26.7 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Pengertian dan Pentingnya Manajemen Keuangan

Peran penting manajemen keuangan tentu punya andil besar bagi jalannya sebuah perusahaan. Bagi Anda yang saat ini hendak berbisnis, apakah bisa melakukan manajemen keuangan? Yuk mulai dengan ketahui pengertian dan pentingnya manajemen keuangan.

Keberadaan manajemen keuangan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, baik itu makro maupun mikro. Dengan adanya manajemen inilah perusahaan mampu memaksimalkan usahanya sehingga dapat mencapai tujuan dan keuntungan yang maksimal.

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan bagaimana perusahaan melakukan kegiatan perencanaan, memperoleh dana, menggunakan dana serta mengelola aset sesuai dengan tujuan perusahaan. Tujuannya tidak lain untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yakni memperoleh profit.

Pentingnya Manajemen Keuangan

Memiliki manajemen keuangan yang teratur dan baik akan memberi dampak pada perkembangan perusahan itu sendiri. Terlebih di era globalisasi saat ini, dimana setiap perusahaan bersaing menjadi yang terdepan. Oleh karena itu keberadaan manajemen keuangan bisa dikatakan sangat vital bagi sebuah perusahaan maupun organisasi.

Peran Penting Manajemen Keuangan

Seperti yang diketahui, bahwa manajemen keuangan memegang peranan penting bagi keberlangsungan perusahaan. Manajemen keuangan dapat dikatakan memiliki banyak peran penting dalam kelancaran urusan bisnis. Nah, diantara peran penting manajemen keuangan adalah sebagai berikut :

1. Perencanaan Keuangan

Peran paling utama dari manajemen keuangan yakni perencanaan perusahaan, yang mana berkaitan langsung dengan kebutuhan dana setiap urusan bisnis. Dengan perencanaan keuangan yang tepat akan mempengaruhi kesuksesan bisnis yang sedang berlangsung.

2. Melindungi Dana

Manajemen keuangan berfungsi untuk melindungi dana demi tercapainya tujuan perusahaan yang telah ditentukan. Dalam manajemen ini pastikan bidang mana saja yang sangat membutuhkan dana, hindari pengeluaran berlebihan atau melakukan pemborosan karena bisa berdampak buruk pada keuangan perusahaan dan berpengaruh pada proyek lainnya.

3. Alokasi Dana

Mengalokasi dana yang tepat supaya kemampuan operasional meningkat dimulai dari pengelolaan keuangan yang dilakukan perusahaan. Apabila alokasi dana sudah tepat, tentu akan mengurangi biaya bisnis sekaligus meningkatkan estimasi modal.

4. Peluang Investasi

Jika manajemen keuangan dikelola dengan baik, maka perusahaan akan berpeluang besar untuk berinvestasi. Dimana investasi tersebut nantinya akan menguntungkan bagi perusahaan karena memperoleh keuntungan yang besar. 

5. Keputusan Keuangan

Peran pentingnya manajemen keuangan bagi perusahaan yakni untuk menentukan keputusan terkait keuangan. Dimana keputusan keuangan nantinya berpengaruh pada seluruh operasional bisnis. Oleh karena itu, perlu berhati-hati dalam menentukan keputusan karena pilihan keputusan yang sudah dibuat tidak bisa ditarik kembali.

Tujuan Manajemen Keuangan

Setelah memahami pengertian serta pentingnya manajemen keuangan, maka seorang manajer pun perlu mengetahui tujuan dari manajemen keuangan itu sendiri. Beberapa tujuan manajemen keuangan yang harus dicapai diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memaksimalkan Keuntungan

Apabila perusahaan memiliki manajemen keuangan yang bagus, itu artinya perusahaan berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dalam hal ini perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan dalam jangka waktu panjang.

2. Menjaga Arus Kas

Dalam menjalankan operasional perusahaan sudah barang pasti akan mengeluarkan kas harian. Diantaranya untuk pembayaran sewa, pembelian bahan baku, pembayaran gaji karyawan dan pembayaran lainnya. Nah, supaya tidak terjadi kerugian maka arus kas harus dikendalikan dengan manajemen keuangan yang baik.

3. Mempersiapkan Struktur Modal

Tujuan manajemen keuangan berikutnya yaitu mempersiapkan struktur modal. Darisinilah perusahaan perlu menyeimbangkan pembiayaan yang dikeluarkan dengan dana yang dipinjam. 

Demikianlah informasi tentang pengertian dan pentingnya manajemen keuangan yang wajib diketahui oleh pelaku bisnis. Keberlangsungan suatu perusahaan bergantung pada manajemen keuangan sehingga pengelolaan keuangan harus terstruktur dengan baik.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE