26.2 C
Jakarta
Kamis, 25 Juli, 2024

Tips Menghemat Uang serta Mengatur Pendapatan dan Pengeluaran

JAKARTA, duniafintech.com – Hidup hemat adalah salah satu gaya hidup yang bisa dibilang menjadi contoh terbaik yang patut untuk ditiru. Apakah Anda termasuk orang yang merasa tidak boros, akan tetapi tabungan cepat habis? Kalau begitu, Anda harus cari cara menghemat uang agar tidak boros.

Kegiatan berbelanja memang selalu menjadi hal yang menyenangkan. Namun mengontrol diri agar tidak melakukan pemborosan rupanya tidak mudah dilakukan oleh setiap orang. Selain berbelanja, sebenarnya ada banyak kebiasaan kecil yang membuat uang anda cepat habis lho. Oleh karena itu, ketahui bagaimana cara menghemat uang berikut ini ya!

Cara Menghemat Uang agar Tidak Boros

1. Mengatur Pendapatan dan Pengeluaran

Cara pertama untuk berhemat adalah dengan mengatur pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Cara satu ini akan menjadikan anda mengetahui kondisi keuangan baik atau buruk. Pastikan pengeluaran anda tidak lebih besar daripada pendapatan. Namun, jika hal tersebut terjadi maka anda harus mengatur ulang lagi kebutuhan apa saja yang harus diprioritaskan.

2. Mengatur Tabungan Berencana

Jika ingin arus kas keuangan menjadi lebih terarah, coba buatlah tabungan berencana untuk investasi masa depan. Memisahkan rekening tabungan dan harian perlu dilakukan untuk membuat anda lebih bijak dalam mengelola keuangan.

3. Hindari Konsumtif

Menghindari sifat konsumtif atau suka berbelanja adalah cara terbaik untuk menghemat keuangan. Cobalah mulai dengan berfikir dengan matang terlebih dahulu sebelum ingin berbelanja sesuatu. Pastikan bahwa barang yang hendak dibeli benar-benarn merupakan  kebutuhan dan bukan hanya sekedar memenuhi keinginan.

4. Investasi dan Menabung

Investasi dan menabung adalah dua kegiatan yang sama-sama penting dan menguntungkan. Dua cara inilah yang nantinya dapat mengatur finansial anda dengan baik. Dengan memiliki investasi dan tabungan, anda sudah mulai menata hidup untuk mempersiapkan masa mendatang. Cara ini melatih anda supaya tidak hidup boros sejak dini.

5. Tidak Menggunakan Kartu Kredit Berlebihan

Di zaman modern ini banyak orang yang berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Jika anda juga demikian, maka gunakanlah kartu kredit secara disiplin dan bijak. Mulailah menghemat uang dengan baik dengan cara tidak menggunakan kartu kredit secara berlebihan. Jika anda bijak dalam menggunakannya, otomatis anda bisa terhindar dari hidup boros.

6. Menghindari Godaan Berbelanja

Gaya hidup anak milenial saat ini kebanyakan tidak sesuai dengan penghasilan yang didapatkan. Terkadang, pengeluaran lebih besar daripada pemasukan sehingga terjadilah pemborosan. Oleh karena itu, menghindari godaan dengan tidak membiasakan diri berbelanja di mall atau nongkrong di cafe bersama teman adalah cara efektif menghemat keuangan.

7. Membawa Bekal ke Kantor

Cara efektif menghemat keuangan selanjutnya yaitu dengan membawa bekal dari rumah. Jika setiap hari anda tidak mengeluarkan uang untuk makan siang di kantor, tentu saja hal ini bisa memangkas pengeluaran sehari-hari. Membiasakan diri membawa bekal ke kantor termasuk cara yang paling efektif untuk membantu anda menghindari pemborosan.

8. Membeli Barang Berkualitas

Cara terakhir supaya anda tidak hidup boros adalah dengan membeli barang berkualitas. Hal ini akan membantu anda untuk tidak membeli barang secara berulang karena pemakaiannya tidak awet. Akan lebih baik jadinya jika membeli barang berkualitas dengan harga Rp 300.000, daripada membeli barang seharga Rp 200.000 namun dilakukan 2 kali dalam sebulan.

Nah, itulah dia beberapa cara menghemat agar tidak boros dalam mengelola keuangan. Setelah membaca artikel diatas, anda bisa langsung menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari ya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU