26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Denda Shopee PayLater per Hari dan Cara Membayar Tagihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Denda Shopee PayLater per hari berapa ya besarannya? Dalam ulasan kali ini kamu akan mengetahuinya dengan jelas.

Seperti diketahui bersama, hadirnya fasilitas “Beli Sekarang Bayar Nanti” bernama Shopee PayLater memang telah membawa banyak manfaat dan keuntungan bagi pelanggannya.

Meski demikian, perlu diingat kembali bahwa fasilitas yang satu ini memang tidak bisa dinikmati oleh semua pelanggan. Pasalnya, dalam hal ini, hanya pelanggan yang beruntung memperoleh penawaran aktivasi Shopee PayLater yang bisa menggunakannya.

Baca juga: Cara Bayar Shopee PayLater lewat ShopeePay & Metode Lainnya

Nah, buat kamu yang menjadi salah satu pelanggan beruntung dan telah berhasil mengaktifkan Shopee PayLater ini, kamu bisa berbelanja di Shopee sekalipun kamu sedang tidak punya uang.

Setelah melakukan transaksi menggunakan Shopee PayLater ini, tentu saja nantinya kamu akan menerima biaya cicilan per bulan untuk mengembalikan limit itu. Kalau sudah mendapatkan notifikasi tagihan maka kamu pun wajib untuk membayarnya sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Kalau tidak maka siap-siap saja ya untuk menerima denda Shopee PayLater. Lantas, berapa sih besaran dendanya per hari? Terkait jumlah denda per hari yang berlaku saat mengalami keterlambatan pembayaran Shopee PayLater, kamu bisa menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini ya.

Denda Shopee PayLater per Hari

Sebagai pengguna Shopee PayLater atau SPayLater, kamu harus tahu bahwa layanan ini memberlakukan sanksi bagi siapa saja yang tidak membayara cicilan tepat waktu. Adapun salah satu sanksi yang pasti diterima adalah denda dalam bentuk sejumlah uang.

Untuk besaran denda per hari yang diberikan ketika telat bayar SPayLater adalah 5% dari nominal cicilan. Misalkan, jika kamu mempunyai tanggungan Shopee PayLater sebesar Rp300.000 dengan batas waktu pembayaran paling lambat tanggal 5 setiap bulannya, tetapi lantaran satu dan lain hal kamu terlambat melunasi tanggungan tersebut hingga melewati tanggal jatuh tempo maka kamu akan menerima denda sebesar Rp15.000 per hari.

Nah, jika cicilan itu tidak segera kamu lunasi maka dendanya akan terus diberikan per hari dan lama-kelamaan tentunya akan menumpuk sehingga total tagihan dapat mencapai ratusan, bahkan jutaan rupiah. Jadi, usahakan untuk tidak menunggak cicilannya ya!

denda shopee paylater per hari

Mekanisme Tagihan SPayLater

Barangkali, kamu sebagai pengguna layanan ini pun masih belum paham benar soal mekanisme/sistem penagihan dari penggunaan Shopee PayLater.

Perlu diketahui, setiap kali menggunakan Shopee PayLater ini untuk membeli produk di Shopee, kamu akan menerima cetak tagihan dan tanggal jatuh tempo.

Sebagai informasi, cetak tagihan adalah tanggal ketika tagihan Shopee PayLater muncul, sedangkan tanggal jatuh tempo adalah batas waktu paling lambat pembayaran Shopee PayLater.

Nah, kedua informasi di atas sangat wajib untuk kamu ketahui kalau tidak ingin terkena denda per hari lantaran terlambat bayar cicilan SPayLater. Sementara itu, untuk tanggal muncul tagihannya sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni setiap tanggal 25 dan tanggal 1.

Di lain sisi, untuk batas waktu pembayaran paling lambat adalah 10 hari setelah informasi tagihan muncul. Itu berarti, kalau biaya cicilan muncul setiap tanggal 25 maka batas waktu pembayarannya adalah tanggal 5 pada bulan berikutnya.

Baca juga: Cara Bayar Shopee PayLater Pakai DANA dan Biaya Adminnya

Sementara itu, untuk pengguna SPayLater dengan tanggal cetak tagihan setiap tanggal 1, wajib untuk melunasi cicilan selambat-lambatnya pada tanggal 11 di bulan itu. Ketentuan tersebut diketahui sudah berlaku sejak tanggal 1 Februari 2021.

Cara Membayar Tagihan + Denda Shopee PayLater per Hari

Nah, setelah kamu tahu besaran denda Shopee PayLater per hari beserta mekanismenya, kamu pun selanjutnya perlu tahu cara membayar denda keterlambatan dari penggunaan ShopeePay Later ini. Berikut ini panduannya:

1. Jalankan Shopee: langkah pertama, silakan buka aplikasi Shopee, kemudian masuk ke Tab SAYA di pojok kanan bawah

2. Masuk ke Shopee PayLater: selanjutnya, scroll ke bawah dan klik menu Shopee PayLater pada tampilan berikutnya.

3. Klik Bayar Sekarang: berikutnya, akan muncul informasi tagihan lengkap dengan notifikasi bahwa ada biaya keterlambatan yang harus dibayarkan. Di sini, langsung saja klik Bayar Sekarang

4. Periksa Detail Tagihan: setelah itu, periksa kembali detail tagihan, mulai dari nominal denda per hari, nominal tagihan (tanpa denda) dan jenis barang yang sedang dicicil. Jika sudah tidak ada masalah dengan data itu maka selanjutnya silakan tap Bayar Sekarang

5. Tentukan Metode Pembayaran: sekarang, silakan pilih metode pembayaran yang ingin digunakan. Sebagai contoh, kamu bisa melakukan pembayaran lewat Indomaret

6. Muncul Kode Pembayaran: berikutnya, akan muncul kode pembayaran untuk melunasi tagihan SPayLater dan denda per hari yang dimiliki. Silakan screenshot tampilan tersebut. Setelah berhasil menerima kode pembayaran, sekarang kamu hanya perlu datang ke gerai Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran

7. Sesampainya di lokasi, silakan temui petugas kasir dan sampaikan bahwa kamu ingin membayar denda Shopee PayLater

8. Nantinya, petugas akan meminta kode pembayaran untuk memproses transaksi tersebut

9. Selesai!

Sekian ulasan tentang cara denda Shopee PayLater per hari dan cara membayarnya yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba dan jangan sampai telat membayar lagi ya ke depannya!

Baca juga: Cara Restrukturisasi Tagihan Shopee PayLater & Keuntungannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE