25 C
Jakarta
Sabtu, 28 Januari, 2023

Shopee PayLater tidak Bisa Digunakan? Begini Solusinya Mengatasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Shopee PayLater tidak bisa digunakan dan kamu bingung kenapa hal itu bisa terjadi? Temukan jawabannya di sini.

Adakalanya Shopee PayLater tidak dapat digunakan untuk membeli pulsa, padahal sudah aktif dan saldo cukup.

Tenang, jangan panik dulu ya! Di sini, kamu akan tahu solusi mengatasinya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: HP 1 Jutaan Cicilan 0% Bisa Pakai Shopee Paylater: Tecno Spark 9T

Apa Itu Shopee PayLater?

Sebagai pengingat saja, Shopee PayLater adalah fitur pinjaman/kredit online milik ShopeePay yang saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat.

Fitur yang satu ini menyediakan layanan pinjaman yang mudah, cepat, dan tanpa syarat. Di sini, tersedia tiga metode cicilan, mulai dari cicilan 3 bulan, 6 bulan, sampai dengan 12 bulan.

Pada dasarnya, fitur SPayLater ini dapat langsung digunakan setelah diaktifkan. Perlu diketahui, inilah syarat menggunakan SPaLater:

  • Saat akun ShopeePay sudah terdaftar dan terverifikasi
  • Akun minimal berumur 3 bulan
  • Dipakai rutin untuk bertransaksi di Shopee

Kalau kamu sudah memenuhi syarat di atas, kamu bisa mengaktifkan dengan cara mendaftar Shopee PayLater melalui aplikasi resmi.

Nantinya, secara otomatis fitur tersebut sudah bisa kamu gunakan untuk bertransaksi di Shopee dan bayar nanti.

Penggunaan Shopee PayLater

Layanan SPayLater ini tidak bisa digunakan untuk membayar semua produk yang tersedia di Shopee.

Nah, sebagai metode pembayaran instan dengan cara cicilan, SPayLater hanya berlaku untuk produk Shopee tertentu, yakni:

  • Elektronik
  • Fashion
  • Peralatan Rumah Tangga
  • Makanan
  • Dan sejenisnya

Di lain sisi, Shopee PayLater juga tidak berlaku untuk pembayaran produk semacam pulsa, voucher, dan tagihan, baik tagihan PLN, PDAM, dan sejenisnya.

Maka dari itu, jangan bingung kalau tidak bisa menggunakan SPayLater untuk beli paket data atau untuk beli token listrik sebab memang sudah aturannya begitu.

SPayLater Bisa Digunakan di Semua Toko?

Bukan hanya berlaku untuk pembayaran produk tertentu, fitur cicilan instan SPayLater ini pun tidak tersedia di beberapa toko.

Kamu pastinya pernah mendapati SPayLater tidak bisa digunakan di toko tertentu. Hal itu wajar karena memang ada beberapa toko yang memang tidak mengaktifkan metode pembayaran ini.

Maka dari itu, solusi terbaiknya adalah dengan mencari toko lain yang menyediakan fitur paylater.

shopee paylater tidak bisa digunakan

Masalah dan Penyebab Shopee PayLater tidak Bisa Digunakan

Saat menggunakan fitur Shopee PayLater, adakalanya sejumlah pengguna sempat mengalami kendala atau masalah.

Lazimnya, masalah itu terjadi ketika menggunakan metode pembayaran paylater atau cara membayar Shopee PayLater. Inilah beberapa masalah yang paling sering terjadi di kalangan pengguna baru.

1. Tidak bisa login ke halaman Shopee PayLater – Shopee PayLater tidak bisa digunakan

Adapun penyebab yang sering muncul saat mengalami masalah ini, antara lain, lantaran karena boleh jadi server SPayLater sedang bermasalah, maintenance, atau dalam koneksi buruk.

Penyebab lainnya bisa juga lantaran kamu salah input PIN SPayLater, atau, yang terburuk, karena akunmu sedang ditangguhkan.

2. Tidak bisa melakukan pembayaran pada menu tagihan SPayLater

Kalau kamu mendapati masalah seperti ini, penyebab paling umum adalah lantaran saldo tidak mencukupi untuk pembayaran.

Faktor lainnya adalah SPayLater sedang dalam perbaikan sistem, koneksi buruk, atau cache di aplikasi sudah overload.

Baca juga: Cara Bayar Shopee PayLater lewat Bank Aladin, Mudah Loh!

3. Tidak dapat memakai metode pembayaran yang tersedia di Shopee PayLater, baik visa Indomaret, Transfer Bank maupun ShopeePay

Seperti sebelumnya, kalau muncul masalah seperti ini maka barangkali fitur paylater memang ada masalah di sistem/server mereka.

4. Pilihan SPayLater tidak muncul di metode pembayaran – Shopee PayLater tidak bisa digunakan

Ketika terjadi masalah semacam ini, itu boleh jadi lantaran kamu telat membayar tagihan sebelumnya sehingga akun paylater kamu dibatasi,bahkan ditangguhkan.

5. Pilihan SPayLater tidak tersedia di toko – Shopee PayLater tidak bisa digunakan

Nah, hal yang satu ini terjadi lantaran kamu menggunakan SPayLater Shopee untuk pembelian yang dilarang, contohnya pulsa, listrik, dan semacamnya.

Selain itu, bisa juga karena pihak seller memang tidak menyediakan pembayaran dengan fitur ini.

Solusi Mengatasi SPayLater Tidak Bisa Digunakan

Mengacu pada sejumlah kasus tadi, inilah tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi SPayLater tidak bisa digunakan.

  1. Memastikan koneksi internet stabil

Pertama-tama, kamu sebaiknya memeriksa terlebih dahulu jaringan internet yang kamu gunakan stabil atau tidak. Pasalnya, koneksi pun sangat mempengaruhi akses ke fitur-fitur yang ada di Shopee.

  1. Mengupdate aplikasi Shopee

Kalau koneksi internet bagus maka selanjutnya pastikan aplikasi Shopee di perangkat menggunakan versi terbaru atau belum. Lazimnya, aplikasi yang belum update akan lebih lemot dan sejumlah fiturnya akan sulit diakses.

  1. Bersihkan Cache di Aplikasi Shopee

Berikutnya, jika fitur SPayLater tidak dapat diakses maka cobalah membersihkan cache Shopee. Sebetulnya, hal ini penting dilakukan secara rutin supaya aplikasi tidak overload dan jadi sulit loading.

Cara membersihkan cache Shopee pun cukup mudah, yakni kamu tinggal buka pengaturan di perangkat > aplikasi > Shopee > bersihkan cache.

  1. Bayar Tagihan yang Belum Lewat Masa Tenggat

Selanjutnya, sebelum menggunakan SPayLater, pastikan bahwa kamu tidak memiliki tunggakan cicilan yang sudah jatuh tempo.

Pasalnya, kalau punya walau sedikit saja maka sisa limit SPayLater tidak akan bisa digunakan sebelum kamu bayar tunggakan tadi.

  1. Pastikan Akun Aktif/tidak sedang dalam Penangguhan

Kemudian, kamu pun perlu memastikan bahwa akun tidak sedang ditangguhkan oleh pihak Shopee.

Pasalnya, jika sudah begitu maka akan sulit menggunakan SPaylater lagi. Sejumlah faktor yang membuat akun ditangguhkan, di antaranya lantaran telat membayar atau tidak membayar tagihan, di samping melakukan banyak pelanggaran lewat akun paylater.

  1. Menghubungi CS Shopee

Terakhir, kamu bisa menghubungi call center Shopee. Di sini, kamu bisa melakukan panggilan via telepon ke nomor 1500-702 atau menggunakan cara lain yang tersedia di website dan akun sosial media.

Sekian ulasan tentang Shopee PayLater tidak bisa digunakan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Denda Shopee PayLater per Hari dan Cara Membayar Tagihannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Normalisasi APBN, Pemerintah tidak Tanggung Biaya Pasien Covid-19

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa seluruh belanja APBN 2023 telah dinormalisasi atau normalisasi APBN. Artinya, seluruh belanja APBN...

Masa PPKM Dicabut, Pemerintah Rumuskan Kebijakan Pasca Pandemi

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terkendalinya laju kasus pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini telah mendorong perbaikan kondisi perekonomian nasional yang...

Apa Itu Crypto Winter dan Bagaimana Dampaknya terhadap Investor?

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu crypto winter? Istilah ini kian santer terdengar belakangan ini, utamanya di kalangan peminat kripto. Sebagai informasi, saat ini di dunia...

AFPI Salurkan Pendanaan Mencapai Rp495,51 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat sejak 2018 hingga November 2022, agregat penyaluran pendanaan mencapai Rp495,51 triliun yang disalurkan oleh...

Berita Ekonomi Hari Ini: Mulai Juni, RI Setop Ekspor Timah dan Tembaga

JAKARTA, duniafintech.com – Berita ekonomi hari ini mengulas terkait larangan ekspor timah dan konsentrat tembaga dan mineral lainnya. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), dipastikan bahwa...
LANGUAGE