29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Mau Punya Rumah Impian? Begini Cara Menabung Setiap Hari

Menabung bisa menjadi alasan bagi anda untuk menikmati hidup yang lebih baik di masa depan. Dengan menabung, anda akan bisa memenuhi berbagai hal yang bersifat jangka panjang. Misalnya untuk kebutuhan rumah tangga, membeli rumah, pendidikan, dan sebagainya. Sehingga dalam hal ini anda perlu tahu tips agar bisa menabung setiap hari.

Apabila anda berencana untuk menabung setiap hari, pasti ada alasan mengapa anda harus menabung. Apapun tujuan yang ingin anda capai, buatlah hal tersebut menjadi sebuah motivasi agar anda bisa menjadi lebih semangat dalam menabung.

Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari

Untuk itu, simak pembahasan mengenai tips agar bisa menabung setiap hari sebagai berikut ini.

Rajin Berhemat

Jika anda bertekad untuk mengumpulkan uang tabungan, ada baiknya jika anda melakukan penghematan. Gaya hidup hemat yang bisa anda terapkan diantaranya seperti tidak banyak jajan di luar, tidak banyak berbelanja barang yang tidak penting dan hal-hal lainnya yang mengarah pada kegiatan konsumtif.

Makan Masakan Sendiri

Makan jajan di luar pasti lebih boros jika anda lakukan setiap harinya. Dimana sehari tidak cukup 50 ribu untuk makan saja. Mulai dari sini, anda harus menghemat pengeluaran untuk makan. Solusi terbaiknya adalah anda bisa berbelanja bahan makanan dan memasaknya sendiri. Selain itu, masakan anda bisa anda bawa ke tempat kerja untuk bekal.

Tinggalkan Kebiasaan Nongkrong

Salah satu bentuk usaha anda dalam menabung adalah meninggalkan kebiasaan nongkrong bersama kawan-kawan. Tidak ada salahnya anda mengobrol bersama teman anda, akan tetapi hal tersebut mungkin bisa menarik anda untuk membeli cemilan dan minuman sebagai pendamping. Anda mungkin bisa mengatur jadwal nongkrong, mungkin sekali dalam sebulan.

Kumpulkan Uang yang Didapat

Tips agar bisa menabung setiap hari yang paling utama adalah mengumpulkan uang yang anda dapatkan. Sisihkan uang setiap harinya dan masukkan ke dalam tabungan anda. Anda dapat menggunakan berbagai macam cara untuk menabung. Bisa menggunakan rekening tabungan, deposito, investasi, atau menggunakan celengan sederhana.

Jangan Mudah Tergiur Promosi

Promo-promo menarik seringkali membuat kita tergiur ingin membeli suatu barang, padahal barang tersebut belum tentu anda butuhkan. Terutama promo diskon yang ada pada minimarket, supermarket ataupun e-commerce. Tidak masalah jika anda membeli barang promo yang memang anda butuhkan. Tetapi setidaknya anda tidak berbelanja berlebihan. 

Teliti dalam Mengelola Keuangan

Menabung adalah salah satu cara seseorang untuk melatih bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Hal ini sangat berguna bagi anda nantinya jika sudah berkeluarga. Anda juga bisa mewariskan sifat yang gemar menabung pada anak anda. Sehingga apa yang anda lakukan saat ini akan bermanfaat untuk masa yang akan datang.

Penuhi Kebutuhan, Kurangi Keinginan

Sebagai orang dewasa, anda seharusnya paham mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang berupa keinginan. Apakah anda tahu perbedaannya? Kebutuhan adalah hal pokok yang harus anda penuhi. Sementara keinginan hanyalah apa yang ada di benak anda, dan sebenarnya bukan hal yang penting.

Kebanyakan “keinginan” seseorang akan menjerumuskan diri dari sesuatu yang tidak baik. Contohnya pada konteks keuangan, yang mana keinginan dalam membeli suatu barang harus anda dikendalikan dan dikurangi. Gerakkan gaya hidup yang hemat agar anda bisa menabung setiap hari.

Itulah beberapa tips agar bisa menabung setiap hari yang bisa anda lakukan. Menabung adalah hal baik yang perlu diterapkan pada diri kita. Bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga bagi keluarga kita. Karena dengan menabung kebutuhan apapun bisa lebih terjamin nantinya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU