pembiayaan yang diberikan bagi seseorang yang...

Cash Flow Investasi Bisnis, Begini Cara Menghitungnya!

JAKARTA, duniafintech.com - Cash flow investasi bisnis, nampaknya sangat penting untuk diketahui terkait cara menghitungnya. Mengetahui cara menghitung cash flow investasi di dalam bisnis...

Cara Mengajukan Pinjaman UMKM Cepat Cair, Catat Ya!

JAKARTA, duniafintech.com - Cara mengajukan pinjaman UMKM menjadi topik tim Duniafintech.com kali ini. Cara mengajukan pinjaman UMKM cepat cair adalah solusi dalam berwirausaha yang...
LANGUAGE