28.6 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Cara Dropship di Shopee Terlengkap dan Termudah, Simak Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara dropship di Shopee sangat penting diketahui oleh para pengguna platform e-commerce populer yang satu ini.

Bagi kamu yang bingung ingin berjualan apa dan tidak punya produk, saat ini kamu bisa kok mulai jualan online dengan cara dropship.

Adapun dropship adalah menjualkan barang milik orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Maka dari itu, menjadi dropshipper terbilang sangatlah minim modal.

Dalam hal ini, dropshipper akan memasarkan dan menjual barang milik pihak ketiga meski keuntungan yang diperoleh kecil, yakni sekitar Rp10.000 per produk yang terjual.

Meski demikian, banyak sekali lho penggiat dropship yang mampu meraup penghasilan mulai dari jutaan hingga puluhan juta per bulan.

Nah, untuk mengetahui cara melakukannya di Shopee, simak yuk ulasan berikut ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Cara Melunasi Shopee PayLater Sekaligus dengan 7 Langkah Mudah Ini

Cara Dropship di Shopee

1. Buat Akun Shopee

  • Pertama, unduh aplikasi Shopee di Play Store atau App Store. Kamu juga bisa unduh via website shopee.co.id
  • Tekan menu “Daftar” (jika belum punya akun)
  • Masukkan nomor telepon atau email kamu lalu buat password
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS atau email ke kolom yang ada di aplikasi Shopee
  • Selesai! Akun Shopee kamu sudah jadi dan bisa digunakan

Dengan memiliki akun Shopee, kamu bisa membeli produk dan mencari supplier yang tepat untuk memulai bisnis dropship.

2. Menentukan Produk Jualan sebagai Cara Dropship di Shopee

Selanjutnya, kamu bisa menentukan produk jualan dengan beberapa hal berikut:

  • Sebaiknya produk memiliki nilai jual yang tinggi (banyak peminatnya)
  • Seberapa banyak pesaing yang menjual produk tersebut
  • Berapa harga pasaran produk tersebut, apakah masih bisa mendapatkan keuntungan
  • Produk yang memiliki ulasan positif dari pembeli
  • Pilih produk Original (opsional)

Lazimnya, produk dengan pencarian tinggi adalah barang yang dibutuhkan sehari-hari.

3. Cari Supplier yang Tepat sebagai Cara Dropship di Shopee

Tentunya, mendapatkan supplier yang tepat untuk dijadikan partner dropship kamu adalah hal yang sangat penting sebab ini menjadi salah satu faktor keberhasilan jualan nantinya.

Inilah beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam menentukan supplier:

  • Supplier memiliki beragam produk dalam satu kategori
  • Supplier merupakan tangan pertama dari produk (kalau bisa)
  • Memberikan harga produk termurah dibandingkan yang lainnya
  • Memiliki produk yang berkualitas
  • Rating toko di Shopee sudah tinggi atau dengan label Star Seller bisa juga Mall

Nah, untuk memastikan hal itu, sebaiknya kamu menghubungi supplier yang sudah ditemukan. Lalu, beri tahu kepada mereka bahwa kamu ingin menjadi dropshipper dari produknya.

Kemudian, ajukan pertanyaan terkait persyaratan atau prosedur menjadi dropshipper. Kalau sudah sepakat maka langkah berikutnya, yakni mulai menjajakan produk tersebut.

4. Mulai Menjual Produk Dropship

Saat produk serta supplier telah didapatkan, selanjutnya kamu bisa memulai penjualan atas produk tersebut di berbagai macam tempat, misalnya di:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Facebook
  • Instagram
  • Website/Toko Online milik sendiri
  • Dan lain sebagainya

Kamu bisa menggunakan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Misalnya, gunakan copywriting untuk deskripsi dan gambar yang unik, menarik, dan berkualitas.

Kalau kamu mendapatkan pembeli dari berjualan di berbagai macam platform seperti yang disebutkan tadi maka langkah selanjutnya adalah kamu melakukan order atau pembelian produk yang dipesan oleh pelanggan tersebut di Shopee, tepatnya pada etalase toko supplier milikmu.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Shopee untuk Pengguna Baru dan Syaratnya

Cara Pembelian Produk di Supplier Shopee

  • Pertama, buka aplikasi Shopee
  • Masuk ke halaman etalase produk supplier
  • Pilih produk yang akan dibeli
  • Lakukan pembelian dengan cara tekan tombol “Beli Sekarang”
  • Pada halaman Keranjang Saya. Kalau kamu punya Voucher Shopee pembelian maka itu bisa juga untuk digunakan. Selanjutnya, tekan tombol “Checkout”
  • Kemudian, masuk ke menu “Alamat Pengiriman”. Pilih “Tambah Alamat Baru” (masukan alamat pembeli kamu). Jika sudah maka tekan tombol “Kirim”. Jangan lupa pilih alamat yang barusan dibuat
  • Masuk halaman Opsi Pengiriman. Silakan pilih kurir yang sesuai dengan permintaan pembeli kamu. Jika sudah maka tekan tombol “Konfirmasi”.
  • Buat pesan untuk supplier
  • Masukan Voucher (jika ada)
  • Silakan Tukar Koin Shopee (jika ada)
  • Selanjutnya, pilih Metode Pembayaran. Jika sudah maka tekan tombol “Konfirmasi”
  • Satu ini yang paling penting, yaitu mengaktifkan “Kirim sebagai Dropshipper”, kemudian masukan Nama Pengirim = nama kamu/toko dan nomor telepon pengirim
  • Langkah selanjutnya adalah tekan tombol “Buat Pesanan”, kemudian ikuti instruksi pembayaran hingga selesai seperti pembelian biasanya di Shopee

Cara Dropship dari Shopee ke Shopee

Apakah bisa cara jualan dengan sistem dropship dari Shopee ke Shopee? Banyak yang bilang bahwa hal itu tidak bisa dilakukan lantaran adanya resi otomatis dan tidak dapat menginputkan dua kali nomor resi pengiriman.

Misalkan kamu membuka toko di Shopee lalu mendapatkan orderan. Nah, secara otomatis, pesanan itu sudah ada resinya.

Lantaran barang yang kamu jual adalah produk dropship di Shopee, kamu melakukan pembelian produk itu di supplier yang ada di Shopee.

Orderan yang kamu lakukan terhadap supplier juga akan mendapatkan nomor resi otomatis. Itu berarti, kamu sudah punya dua resi dan itu baru satu penjualan.

Bagaimana jika lebih? Pastinya, itu akan sangat menyulitkan bukan. Sebenarnya, ada cara untuk mengatasi hal ini, yakni kerja sama dengan supplier untuk melakukan transaksi di luar Shopee.

Akan tetapi, cara itu tidak direkomendasikan lantaran di luar tanggung jawab Shopee yang akan banyak risikonya. Dalam hal ini, akan lebih baik kalau kamu ingin berjualan di Shopee menggunakan produk di luar marketplace yang satu ini.

Cara Dropship di Shopee

Tips Ampuh Dropship Di Shopee

  1. Jual Produk Terlaris

Di Shopee atau marketplace lainnya, tersedia fitur daftar Produk Terlaris dan kamu bisa jual produk itu karena sudah pasti banyak peminatnya.

Lagi pula, banyak dari pembeli mengunjungi halaman produk terlaris dan kemudian melakukan pembelian.

Kalau kamu bingung ingin menjual apa maka kamu bisa lihat produk terlaris tersebut atau bisa juga di halaman Pencarian Populer yang ada di Shopee.

Lalu carilah produk yang paling murah saat kamu sudah tau ingin menjual apa. Misalnya, menjual Masker Kesehatan:

Nantinya, setelah mendapatkan harga termurah, kamu bisa menjualnya kembali dengan menaikan harga setidaknya dengan keuntungan Rp10.000.

Jangan menjual terlalu murah yang menyebabkan kamu menjadi rugi. Sebaiknya, lakukan riset harga pasaran sebelum mulai berjualan.

  1. Supplier Berlokasi yang Sama

Carilah supplier yang lokasinya sama dengan toko online yang kamu kelola. Hal itu untuk meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh ongkos kirim.

Untuk mencarinya, kamu bisa menggunakan fitur FILTER yang ada di Shopee. Dapatkan penjual yang masih dalam satu kota dengan toko online kamu atau bisa juga jika sudah mendapatkan supplier yang tepat, ubah lokasi bisnis sesuai dengan lokasi supplier.

  1. Promosikan Jualan

Sangat penting untuk melakukan promosi apalagi baru mulai jualan. Dengan promosi, akan banyak orang yang akan tahun bisnis kamu dan hal itu membuat jualan akan cepat laku.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam fitur menarik di marketplace tempat berjualan, misalnya gratis ongkir, voucher diskon/cashback, COD, dan sebagainya.

Di samping itu, kamu bisa menggunakan fitur iklan sebagai media pemasaran. Berbagai marketplace pun memilikinya. Bisa juga kamu beriklan di sosial media, seperti Facebook dan Instagram.

  1. Siapkan Modal

Meski dropship hanya menjualkan barang milik orang lain, tetapi ada beberapa hal  yang perlu diingat.

Kalau kamu menjual di sosial media atau toko online lainnya maka kamu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu setiap pembelian produk supplier di Shopee.

Pasalnya, dana akan diterima penjual saat produk sudah sampai ke pembeli. Belum lagi kalau kamu menggunakan fitur iklan maka tentunya hal itu memerlukan biaya jika ingin iklan yang dibuat ditayangkan.

Baca juga: Drop Point Shopee Express, Apa Itu? Intip Yuk Cara Kerjanya

Sekian ulasan tentang cara dropship di Shopee yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE