26 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Cara Pinjam Uang di Shopee untuk Pengguna Baru dan Syaratnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pinjam uang di Shopee serta persyaratannya sangat penting diketahui, terutama oleh para pengguna baru.

DI samping layanan keuangan (ShopeePay) dan beli sekarang bayar nanti (SPayLater), saat ini Shopee pun menyediakan layanan pinjaman online melalui fitur SPinjam.

Bagi kamu yang ingin tahu cara dan syarat pinjam uang lewat fitur SPinjam ini, simak panduan selengkapnya di bawah ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Drop Point Shopee Express, Apa Itu? Intip Yuk Cara Kerjanya

Bisakah Pinjam Uang di Shopee?

Jawabannya, tentu saja bisa! Pasalnya, saat ini sudah tersedia layanan pinjam uang secara online bagi pengguna Shopee melalui fitur SPinjam.

SPinjam merupakan sebuah fitur yang menyediakan layanan pinjam tunai online bagi pengguna ShopeePay. Kelebihan SPinjam, di antaranya menawarkan bunga rendah, cicilan bulanan dan proses pengajuan yang mudah.

SPinjam tersedia dalam 4 pilihan cicilan, yakni dalam tenor 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Namun, fitur ini belum tersedia untuk semua pengguna Shopee ya. Fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna terpilih Shopee dan yang sudah telah mengaktifkannya di dompet digital Shopee mereka.

Sebagai informasi saja, SPInjam menjadi salah satu produk resmi Shopee di bawah pengelolaan PT Lentera Dana Nusantara, di samping ShopeePay dan SPayLater.

Selain sudah resmi, fitur ini pun telah terdaftar di OJK dan memperoleh jaminan keamanan dari lembaga tersebut. Cara menggunakannya pun tidak jauh berbeda dengan cara pinjam uang di Shopee PayLater meski ada sedikit perbedaan pada prosedur pembayarannya.

Nah, sebelum meminjam uang di SPinjam, pengguna haruslah mengaktifkannya terlebih dahulu. Hal itu karena fitur ini tidak akan muncul di akun Shopee kalau belum diaktifkan.

Cara Memunculkan SPinjam di Shopee

Untuk mengaktifkan fitur ini, persiapkanlah nomor HP ShopeePay, nomor HP cadangan, rekening, bank, dan kartu identitas berupa KTP. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Shopee, lakukan login dengan username dan password.
  2. Di bagian Beranda, klik menu Saya.
  3. Cari dan klik menu SPinjam > pilih Aktifkan Sekarang.
  4. Akan muncul 6 digit kode, masukkan kode OTP untuk verifikasi > pilih Lanjut.
  5. Apabila kamu pengguna baru maka silakan unggah foto KTP dan masukkan data kartu identitas pada kolom yang tersedia. Kalau sebelumnya kamu sudah daftar SPayLater maka periksa lagi data dan KTP yang muncul di layar.
  6. Berikutnya, lengkapi Informasi Tambahan > Konfirmasi. Untuk nomor HP, gunakan tambahan +62 atau 62 bukan 0 sebagai awalan.
  7. Periksa semua data dan pastikan sudah benar.
  8. Selanjutnya, lakukan verifikasi wajah dengan menekan tombol Mulai Verifikasi Wajah. Arahkan kamera ke wajah, sesuaikan posisi dengan layar yang tersedia, lalu klik di bagian tengah. Pada saat verifikasi wajah, pastikan dalam kondisi terang dan tidak blur.
  9. Selesai! Sesudah verifikasi wajah sukses, maka proses pengajuan aktivasi SPinjam akan segera diproses.

Syarat Terkait Cara Pinjam Uang di Shopee

Kalau aktivasi fitur SPinjam sudah berhasil maka sebetulnya kamu bisa langsung meminjam uang secara online di Shopee.

Namun, perlu diingat bahwa kamu harus tahu terlebih dahulu syarat Shopee Pinjam dan prosedur pembayarannya supaya tidak bingung.

Inilah sejumlah syarat cara pinjam uang di SPinjam:

  • Melakukan aktivasi fitur SPinjam bagi pengguna terpilih
  • Tidak mempunyai riwayat keterlambatan pembayaran di SPayLater atau SPinjam
  • Wajib aktivasi ShopeePay terlebih dahulu
  • Biaya cicilan bulanan adalah mulai dari 1,95%
  • Biaya penanganan sebesar 3% per transaksi
  • Cicilan tersedia untuk tenor 2, 3, 6, dan 12 bulan

Cara Pinjam Uang di Shopee

Cara Pinjam Uang di Shopee

Adapun cara pinjam uang di SPinjam ini sangatlah mudah. Langkahnya pun tidak jauh berbeda dengan cara pinjam uang di SPayLater untuk bayar nanti.

Namun, sebelum meminjam uang, pastikan bahwa kamu sudah mengaktivasi fiturnya dan memenuhi persyaratan tadi ya. Kalau sudah maka silakan ikuti langkah berikut ini:

Baca juga: Shopee PayLater tidak Bisa Digunakan? Begini Solusinya Mengatasinya

  1. Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan password
  2. Di halaman Beranda, klik menu Saya > pilih SPinjam > Ajukan
  3. Di halaman Ajukan Pinjaman, atur Jumlah Pinjaman dengan cara menggeser kursor sesuai nominal yang kamu inginkan
  4. Selanjutnya, pilih Durasi Pinjaman, tersedia pilihan 2 , 3,  6 , 12 bulan, lalu klik salah satu
  5. Atur Rekening Bank yang dipakai untuk menerima dana pinjaman dari Shopee
  6. Jika belum ada rekening, klik Tambahkan Rekening Bank, lalu masukkan nama dan nomor rekening bank tujuan > klik Lanjutkan
  7. Periksa seluruh data yang tampil, pastikan sudah benar dan sesuai. Apabila tampil notifikasi di layar maka klik Lanjutkan
  8. Akan tampil detail pengajuan pinjaman disertai biaya cicilan + penanganan, klik Ajukan Sekarang untuk mengajukan pinjaman online ke Shopee
  9. Lakukan konfirmasi pengajuan dengan menginput 6 digit PIN ShopeePay
  10. Selesai! Proses pengajuan pinjaman online akan segera diproses dan tunggu hingga muncul notifikasi Pengajuan Berhasil

Usai mendapati notifikasi pengajuan berhasil, Shopee akan secara otomatis mengirimkan dana sesuai pengajuan ke nomor rekening yang sudah kamu input tadi.

Silakan kamu perhatikan berapa nominal cicilan bulanan dan tanggal jatuh tempo pembayarannya. Informasinya dapat dilihat di detail transaksi.

Bisakah Shopee Pinjam Dicairkan?

Tentu saja bisa ya! Adapun fitur SPinjam ini memang menjadi salah satu layanan pinjaman online Shopee yang dapat ditunaikan/dicairkan.

Dengan mengaktifkan SPinjam, kamu dapat memperoleh dana darurat yang dapat langsung cair.

Lain dari PayLater yang hanya bisa dipakai untuk transaksi Shopee, dana dari SPinjam ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk pencairan uang.

Nah, untuk mencairkan dana SPinjam, kamu tinggal menarik uang yang dikirimkan Shopee ke nomor rekening yang digunakan untuk pinjam uang.

Lama Pencairan SPinjam

Untuk proses pencairan dana Shopee Pinjam ini berbeda-beda. Adapun untuk pengiriman ke bank BCA, Mandiri dan BRI, pencairan dana bisa segera/instan.

Sementara itu, untuk bank BNI dan bank yang belum terverifikasi, nantinya akan memerlukan waktu maksimal 2 hari kerja.

Kemudian, pencairan untuk bank lain, baik yang sudah terverifikasi maupun belum, akan membutuhkan waktu lebih lama, yakni maksimal 7 hari kerja.

Penyebab Shopee Pinjam tidak Tersedia 

Seperti sudah disinggung tadi, fitur SPinjam ini hanya tersedia bagi pengguna terpilih. Dengan demikian, kalau di akun kamu belum ada fitur ini maka artinya kamu belum memenuhi kriteria sebagai pengguna SPinjam.

Di samping itu, Shopee pun biasanya akan memberlakukan regulasi berbeda-beda di setiap wilayah. Artinya, bisa saja wilayah domisili kamu memang belum masuk daftar lokasi yang mencakup SPinjam.

Selayaknya Shopee Food, SPinjam ini tidak tersedia di seluruh daerah. Pasalnya, ada kendala pada aturan pinjaman konvensional yang berbeda-beda di tiap wilayah.

Sekian ulasan tentang cara pinjam uang di Shopee yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Mengatasi Kode OTP Shopee tidak Masuk: Logout hingga Hubungi Call Center

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE