28.2 C
Jakarta
Kamis, 18 Juli, 2024

5 Cara Membuat Brand Baju Sendiri agar Laku Keras

Membuat brand baju sendiri terbilang cukup sulit. Apalagi saat ini sudah banyak pasar yang mendominasi. Kamu harus siap dengan segala risiko dan tantangan agar brand bisa dikenal khalayak ramai. Hal yang paling penting adalah mempunyai keunikan khusus yang tidak ditemui pada brand lainnya.

Sebagai langkah awal, membuat brand agar dikenal oleh masyarakat luas membutuhkan usaha dan strategi jitu. Pasalnya, untuk menaikkan brand awareness terbilang cukup memakan waktu. Apalagi jika kamu tidak mempunyai channel atau harus memulainya dari nol. 

Cara Membuat Brand Baju Sendiri agar Dikenal

Membuat brand tersendiri tentunya kamu harus paham tentang hak cipta, legalitas, dan sebagainya. Jika sudah terurus, maka kamu hanya perlu melakukan promosi saja. Berikut beberapa cara agar brand fashion kamu mudah dikenal oleh masyarakat secara luas.

1. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk  membuat brand sendiri adalah melakukan riset terlebih dahulu. Adanya riset bisa membantu kamu untuk mengenali target pasar. Kamu bisa mengamati tren di pasaran dengan melakukan beberapa survei. Atau bisa dengan menentukan target pasar lebih dulu untuk memudahkan survei.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan konsep bisnis pakaian. Apakah untuk pakaian pesta, untuk orang tua, untuk anak, dan lain sebagainya. Meski kamu bisa menjual semuanya, tapi usahakan untuk mempunyai satu ciri khas dari brand. Tujuannya agar bisnismu mempunyai produk yang dominan.

2. Menentukan Slogan

Cara membuat brand terkenal bisa dilakukan dengan cara menentukan slogan. Buatlah slogan yang catchy agar mampu mewakili visi dan misi suatu brand. Hal ini sangat penting dilakukan agar brand kamu bisa dikenal banyak orang. Namun, untuk menciptakan slogan yang menarik tentunya membutuhkan kreativitas dan ide unik.

Selain itu, cobalah untuk membuat slogan yang singkat dan deskriptif. Biasanya, slogan bisa ditempatkan pada headline di website bisnis, kartu nama, atau pun media sosial. Kamu juga bisa, lho mengganti slogan seiring perkembangan brand atau waktu. Karena hal tersebut bisa menjadi salah satu strategi baru untuk kepentingan marketing.

3. Membuat Desain Logo

Cara membuat brand sendiri bisa dilakukan dengan membuat desain logo. Logo menjadi salah satu poin penting dalam bisnis sebagai penanda untuk membuat masyarakat tahu tentang brand. Buatlah logo yang bisa mewakili visi, misi, dan nilai suatu brand secara visual. Selain itu, pastikan pula logo brand yang kamu buat mudah untuk diingat serta unik.

Banyak sekali referensi desain logo yang bisa kamu modifikasi dengan melihat milik kompetitor lain. Akan lebih baik jika kamu menggunakan jasa desain sehingga tidak perlu repot memikirkan ingin bentuk logo seperti apa. Pastikan juga jasa desain yang dipilih terpercaya dan berkualitas, ya.

Selain logo, tentunya kamu juga harus memikirkan nama brand, bukan? Buatlah nama yang bukan hanya sekedar nama, melainkan mempunyai daya nilai tersendiri. Misalnya nama yang mencakup karakteristik, tindakan, dan reputasi brand. Selain itu, nama brand pastinya akan digunakan untuk sejumlah keperluan.

Mulai dari pembuatan logo, pembuatan nama domain website, marketing, sampai saat melakukan pendaftaran merek dagang. Oleh karena itu, kamu bisa membuat brand baju sendiri dengan nama yang sulit ditiru oleh pihak lain. Akan tetapi, jika kamu mempunyai rencana untuk mengekspansi bisnis ke produk jenis lain, bisa memilih nama dengan artian yang luas.

4. Mencari Distributor Bahan yang Sesuai

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat membuat brand baju sendiri adalah mencari distributor. Carilah distributor bahan yang sesuai dengan budget dan mempunyai kualitas bagus. Oleh karena itu, kamu harus paham tentang dunia pakaian agar brand bisa laku keras.

Meski mencari distributor tergolong susah karena harus menyesuaikan budget dan kualitas, tapi hal ini sangat penting dilakukan. Kamu bisa mencari beberapa distributor terpercaya lalu membandingkan bahannya satu sama lain. Carilah distributor yang sekiranya bisa membantu bisnis dan menguntungkan.

5. Memasarkan Produk

Tentunya untuk membuat brand banyak dikenal oleh masyarakat, kamu harus memasarkan produk. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari memasarkannya di media sosial sampai menggunakan website. Atau kamu juga bisa menggunakan jasa marketing agar produkmu semakin laku keras.

Kesimpulan

Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas untuk membuat brand baju sendiri mulai dari sekarang. Pastikan dunia fashion adalah dunia yang kamu kuasai agar memudahkan saat melakukan promosi.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU