29 C
Jakarta
Kamis, 23 Mei, 2024

Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

Gaji setiap bulan yang anda terima dari tempat kerja pastinya anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Apalagi jika gaji 2 juta, pasti banyak perhitungan dalam mengalokasikan dananya. Hal tersebut bisa anda pelajari dengan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta.

Gaji 2 juta bagi orang bukanlah uang yang sedikit. Asalkan kita bisa mengaturnya, pasti bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan, bahkan untuk sehari-hari. Sehingga dalam hal ini, anda perlu teliti dalam mengendalikan pemasukan dan pengeluaran uang rumah tangga.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp2 Juta

Simak cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta berikut ini.

Membagi Gaji Menjadi Beberapa Persentase

Cara pertama yang dapat anda lakukan dalam mengatur keuangan anda yakni membagi pendapatan anda menjadi beberapa bagian persentase. Contohnya sesuai dengan sistem 50/30/20. Maksudnya disini, anda bisa membagi gaji 2 juta anda menjadi 3 bagian untuk memenuhi kebutuhan bulanan anda meliputi 50%, 30% dan 20%.

Dimana 50% untuk kebutuhan primer seperti untuk makan, minum, tagihan listrik, cicilan rumah dan sebagainya. 30% untuk kebutuhan yang bersifat sekunder, seperti belanja sandang, makanan ringan, perawatan wajah, beli kuota internet, dan sebagainya. Sementara sisanya 20% bisa anda sisihkan untuk simpanan atau membayar hutang jika punya.

Membuat Pencatatan Sederhana

Untuk mengendalikan transaksi keuangan, hendaknya anda perlu mencatatnya. Anda bisa mencontoh perusahaan-perusahaan yang mengendalikan arus kas dengan cara membuat laporan keuangan. Begitu pula anda juga perlu mencatat keuangan walaupun dalam bentuk sederhana. Sekarang sudah banyak pencatatan praktis menggunakan aplikasi smartphone.

Adapun hal-hal yang perlu anda catat meliputi pemasukan (gaji, bonus, pendapatan lainnya), pengeluaran tetap setiap bulan, dan pengeluaran lain-lain. Jangan lupa menandai dengan jelas mana yang pemasukan dan mana yang pengeluaran. Tujuannya mempermudah anda dalam pengaturannya. 

Menggunakan Fitur Autodebit

Dalam mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta, salah satu caranya anda bisa menggunakan fitur auto debit pada suatu platform keuangan. Misalnya fitur tersebut untuk membayar tagihan bulanan seperti BPJS, PLN, PDAM, cicilan dan lain-lain. Hal ini justru lebih mudah karena gaji anda di rekening bank/saldo digital bisa terpotong secara otomatis.

Fitur autodebet pada platform keuangan yang anda gunakan bisa anda atur penanggalannya sendiri. Misalnya anda ingin membayar tagihan PLN tanggal 1, BPJS tanggal 2, atau seterusnya. Atau anda juga bisa buat otomatis pada hari yang sama. Cara ini cukup efektif bagi anda dalam mengalokasikan keuangan. 

Mengurangi Pengeluaran

Apabila pengeluaran pokok telah anda penuhi, maka sisa dari gaji anda sebaiknya anda manfaatkan seminim mungkin. Kontrol segala jenis pengeluaran yang bersifat sekunder bahkan tersier. Apalagi di era sekarang banyak promosi produk di e-commerce yang membuat kita menjadi tergoda untuk membelinya.

Misalnya ada diskon besar-besaran, gratis ongkir, beli 1 gratis 1 atau semacamnya. Promosi semacam itu akan membuat anda ingin mencoba membeli sekali, tetapi akan ketagihan. Sebisa mungkin anda jangan tergiur akan promosi di marketplace/e-commerce. Karena sedikit sedikit anda mencobanya, maka anda akan terjerumus pada keborosan yang tiada hentinya. 

Itulah beberapa cara dalam mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta. Mengatur keuangan hendaknya dilakukan dengan hati-hati. Selain untuk memenuhi kebutuhan saat ini, anda juga perlu memikirkan keuangan untuk masa depan anda nantinya. Contohnya dengan mempersiapkan dana darurat ataupun simpanan masa depan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU