32.1 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

BCA Sekuritas: Cara Daftar, Syarat hingga Biaya Jual Beli Sahamnya

JAKARTA, duniafintech.com – BCA Sekuritas merupakan salah satu perusahaan broker saham terpercaya yang ada di Indonesia dan operasionalnya pun sudah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, perusahaan broker saham ini juga merupakan anak usaha dari BCA.

Adapun kegiatan usahanya di pasar modal juga tidak hanya untuk melayani transaksi jual saham untuk para investor, tapi juga membuka jasa lain yang nantinya akan Anda ketahui seperti di bawah ini.

Sekilas Tentang BCA Sekuritas

Perusahaan broker saham ini dulunya memiliki nama PT Dinamika Usaha Jaya dan pertama kali berdiri pada tahun 1990. BCA mengakuisisi saham dari PT Dinamika Usaha Jaya pada tahun 2012 karena melihat geliat pasar modal yang semakin lama semakin meningkat transaksinya. Ternyata benar adanya, bahwa sekarang ini semakin banyak orang yang mulai masuk pasar saham untuk melakukan investasi. 

Saat itu, BCA memang bermaksud untuk mendirikan sebuah perusahaan sekuritas yang menjadi anak perusahaannya. Hal ini merupakan langkah tepat dari salah satu bank swasta ini untuk mengakuisisi PT Dinamika Usaha Jaya yang sejak awal memang berfokus pada perdagangan efek. BCA jadi tidak perlu mendirikan perusahaan sekuritas dari awal.

Lalu, jika memang Anda menyadarinya, sekarang kebanyakan dari bank-bank besar yang ada di Indonesia memiliki anak perusahaan yang bergerak di perdagangan efek. Kebanyakan dari bank-bank itu juga melakukan akuisisi pada beberapa perusahaan sekuritas yang sudah ada sebelumnya. 

Fokus Usaha

Perusahaan sekuritas satu ini tidak hanya bergerak di trading saham untuk individu saja, tapi juga memiliki usaha lain berupa penyedia jasa equity underwriting, equity capital market, debt capital market, riset, brokerage untuk institusi atau nasabah premium, dan pembiayaan perusahaan.

Jenis usahanya yang cukup banyak ini, tentunya membuat kredibilitas perusahaan sekuritas dari BCA tidak perlu diragukan lagi. Apalagi BCA juga termasuk sebagai bank terbesar yang ada di Indonesia. 

Kantor pusat perusahaan sekuritas ini berada di Menara BCA, Grand Indonesia 41st Floor Jalan MH. Thamrin No.1. DKI Jakarta – 10310. Sekuritas ini juga tidak punya cabang di kota lainnya, jadi mereka hanya memiliki kantor pusat yang bisa kamu kunjungi.

Namun, kamu juga tidak perlu khawatir. Jika ingin mendaftar menjadi seorang investor individu, kamu pun tetap bisa melakukannya tanpa harus berkunjung ke kantor utamanya. Jadi, hal ini tentu tidak akan merepotkan bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi investor individu.

Syarat dan Cara Daftar BCA Sekuritas untuk Buka Akun Saham Online

Bagi Anda yang ingin investasi saham di perusahaan ini, tentu sangat bisa karena siapa saja diperbolehkan untuk mendaftar asalkan dapat mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan, antara lain:

  • Menyediakan KTP asli.
  • Menyiapkan NPWP.
  • Memiliki alamat email yang aktif.
  • Menyiapkan setoran awal Rp3.000.000 untuk akun online. Maksudnya adalah yang mendaftar secara online.  
  • Menyiapkan setoran awal Rp25.000.000 untuk akun offline atau transaksi lewat sales.
  • Fee beli saham 0,18%
  • Fee jual saham 0,28%.
  • Untuk daftar online kamu wajib punya rekening tabungan BCA. Jangan lupa siapkan scan bagian depan tabungan BCA milikmu.
  • Trading saham dapat dilakukan di beberapa platform berikut ini:
    • Untuk PC gunakan situs BEST.
    • Untuk HP Android dan iOS BCA BEST Mobile 2.0.

Setelah memenuhi semua syarat dan ketentuannya, sekarang Anda sudah saatnya kamu membuka akun online. Mengapa harus akun online yang dibahas di sini? Alasannya adalah karena proses pendaftarannya jauh lebih mudah, dan fitur akun online yang saat ini paling banyak digunakan oleh nasabah sekuritas BCA. Seperti ini langkah-langkah pendaftarannya, yakni:

  • Unduh aplikasi BCA Best di ponsel pintarmu.
  • Nanti kamu akan disambut dengan menu login. Di bagian bawah kamu akan menemukan pilihan membuat AKUN BARU. Klik bagian itu.
  • Lalu, kamu akan diminta untuk mengisi passcode. Tidak perlu bingung. Kamu bisa langsung menghubungi nomor yang tertera di sana untuk mendapatkan passcode-nya. 
  • Kemudian kamu harus menjawab beberapa pertanyaan. Jawab yang sejujurnya.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran untuk membuka rekening efek individu.
  • Kamu bisa membaca dulu beberapa ketentuan yang dijelaskan di depan layar ponselmu nanti.
  • Setelah itu barulah kamu mengisi data di formulir yang tersedia dengan data yang sebenar-benarnya.
  • Nanti juga kamu diwajibkan mengisi nama ahli waris. Bagian ini tidak wajib diisi tapi jika kamu ingin mengisinya diperbolehkan. 
  • Kemudian kamu akan diarahkan untuk memilih bertransaksi penuh dengan online trading atau bertransaksi dengan sales dan online trading.
  • Jika ingin bertransaksi penuh dengan online trading itu tidak masalah. Berarti tidak ada biaya lebih untuk sales.
  • Setelah itu kamu diminta membubuhi tanda tangan digital dan paraf.
  • Kemudian kamu akan diminta mengisi jawaban dari pertanyaan yang diajukan di aplikasi ini. Jawab saja dengan sejujurnya.
  • Lalu, kamu tinggal mengklik persetujuan, dan mengklik captcha. Setelah itu klik SUBMIT.

Setelah ini apabila semua formulir pendaftaran sudah disetujui, maka kamu akan mendapatkan email dari BCA sekuritas yang berisi akun saham online milikmu sedang diproses. Biasanya pendaftaran melalui online ini prosesnya juga cukup cepat. Hanya sehari, maka RDN (Rekening Dana Nasabah) milikmu pun selesai, sehingga bisa langsung di top up.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Saham Online BEST

Keuntungan yang didapatkan oleh investor ketika menggunakan aplikasi saham online BEST adalah tampilannya yang user friendly. Kamu yang baru pertama kali menggunakannya pasti bisa langsung paham. Lalu, besaran fee atau biaya transaksinya juga termasuk lebih murah sehingga tidak menguras kantong.

Cara daftarnya pun juga sangat mudah, dan Anda tidak perlu langsung datang ke kantornya. Semuanya bisa selesai hanya dengan memanfaatkan aplikasi BEST yang dapat diunduh secara gratis. 

 

 

Penulis: Kontributor / Muhamad Raihan Muarif

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU