30.1 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Patut Dicoba, Inilah Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera

JAKARTA, duniafintech.com – Bagaimana cara menutup polis Asuransi Bumiputera? Sebagaimana jamak diketahui, AJB Bumiputera adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini bahkan masih menjadi perusahaan asuransi jiwa nasional terbesar di Indonesia.

Lain dengan perusahaan berbentuk PT yang kepemilikannya hanya oleh pemodal tertentu, Bumiputera sejak awal keberadaannya telah menganut sistem kepemilikan dan kepengurusan yang unik, yaitu badan usaha mutual atau usaha bersama.

Dalam arti, pemegang perusahaan adalah semua orang yang menjadi pemegang polis yang kemudian mempercayakan wakil-wakil mereka di Badan Perwakilan Anggota (BPA) untuk mengawasi jalannya perusahaan.

Adapun salah satu produk unggulan Bumiputera, yakni asuransi pendidikan mitra beasiswa. Produk ini mampu memberikan jaminan pembiayaan pendidikan anak yang dapat dimulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Ketika orangtua memilih produk asuransi ini, mereka mempersiapkan dana pendidikan untuk anak tercinta mereka sehingga biaya pendidikan dirasa tidak lagi menjadi beban karena sudah diserahkan pada pihak yang tepat yang akan mengcover kebutuhan pendidikan anak mereka. Di samping itu, ada juga santunan tunai jika tertanggung meninggal dunia.

Baca juga: Gampang Banget! Ternyata Begini Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA

Di lain sisi, dua asuransi tambahan atau rider yang juga merupakan produk unggulan Bumiputera, yakni Bumiputera Proteksi Dini Critical Illness atau BP PDCI dan Bumiputera Additional Critical Illness atau BP ACI.

Sejalan dengan namanya, kedua produk tersebut hadir dengan manfaat yang sama yaitu perlindungan dari risiko penyakit kritis. Yang membedakan adalah manfaat dari BP PDCI akan nasabah dapatkan sesuai dengan stadium penyakit kritis yang mereka derita. Sedangkan BP ACI memberikan manfaat pada nasabah yang menderita penyakit kritis dengan stadium lanjut.

Bukan hanya memberikan manfaat pertanggungan, BP PDCI dan BP ACI pun menawarkan manfaat konsultasi dengan dokter spesialis terbaik di dunia. Manfaat tersebut bisa nasabah dapatkan dengan pelayanan best doctor yang mereka bisa akses baik melalui telepon maupun via email.

Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera

Adakalanya sulit untuk meraih kepercayaan, apalagi di industri asuransi, sehingga pemegang polis bisa saja memutuskan untuk menutup asuransi mereka. Ketika menawarkan produk asuransi, seharusnya agen atau pegawai asuransi memang memberikan informasi detail soal cara mendaftar dan juga cara menutup polis asuransi pendidikan bumiputera.

Baca juga: Mengulik Asuransi Jiwa Seumur Hidup: Definisi sampai Fiturnya

Lebih jauh, nasabah berhak mendapatkan panduan hingga mereka terbebas dari masalah asuransi. Namun, ada banyak alasan di balik keputusan nasabah menghentikan polis mereka. Oleh sebab itu, hal ini memang tidak bisa dilihat hanya dari satu sisi.

Ada dua cara untuk menutup polis AJB. Pertama, datang ke kantor cabang terdekat dan kedua, via email. Berikut ini caranya.

  1. Melalui Kantor Cabang

Bumiputera, sebagai sebuah perusahaan asuransi yang besar, tentunya punya banyak kantor cabang. Hal itu akan mempermudah niat Anda untuk segera menutup polis asuransi ini. Anda pun dapat memilih kantor cabang mana saja yang paling dekat dengan tempat tinggal atau tempat kamu bekerja sehingga tidak perlu waktu lama untuk bisa datang ke kantor cabang Bumiputera.

Konsultasikan dengan pegawai asuransi mengenai prosedur penutupan polis. Di samping itu, Anda pun dapat mengecek saldo asuransi di situ. Kalau informasi yang diberikan sudah detail dan Anda memahami setiap prosesnya hingga berapa lama pencairan dana asuransi Bumiputera, Anda bisa mengikuti semua prosedur penutupan polis.

  1. Via Email

Bukan hanya dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat, Anda juga bisa menutup polis asuransi Bumiputera via email. Untuk kebanyakan orang, cara ini dinilai lebih efisien sebab mereka tidak perlu datang ke kantor cabang Bumiputera.

Tentunya, Anda dapat memilih cara yang paling nyaman dan memudahkan untuk segera menutup polis asuransi tentunya. Untuk bisa menutup polis via email, Anda harus terlebih dahulu mengetahui alamat email Bumiputera yang khusus dalam pelayanan penutupan polis.

Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera: Prosedur dan Dokumennya

Di luar sejumlah alasan Anda menutup polis asuransi Bumiputera, terdapat banyak hal yang harus kamu tahu dan pertimbangkan. Kalau penutupan dilakukan sebelum waktunya, barangkali akan ada denda yang mesti Anda tanggung.

Sama seperti ketika membeli asuransi dan mengajukan klaim, ada prosedur yang mesti Anda jalankan sewaktu ingin menutup polis. Anda pun tidak bisa sesuka hati untuk berhenti membayar premi tanpa mengajukan penutupan.

Jika tidak mengikuti langkah-langkah dan syarat penutupan polis, Anda tidak bisa mengharapkan pengembalian premi. Inilah prosedur yang harus Anda jalani.

  1. Mendatangi Pihak Asuransi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu harus datang ke kantor cabang Bumiputera untuk keperluan penutupan polis. Dengan kata lain, kamu harus mendatangi pihak asuransi. Utarakan keinginan untuk menutup polis agar mereka bisa segera memproses permintaan Anda.

Namun, kalau Anda Anda pun dapat menghubungi mereka melalui telepon atau email maka Anda tidak perlu datang ke kantor cabang. Karena penutupan polis juga bisa dilakukan via email jika Anda sudah tahu prosedur dan caranya.

  1. Pastikan Mengisi Dokumen dan Melengkapi Persyaratan

Untuk menutup polis Anda, perusahaan harus memastikan kelengkapan dokumen dan persyaratan. Ada dokumen yang berisi pernyataan penutupan polis dan Anda harus melakukannya dengan sadar tanpa ada paksaan dari pihak mana saja.

Kalau ada poin dari dokumen yang kurang dimengerti, jangan ragu untuk bertanya pada petugas. Untuk persyaratan yang harus dilengkapi, yakni;

  • Kartu Identitas asli dan fotokopi
  • Fotokopi buku tabungan berbeda dengan rekening pendebetan
  • Semua berkas asuransi termasuk kartu polis dan akad
  1. Tunggu Pengembalian Sisa Dana

Memang tidak dapat dimungkiri bahwa Anda berharap ada dana yang bakal dikembalikan usai menutup polis asuransi. Sesuai dengan perhitungan dan keputusan pihak penyedia asuransi, dana tentu tidak bisa kembali utuh. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami hal ini saat bersedia membeli polis asuransi jenis tertentu.

Baca juga: Rekomendasi 12 Asuransi Mobil Daihatsu Terbaik di Indonesia

Tunggulah sampai perusahaan mengirim sida dana premi ke rekening Anda setelah dokumen dan persyaratan dipenuhi dan petugas memproses permintaan penutupan polis yang Anda ajukan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menutup polis asuransi bumiputera yang patut Anda coba. Namun, sebelum mengambil langkah ini, sebaiknya pertimbangkan kembali niat Anda tersebut ya!

 

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE