23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Cara Investasi Bitcoin di Indodax, Investor Pemula Harus Tahu!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi bitcoin di Indodax tentu sangat mudah dan aman karena sudah terdaftar di BAPPEBTI. Jadi, sangat cocok bagi investor crypto pemula yang baru ingin memulai investasi cryptocurrency.

Cryptocurrency atau mata uang kripto saat ini telah menjadi salah satu investasi yang dipilih oleh banyak orang karena bisa menghasilkan return yang menjanjikan. Investasi ini juga sudah diakui di Indonesia dan ada sekitar kurang lebih sebanyak 229 jenis cryptocurrency yang telah ditransaksikan di Tanah Air. Salah satunya adalah mata uang Bitcoin. Namun, masih ada sebagian orang yang bingung tempat untuk mereka bisa berinvestasi Bitcoin.

Ada beberapa perusahaan di Indonesia yang telah menyediakan jasa transaksi ini. Salah satu perusahaan untuk investasi cryptocurrency di Indonesia dalam bertransaksi mata uang kripto adalah Indodax. 

Sebelum mengetahui cara transaksi dan biaya yang harus kamu keluarkan melalui aplikasi investasi cryptocurrency, tentunya  kamu harus mengenal lebih dulu tentang cryptocurrency dan Indodax itu sendiri.

Sekilas Tentang Cryptocurrency

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah mata uang digital yang saat ini sedang ramai untuk dijadikan sebagai investasi yang menjanjikan bagi sebagian orang. Sesuai dengan namanya, yakni mata uang digital karena itu mata uang ini hanya bisa diakses dengan mengandalkan teknologi internet.

Mata uang kripto ini bisa saja digunakan oleh siapa saja untuk berbagai macam transaksi digital yang menerimanya. Saat ini memang masih belum semua platform belanja digital di dunia yang bersedia menerima pembayaran dengan mata uang kripto, tapi tidak diketahui apakah nanti di kemudian hari akan bisa, karena teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini bisa jadi membuatnya menjadi sangat mungkin.

Tidak ada layanan perbankan untuk menyimpan mata uang kripto yang kamu miliki. Jadi, kamu sendiri yang akan menyimpan data-datanya di akun Anda sendiri. Hal itu juga berarti ketika Anda hendak melakukan transaksi, jadi kamu tidak akan pernah melibatkan perbankan atau pihak lembaga keuangan lainnya. Kamu juga dapat melakukan transaksi secara langsung dengan orang yang melakukan transaksi bersamamu. Kelebihannya mungkin tidak ada biaya administrasi yang akan dibebankan padamu. 

Sekilas Tentang Indodax

PT Indodax Nasional Indonesia atau Indodax adalah sebuah perusahaan berbasis teknologi yang menyediakan jasa transaksi cryptocurrency atau mata uang kripto. Ada sekitar 80 jenis mata uang kripto yang dapat ditransaksikan oleh pengguna layanan aplikasi Indodax. Penggunanya juga tidak hanya berasal dari Indonesia saja, tapi juga ada yang berasal dari luar negeri. Perusahaan berbasis teknologi yang menjembatani investor untuk bertransaksi crypto ini sudah berdiri sejak tahun 2014. 

Bertransaksi crypto di Indodax adalah tindakan yang legal karena sudah terdaftar di Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Jadi, keberadaannya juga sudah diakui di Indonesia. Ada beberapa perusahaan yang bisa kamu percayakan untuk bertransaksi mata uang kripto, tapi kamu harus mencatat bahwa perusahaan itu harus sudah terdaftar legal di Bappebti karena itu artinya bisa dipertanggungjawabkan.

Cara Investasi di Indodax

Pemerintah saat ini juga sudah mengizinkan masyarakatnya untuk bertransaksi di mata uang kripto, jadi ada undang-undang yang akan melindungi masyarakat agar tetap aman dan nyaman dalam berinvestasi di mata uang kripto.

Sekarang yang perlu diketahui investor crypto adalah bagaimana cara investasi Bitcoin di Indodax. Berikut ini adalah caranya, yakni:

  • Kamu perlu mengunduh aplikasi Indodax terlebih dahulu, lalu melakukan pendaftaran sesuai dengan data-data asli yang kamu miliki.
  • Setelah itu kamu perlu mengusi saldo Rupiah di akunmu yang sudah terverifikasi itu. Ini yang perlu kamu catat, untuk membeli mata uang kripto kamu pun harus menggunakan mata uang konvensional.
  • Setelah mengisi saldo, kamu pilih menu Marketplace Indodax
  • Pilih Bitcoin yang tersedia pada daftar menunya.
  • Lalu, masukkan jumlah rupiah yang ingin kamu transaksikan dengan Bitcoin.
  • Jangan lupa isi limit harga Bitcoin yang kamu inginkan.
  • Setelah itu klik Beli Bitcoin.
  • Bitcoin-nya pun sudah bisa kamu miliki.

Cara investasi Bitcoin di Indodax memang terbilang sangat mudah karena sudah ada aplikasi mobilenya yang tentunya bisa membantumu untuk melakukannya. Apalagi aplikasi ini bisa langsung diunduh secara gratis di ponsel pintarmu. Lalu, untuk setoran online melalui aplikasi ini nantinya kamu tidak akan dibebani biaya sama sekali alias gratis. Biaya deposit untuk Bitcoin pun gratis. 

Sekarang hal yang harus Anda lakukan tinggal pintar-pintarnya kamu saja dalam bertransaksi mata uang kripto. Kamu juga harus tahu bahwa mata uang kripto ini perubahan harganya sangat fluktuatif, sama halnya seperti mata uang konvensional yang bisa kamu gunakan untuk bertransaksi, tapi tingkatan fluktuatifnya sangat tinggi sampai mungkin bisa membuatmu stress.

Sebagai contoh pada akhir 2018 lalu, harga Bitcoin ini pernah turun sampai 70%. Itu merupakan jumlah yang sangat besar, bukan? Investasi yang Anda lakukan di tahun itu pasti hampir hilang. Namun, kemudian harga bitcoin mengalami kenaikan kembali selama pandemi sampai 14 kali lipat. Kenaikan dan penurunannya memang terkadang sukar diprediksi.

Di sinilah kamu harus sering-sering memantau pasar mata uang kripto dan jeli melihat sentimen yang terjadi di seluruh dunia. Selamat mencoba!

 

Penulis: Kontributor / Muhamad Raihan Muarif

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU