30.1 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Tentang Asuransi Commonwealth, dari Produk sampai Kelebihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi commonwealth atau Commonwealth Life adalah perusahaan asuransi yang berada di Indonesia sejak tahun 1990-an. Perusahaan ini adalah grup keuangan Commonwealth Bank of Australia Group.

Lantas, terjadi akuisisi saham Commonwealth Bank of Australia oleh FWD Group pada akhir tahun 2018 untuk mendapatkan PT Commonwealth Life dengan jumlah transaksi sebesar US 300 juta dolar.

PT Commonwealth Life pun resmi diakuisisi oleh PT FWD Life pada bulan Juni 2020 sehingga kini namanya berubah menjadi PT FWD Insurance Indonesia. PT Commonwealth Life sendiri telah menjadi bagian dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia yang sudah diawasi serta masuk ke dalam daftar Otoritas Jasa Keuangan yang nomor izin usahanya adalah KEP773/KMK.017/1993 dan tanggal izin usahanya adalah tanggal izin usaha 6 Agustus 1993. 

Baca juga: 8 Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Menghasilkan Cuan Berlimpah

Daftar Produk dan Polis Asuransi Commonwealth

  1. Danatra Cendekia: produk asuransi ini bakal memberikan proteksi jiwa untuk anak-anak dari tertanggung untuk dana pendidikan mereka.
  2. COMM Personal Accident: program asuransi ini bakall memberikan proteksi jiwa ataupun risiko meninggal dunia dan risiko cacat karena terjadinya kecelakaan.
  3. COMM Term Life (COMM Term): produk asuransi jiwa ini bakal memberikan proteksi kepada seseorang untuk risiko meninggal dunia karena kecelakaan dan sakit di mana saja di seluruh dunia.
  4. Money Back in Safe: program asuransi ini bakal memberikan keuntungan dalam bentuk uang tanggungan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dari program ini Anda bisa mendaftarkan pasangan Anda sebagai pihak tertanggung.
  5. Future Protection: asuransi proteksi ini bisa memberikan sejumlah keuntungan apabila risiko meninggal dunia atau cacat tetap total terjadi karena hal apa pun.
  6. COMM Living Protection: program asuransi ini akan memberikan proteksi jiwa dengan cara memberikan sejumlah keuntungan kalau adanya risiko meninggal dunia atau cacat tetap total karena kecelakaan atau pun sakit.
  7. COMM Protector: produk ini bakal memberikan perlindungan atau proteksi dari aset yang dimiliki oleh nasabah. Jika ada resiko terjadinya meninggal dunia atau cacat total sementara dan cacat tetap total maka nasabah akan mendapatkan manfaat dengan bentuk uang pertanggungan.
  8. Life Plus: produk Asuransi Commonwealth yang satu ini bakal memberikan manfaat asuransi jiwa dan cacat tetap total serta mengembalikan premi yang akan dibayar pada akhir tahun kelima dan kesepuluh apabila telah meninggal dunia atau cacat tetap total tidak dilakukan.
  9. Life Protection: program proteksi jiwa yang satu ini bakal memberikan manfaat asuransi tambahan untuk cacat tetap total dan juga mengembalikan premi yang sudah dibayarkan pada akhir tahun ke-2,4,6,8,dan 10 apabila klaim meninggal dunia dan cacat tetap total tidak dilakukan.
  10. COMM Protector: produk asuransi jiwa berjangka dari Asuransi ini akan memberikan perlindungan atau proteksi dari aset yang dimiliki nasabah, yang biayanya didapatkan dari lembaga keuangan.
  11. Asuransi Jiwa KPR: produk asuransi ini dapat memberikan manfaat untuk nasabah apabila ada risiko meninggal dunia terjadi dengan cara memberikan uang pertanggungan.
  12. Proteksi Tabungan Idaman: program perlindungan jiwa dan kesehatan ini bakal memberikan santunan rawat inap di rumah sakit saat masa asuransi berjalan dan memberikan manfaat uang pertanggungan sebanyak 100% untuk pihak yang meninggal dunia.
  13. Life Privilege: program asuransi ini dapat memberikan keuntungan proteksi asuransi jiwa dan juga cacat tetap total serta mengembalikan premi sudah dibayarkan pada akhir tahun tertentu.
  14. INVESTRA Link: program asuransi ini dapat dipadukan dengan asuransi jiwa dan investasi dengan cara yang fleksibel menggunakan berbagai macam pilihan proteksi supaya hidup pribadi dan keluarga bisa menjadi lebih tenang.
  15. INVESTRA Link Extra: produk asuransi ini dapat memadukan asuransi jiwa dan investasi supaya tujuan masa depan, seperti masa pensiun dan pendidikan anak bisa direncanakan dengan baik. Program ini pun dapat digunakan untuk melindungi kekayaan.
  16. INVESTRA Titanium: asuransi jiwa milik Asuransi Commonwealth ini merupakan program investasi yang memiliki perlindungan asuransi dalam satu paket yang sama untuk Anda dan keluarga Anda dan memiliki berbagai macam keuntungan.
  17. INVESTRA Platinum: produk asuransi ini bisa di dipadukan dengan investasi sehingga manfaat yang didapatkan menjadi lebih besar dengan cara memberikan alokasi untuk investasi yang besar sejak polis berlaku.
  18. COMM Link & COMM Link Premier: produk yang satu ini adalah perpaduan dari asuransi jiwa dan investasi dengan cara yang fleksibel karena dengan produk ini nasabah bisa melakukan perencanaan untuk masa depan mereka.
  19. Maxiwealth Link: produk asuransi jiwa ini memiliki premi yang 100% dialokasikan untuk investasi sejak tahun pertama polis berlaku.
  20. Elite Link: produk asuransi ini akan memberikan manfaat yang lebih karena alokasi investasinya akan diberikan secara lebih besar sejak police berlaku.
  21. Prime Value: program asuransi ini akan memberikan perlindungan jiwa seumur hidup sesuai dengan uang pertanggungan dan nilai investasi yang dimiliki nasabah.
  22. COMM Link Signature: investasi ini memiliki proteksi asuransi dalam paket yang sama supaya keuangan masa depan bisa direncanakan dengan baik.
  23. INVESTRA Link Prosper: program asuransi jiwa ini akan memberikan proteksi yang lengkap dan juga memberikan investasi yang terbaik untuk masalah mereka.
  24. COMMIT: nasabah akan mendapatkan proteksi kecelakaan diri selama 24 jam sehari di tempat apa saja dengan manfaat dalam bentuk uang tabungan sampai uang santunan dan biaya pengobatan karena terjadinya kecelakaan.
  25. Medical Fund Benefit: program asuransi ini akan bisa menjadi solusi proteksi diri supaya biaya medis bisa menjadi lebih ringan saat Anda membutuhkannya.

Manfaat yang Diberikan oleh Asuransi Commonwealth

  • Asuransi jiwa tradisional: Anda bakal memperoleh manfaat berupa santunan tunai kalau ada risiko meninggal dunia
  • Asuransi jiwa unit link: nasabah akan mendapatkan manfaat berupa santunan tunai karena adanya risiko meninggal dunia dan juga ditambah dengan nilai tunai investasi
  • Asuransi kesehatan, nasabah akan diberikan manfaat pertanggungan biaya perawatan kesehatan, seperti saat rawat jalan, rawat inap, pembedahan, dan berbagai perawatan lainnya. Asuransi kecelakaan diri: nasabah akan mendapatkan manfaat dalam bentuk tanggungan biaya perawatan di rumah sakit dan juga santunan saat meninggal dunia karena adanya risiko kecelakaan diri

Baca juga: Wajib Baca! Inilah 4 Tujuan Asuransi secara Umum

Cara Bayar Premi

  1. CommPayment: kunjungi situs resmi memilih CommPayment. Isilah formulir yang diminta mulai dari nama Anda sampai nomor polis. Masukkan uang yang harus Anda bayarkan dan pilih jenis pembayaran yang Anda inginkan.Anda bisa menggunakan e-payment, kartu kredit, maupun finpay. Kemudian, Anda bisa mengklik bayar.
  2. ATM Permata: pilihlah menu transaksi lain dan pilih pembayaran lalu pembayaran lainnya. Pilihlah menu virtual account dan masukkan nomor virtual kan Anda sesuai dengan nomor polis. Nantinya, akan muncul konfirmasi di layar dan pilih benar jika sudah sesuai. Masukkan jumlah pembayaran dan tekan lanjut. Pilihlah rekening pembayaran dan transaksi sudah berhasil. Masukkan nomor polis Anda.
  3. ATM bank lain: pilih menu transfer dan transfer ke bank lain. Kemudian, masukkan kode Bank Permata dan nomor virtual account. Nanti, di layar ATM akan muncul konfirmasi dan Anda bisa memilih benar jika sudah sesuai. Masukkan jumlah pembayaran yang harus dilakukan dan tekan lanjut. Transaksi sudah berhasil.
  4. Permata Mobile: Pertama, lakukan login terlebih dahulu lalu pilih menu pembayaran tagihan dan virtual account. Pilihlah rekening dan tagihan yang sudah ada sebelum atau Anda bisa memasukkan nomor virtual account dan menekan tombol konfirmasi setelahnya. Kalau semua data yang dimasukkan sudah benar maka Anda bisa menekan lanjut. Nantinya, kode respons bakal dikirim ke nomor telepon Anda. Setelah itu, transaksi akan berhasil.
  5. PermataNet: Anda bisa melakukan login secara manual lalu memilih menu pembayaran dan pembayaran tagihan. Di situ, Anda bisa memilih virtual account dan memasukkan nomor virtual account dari polis Anda. Masukkan jumlah uang yang harus dibayarkan pada total pembayaran dan klik lanjutkan. Masukkan kode Respon yang dikirim ke nomor telepon Anda dan klik lanjutkan. Transaksi kini telah berhasil.
  6. Pembayaran Asuransi Commonwealth lewat setoran tunai di Permata: Anda bisa mengunjungi Bank Permata terdekat dan memberitahu teller yang sedang bertugas untuk melakukan transaksi pembayaran virtual account dan menyebutkan informasi soal nama institusi, nama penerima, nomor virtual account, dan jumlah yang mesti dibayarkan.
  7. Pembayaran lewat transfer dari bank lain: kunjungi bank terdekat dan beritahu teller yang tengah bertugas jika Anda ingin membayar premi asuransi. Beritahukan kepadanya beberapa informasi yang dibutuhkan, misalnya nomor rekening penerima, nama penerima, bank penerima, alamat bank penerima, dan jumlah yang mesti dibayarkan.
  8. ATM BCA: Anda bisa memilih menu pembayaran lalu memilih lain-lain. Masukkan nomor rekening 2173011555 dan masukkan nomor polis Anda.
  9. KlikBCA: pilihlah menu pembayaran dan jenis pembayarannya yaitu asuransi. Pilih perusahaan asuransi, yakni Commonwealth Life, kemudian masukkan nomor polis di nomor pelanggan.
  10. Mobile Banking: SIM Toolkit, kemudian pilih menu m-bca dan m payment. Pilih menu lainnya dan ketik nama PT, yakni CWL. Masukkan nomor polis dan masukkan jumlah uang yang harus dibayarkan.
  11. ATM Mandiri: pilihlah menu bayar atau beli dan pilih menu lainnya. Pilih lagi menu asuransi, lalu masukkan kode perusahaan yaitu 23009. Masukkan nomor polis dan jumlah pembayaran. Pilihlah nomor 1, kemudian pilih Ya.
  12. Internet banking Mandiri: pilih menu pembayaran dan menu asuransi. Masukkan nomor rekening pembayar dan pilihlah perusahaan penyedia jasa, yakni Commonwealth Life. Lantas, masukkan nomor polis.
  13. SMS Mandiri: ketiklah BAYAR[spasi]CWL[spasi]nomor rekening yang telah terdaftar[spasi]nomor polis[spasi]jumlah premi[spasi]PIN. Kirimlah kalimat itu ke nomor 3355 dan konfirmasilah pembayaran yang akan Anda lakukan. Untuk ini, Anda bakal dikenakan biaya 500 rupiah per SMS.
  14. Autodebet: nasabah pun dapat menggunakan fasilitas pembayaran autodebet. Beberapa keunggulan yang bisa didapatkan oleh nasabah adalah nasabah bisa memilih tanggal pendebetan dari tanggal 1 sampai 28 setiap bulannya. Tanggal pendebetan akan diproses sesuai bulan jatuh tempo polis.Tanggal pendebetan juga akan diproses sesuai tanggal penerbitan polis.

Cara Cek Polis

  1. Masuk ke situs www.fwd.id
  2. Di situ, Anda bisa login dengan cara memasukkan username dan password
  3. Tunggulah beberapa saat hingga informasi tentang polis Anda muncul di layar laptop
  4. Anda akan masuk ke dalam situs PT FWD Life Indonesia karena pada Juni 2020 Commonwealth Life sudah diakuisisi oleh PT FWD Life Indonesia dan mengalami perubahan nama menjadi PT FWD Insurance Indonesia

Cara Klaim

  1. Asuransi jiwa: isilah formulir klaim. Lalu bawa beberapa dokumen seperti polis, KTP tertanggung, KTP ahli waris, sertifikat atau surat keterangan kematian, surat pemakaman, surat evakuasi jenazah, BAP polisi, laporan medis, dan dokumen lain.
  2. Asuransi kesehatan atau penyakit kritis Commonwealth Life: bawalah formulir klaim, polis asuransi, KTP tertanggung, kwitansi rumah sakit yang asli atau legalisir, laporan medis, BAP polisi, dan dokumen lainnya.

Cara Berhenti

  • Nasabah harus menghubungi pusat layanan nasabah pada satu 500-525 atau ke nomor kantor pemasaran paling dekat.
  • Nasabah harus mengisi formulir penutupan polis dan juga surat pernyataan. Buku polis dan kartu asuransi harus dikembalikan ke pihak Commonwealth Life.
  • Bawa fotokopi KTP yang masih berlaku dan bayar kewajiban yang belum selesai seperti pajak dan administrasi.
  • Tunggulah proses penutupan asuransi.

Keunggulan dan Kekurangan

Baca juga: Rekomendasi 12 Asuransi Mobil Daihatsu Terbaik di Indonesia

Keunggulan

  • Premi yang sangat murah, tetapi proteksinya maksimal.
  • Proses klaim yang sangat mudah dan cepat, bahkan bisa dilakukan lewat email.
  • Nasabah tidak harus melakukan pemeriksaan medis dan bisa membeli langsung produk asuransi secara online.
  • Tingkat solvabilitas yang tinggi akan memberikan rasa aman kepada nasabah sehingga tidak perlu khawatir apabila klaim tidak dibayarkan.

Kekurangan

  • Rekanan rumah sakit sangat terbatas sehingga sistem gesek kartu tidak akan terlalu berguna.
  • Produk syariahnya juga tidak memiliki banyak pilihan sehingga bagian komunitas muslim Indonesia tidak terlalu tertarik dengan produk mereka.
  • Pengembalian premi yang sudah dibayarkan tidak akan dikembalikan, kecuali asuransi yang terkait dengan investasi.
  • Meski Asuransi Commonwealth bisa menjual asuransi secara online, tetapi loading di situs mereka sangatlah lambat ketimbang perusahaan lainnya sehingga kredibilitas dari perusahaan ini bisa turun.

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE