32.1 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Cara Efektif Ajarkan Anak Hemat dan Rajin Menabung

JAKARTA, duniafintech.com – Siapa sih yang tidak ingin mengajarkan anak untuk berhemat dalam mengelola keuangan sejak dini? Nah, bagi anda yang berharap anak tidak boros atau jajan berlebihan, ajari anak-anak cara mengelola uang jajan mereka supaya hidup hemat. Rupanya, ada cara efektif untuk ajarkan anak hemat dan rajin menabung.

Mengajarkan anak-anak untuk bisa berhemat dalam mengelola keuangan perlu adanya kesabaran. Selain memberikan contoh yang baik, anda pun perlu strategi khusus untuk mengajarkan anak kesayangan bisa hemat dalam mengatur uang jajan mereka.

Cara Efektif Ajarkan Anak Hemat dan Rajin Menabung

Berikut 7 cara efektif mengelola keuangan yang perlu diterapkan kepada si kecil sejak dini.

1. Memberikan Motivasi Menabung

Motivasi adalah salah satu bentuk perhatian orang tua pada anaknya. Memberikan motivasi menabung dapat membantu anak-anak agar rajin menabung. Berikan motivasi terbaik anda dan minta si anak untuk menuliskan apa saja tujuan mereka menabung. Setelah itu, barulah anda bisa memantau si kecil untuk disiplin dalam menabung.

2. Memberikan Uang Jajan Mingguan

Tidak memberikan anak uang jajan setiap hari adalah cara efektif mengajarkan sang anak untuk berhemat lho. Supaya anak bisa hemat dalam mengelola uang jajannya, anda harus tegas jika si kecil menghabiskan uang jajannya dalam hitungan hari. Komunikasikan dengan anak bahwa ia harus sabar menunggu satu minggu untuk menerima uang jajan kembali.

3. Memberikan Celengan

Saat anak sudah mulai bisa belajar mengatur uang jajannya dengan baik, selanjutnya berikan anak celengan dan ajari untuk menabung. Nah, anda bisa memberinya celengan yang motifnya lucu supaya anak semakin semangat untuk menabung. Ajari sang anak untuk menerapkan metode menabung jangka pendek dan jangka panjang.

4. Mengajari Anak Merawat Barang

Cara efektif untuk mengajari anak berhemat adalah dengan tidak memanjakannya saat minta dibelikan barang atau mainan baru. Ajarkan pada anak untuk merawat barang supaya tidak cepat rusak dan uangnya bisa untuk ditabung. Dengan cara ini si kecil akan merawat barangnya dengan baik dan secara tidak langsung mengajari anak untuk tidak hidup boros.

5. Memberikan Bonus Uang Jajan

Untuk menumbuhkan semangat menabung pada anak, anda bisa memberikannya bonus uang jajan. Berikan uang jajan tambahan jika anak bersedia membantu melakukan pekerjaan rumah. Secara tidak langsung, sang anak akan berpikir bahwa mendapatkan uang jajan tidak didapatkan secara cuma-cuma tanpa adanya usaha.

6. Membawakan Anak Bekal Makanan

Membawakan anak bekal makanan dari rumah adalah tips terbaik untuk mengajarkan anak tidak boros membelanjakan uang jajan. Ajari anak untuk mengontrol diri dalam mengelola keuangan dengan tidak sembarang jajan di luar. Sehingga uang jajan yang anda berikan bisa mereka tabung.

7. Memberikan Teladan yang Baik

Nah, cara efektif terakhir yang bisa dilakukan supaya anak bisa hidup hemat dan rajin menabung ialah memberikan contoh terbaik. Anda perlu menjadi teladan baik bagi sang anak karena seberapa keras usaha anda untuk mengajarinya berhemat dan rajin menabung, tetaplah anak akan cenderung mengikuti apa yang orang tuanya lakukan.

Nah, itulah dia 7 cara efektif untuk ajarkan anak hemat dan rajin menabung yang bisa dipraktekkan kepada sang anak. Tetap semangat dan sabar dalam mengajari anak-anak cara mengelola keuangan dengan baik ya! Dan jangan lupa, selalu berikan teladan dan kebiasaan baik untuk hidup hemat dan suka menabung. Semoga berhasil dan selamat mencoba!

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU