27.2 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

8 Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Menghasilkan Cuan Berlimpah

JAKARTA, duniafintech.com – Ide bisnis modal kecil besar sejatinya bisa diterapkan oleh orang-orang yang terkendala permodalan. Padahal, tidak semua bisnis membutuhkan modal besar sebab memang ada bisnis modal kecil yang dapat dijalankan asalkan jeli dalam menangkap peluang.

Bisnis apa saja ya yang cocok untuk orang yang hanya perlu modal kecil, tetapi mampu menghasilkan untung besar? Inilah daftarnya.

  1. Ide Bisnis Modal Kecil: Bisnis Minuman “Bubble”

Saat ini, bisnis minuman “bubble” kian menjamur di masyarakat, mulai dari yang dibuat oleh brand terkenal hingga ke usaha rumahan. Jika Anda hanya memiliki modal terbatas, Anda tentunya bisa mencoba untuk bekerjasama dengan pihak lain yang telah memiliki franchise minuman bubble, tetapi namanya sudah lumayan terkenal di masyarakat.

Baca juga: Kenali 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Ini sebelum Meraih Kesuksesan

Kemitraan seperti ini biasanya tidak mesti mengeluarkan modal besar sebab cukup dengan 10 juta rupiah saja Anda mampu memiliki semua fasilitas yang diperlukan untuk minuman bubble sendiri.

  1. Bisnis Cuci Sepatu—Ide Bisnis Modal Kecil

Sepatu atau sneakers memang sedang menjadi tren di masyarakat, utamanya anak-anak muda. Oleh sebab itu, ada peluang buat Anda untuk membuka bisnis cuci sepatu. Meski tampak remeh, jasa cuci sepatu ini sejatinya lumayan penting bagi mereka para pecinta sepatu.

Perlu modal besar buat buka usaha ini? Tentu saja tidak! Dalam hal ini, Anda tinggal mengeluarkan modal hanya untuk membeli beberapa peralatan pencucian yang harganya lumayan murah. Perkiraan modalnya bisa mencapai sebesar 1 juta. Terjangkau, kan?

  1. Bisnis Barang Bekas

Biasanya sih menjual barang bekas acap kali dipandang remeh dan bukan dianggap bisnis yang dibilang keren. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Pasalnya, justru saat ini banyak lo anak muda yang terjun ke bisnis barang secondhand ini.

Dengan maraknya tren thrifting di kalangan anak muda, peluang usaha ini pun kian dilirik. Anda pun bisa memulainya dari menjual pakaian bekas atau produk sisa ekspor dan tentu saja dengan modal yang terjangkau.

  1. Bisnis Jasa Foto atau Video

Kalau Anda punya hobi di bidang kreatif semisal fotografi dan videografi, bisnis yang satu ini tentu akan sangat pas untuk Anda. Untuk modal yang dikeluarkan pun tentu saja tidak dalam jumlah yang besar, yakni cukup dengan modal sekitar 10 juta untuk membeli aset berupa kamera dan laptop.

Dalam hal ini, Anda bisa mulai dari kerabat terdekat atau saudara Anda terlebih dahulu, contohnya jasa foto pre-wedding atau video wedding. Tawarkanlah standar tarif yang tidak terlalu tinggi saat baru merintis bisnis ini dan kalau portofolio Anda sudah cukup banyak maka Anda bisa mulai menaikkan tarif jasa ini sedikit demi sedikit.

  1. Bisnis Makanan Ringan

Contoh berbisnis yang perputaran uangnya cepat adalah menjual makanan ringan. Setiap harinya, banyak orang yang membeli makanan ringan di warung atau bahkan di minimarket. Biasanya, makanan ringan atau camilan seperti ini sering dikonsumsi di mana saja, baik di rumah, sekolah, kampus atau bahkan kantor.

Dengan larisnya camilan ini di pasaran, itu berarti ada peluang buat Anda yang memang ingin terjun ke bisnis seperti ini. Beberapa macam makanan yang bisa Anda jual, antara lain, keripik singkong, keripik pisang, makaroni, kerupuk kulit, dan masih banyak lagi.

  1. Usaha Jasa Titip alias Jastip

Bisnis modal kecil untung besar yang bisa Anda coba adalah usaha jastip alias jasa titip. Bisnis ini adalah bisnis modal kecil untung besar yang menarik.

Untuk modal yang harus dikeluarkan pun tidak begitu besar dan keuntungan yang diperoleh dari jasa titip yang membelikan barang titipan itu. Bisnis ini memang terbilang baru di Indonesia, tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi dan media sosial, usaha jastip memang semakin diminati. 

Baca juga: Mengulik Contoh Rencana Bisnis Cafe dan Panduan untuk Menyusunnya

Jenisnya pun beragam macamnya, misalnya jasa titip dari luar negeri hingga jasa titip barang-barang di kota-kota besar di Indonesia. Biasanya, barang yang paling laris dicari untuk dititip belikan mencakup kosmetik, makanan, furniture, pakaian, atau juga mainan anak.

  1. Dropshipper

Kalau Anda ingin untuk menggunakan dana yang ada untuk menjaga aspek maintenance pada bisnis Anda maka menjadi dropshipper barangkali dapat menjadi pilihan menarik untuk memulai bisnis modal kecil yang Anda akan jalani di masa pandemi ini.

Adapun sebagai dropshipper, Anda akan berperan menjadi seorang penjual sekaligus pembeli suatu produk. Sifatnya adalah Anda membeli sesuatu berdasarkan pesanan pelanggan Anda. 

Dalam bisnis modal kecil untung besar ini, yang Anda perlukan hanyalah supplier produk atau informasi produk yang dapat dibagikan kepada para pelanggan setia Anda. Kemudian, Anda hanya perlu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier produk tersebut.

  1. Bisnis Kaos Pre Order

Memang, industri fashion selalu berkembang dan tidak pernah mati sehingga lini usaha ini dapat menjadi salah satu ide bisnis modal kecil untung besar. Akan tetapi, membuka bisnis pakaian membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Baca juga: Serba-serbi Rencana Bisnis Makanan: Isi dan Contoh hingga Cara Membuatnya

Nah, kalau Anda ingin memulai bisnis pakaian kecil-kecilan maka Anda bisa memulai dengan membuka bisnis berjualan kaos secara pre order. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa memulai mengembangkan bisnis kaos pre order.

Dengan sistem pre order kaos atau busana nantinya hanya bakal diproduksi kalau terdapat pesanan/pemesan yang berminat membeli. Untuk memperkecil biaya produksi, Anda dapat menetapkan batas minimal pemesanan untuk dapat naik produksi.

Demikianlah beberapa ide bisnis modal kecil yang bisa menghasilkan cuan berlimpah buat Anda. Tertarik untuk mencobanya sekarang juga?

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Buka Tabungan BCA Dollar Terbaru dan Daftar Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara buka Tabungan BCA Dollar berikut ini penting diketahui jika kamu memang tertarik dengan jenis tabungan yang satu ini. Sebagaimana diketahui, BCA...

OJK Keluarkan 671 Sanksi Kepada Pelaku Pasar Modal

JAKARTA, duniafintech.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkapkan sebanyak 671 surat sanksi, serta selain itu, OJK juga menerbitkan 12...

OJK Akui Minimnya Pengetahuan Perempuan Soal Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat jarak tingkat literasi keuangan digital antara perempuan dan laki-laki. Perempuan merupakan sektor yang membutuhkan perhatian...

Mendag Harapkan Harga Mie Instan Tidak Naik

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Zaini, mengharapkan kenaikan harga gandum tidak membuat harga mie ataupun mie instan menjadi naik. Hal itu disebabkan...

Malacca Trust Insurance: Profil Lengkap hingga Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Malacca Trust Insurance merupakan adalah perusahaan asuransi umum yang lumayan terkenal di kalangan masyarakat. Perusahaan ini berdiri dengan nama PT Malacca Trust...
LANGUAGE