29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Tantangan Menabung 1 Juta dalam Sebulan, Berani Coba?

Mengumpulkan uang adalah tugas paling mulia bagi setiap orang. Tujuan utama menabung uang adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Cara yang tepat dalam mengumpulkan uang adalah dengan menabung. Jika anda pemula, anda bisa menabung dengan menentukan target ringan, misalnya dengan cara menabung 1 juta dalam sebulan.

Menabung 1 juta dalam waktu sebulan sebenarnya cukup mudah dilakukan. Terlebih jika anda memiliki penghasilan rutin, maka anda tinggal menyisihkan sedikit uang untuk ditabungkan.

Tantangan dan Cara Menabung 1 Juta dalam Sebulan

Jika sudah mencapai target, anda bisa gunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan. Namun simak dahulu cara menabung 1 juta dalam sebulan berikut ini.

1. Menyisihkan Uang Setelah Gajian

Cara pertama yang bisa anda lakukan ketika menabung adalah menyisihkan uang di hari anda menerima gaji. Misalnya perhitungan 50/30/20, dimana 50% untuk membayar kebutuhan pokok anda, 30% untuk pengeluaran sehari-hari dan 20% untuk ditabung. Selain itu juga ada sistem 80/20, dimana 80% untuk kebutuhan pokok, sementara 20% untuk ditabung.

Anda bisa menggunakan perhitungan sederhana sesuai dengan target yang anda tentukan. Misalnya anda ingin mengumpulkan uang satu juta dalam waktu satu bulan, dengan rumus 1 juta dibagi 30 hari maka hasilnya 34 ribu. Sehingga setiap harinya, anda bisa menyisihkan uang sebesar 34 ribu.

2. Tidak Membeli Sesuatu yang Kurang Penting

Membeli sesuatu yang kurang penting atau hanya untuk menuruti keinginan adalah salah satu hal yang boros. Untuk menanamkan jiwa yang gemar menabung, anda harus mengurangi kebiasaan ini dan fokus untuk aktivitas menabung anda. Buat motivasi yang positif dibalik tujuan yang ingin anda capai nantinya setelah uang tabungan anda terkumpul.

3. Menjual Barang-Barang Tak Terpakai

Apabila anda memiliki barang-barang yang sudah tidak terpakai dan masih layak, anda bisa menjualnya kepada orang yang membutuhkan. Misalnya pakaian, sepatu, barang elektronik, ataupun barang-barang lainnya yang masih memiliki nilai jual. Kemudian uang hasil anda menjual barang-barang tersebut bisa anda tabung sebagai tambahan.

4. Membatasi Uang Bawaan

Jika anda sering berbelanja untuk kebutuhan anda, sebaiknya anda catat terlebih dulu apa yang anda akan beli. Kalkulasikan seluruh harganya lalu anda bisa membawa uang pas saat belanja. Hal ini berguna bagi anda yang mencari cara menabung 1 juta dalam sebulan. karena dengan membatasi uang bawaan, maka anda sudah menerapkan gaya hidup hemat.

5. Membuat Perhitungan dan Pencatatan

Dalam mengelola keuangan pribadi, ada baiknya jika anda membuat suatu pencatatan dan menghitung anggaran yang akan anda keluarkan. Pencatatan bisa anda lakukan untuk bulan ini dan bulan berikutnya. Selain anggaran, penting bagi anda untuk mencatat setiap transaksi yang anda lakukan setiap harinya.

Mencatatnya bisa dengan cara yang mudah, yakni di buku. Anda juga bisa menggunakan aplikasi hp karena akan lebih praktis dan bisa dikonversikan menjadi laporan keuangan. Caranya anda bisa mengunduh melalui situs penyedia aplikasi di hp anda.

6. Pilihan Cara Menabung

Perlu anda ketahui, dalam menabung anda bisa menggunakan berbagai cara yang menurut anda cocok untuk anda terapkan. Misalnya seperti memilih cara menabung yang tepat. Anda bisa menabung di perbankan, koperasi ataupun lembaga keuangan lainnya. Anda juga bisa menyimpan uang anda dalam bentuk investasi emas, properti, saham, atau instrumen lainnya.

Beberapa cara menabung 1 juta dalam sebulan yang bisa anda terapkan dalam kehidupan anda. Mengumpulkan uang sebesar 1 juta bisa anda lakukan dengan mudah asalkan anda tetap bisa berhemat. Kendalikan diri anda ketika ada tawaran membeli ini itu yang tidak anda butuhkan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU