31.1 C
Jakarta
Selasa, 18 Juni, 2024

Cara Investasi dengan Gaji UMR yang Mudah dan Akurat

JAKARTA, duniafintech.com – Memiliki gaji UMR selalu menjadi alasan bagi banyak orang untuk menunda melakukan investasi. Padahal, investasi gaji UMR bisa dilakukan apabila Anda mampu mengatur keuangan dengan tepat.

Seperti diketahui bahwa mengatur keuangan adalah hal penting yang harus dimiliki semua orang, apalagi saat memiliki banyak keperluan dalam hidup namun keterbatasan dalam pendapatan. Hal tersebut yang membuat seseorang mungkin merasa sulit untuk mengatur keuangan mereka, terutama jika gaji yang diterima adalah Upah Minimum Regional (UMR).

Siapa bilang mulai investasi harus punya modal besar? Kali ini, DuniaFintech akan membagikan tips investasi saham untuk para investor pemula yang gajinya masih di bawah UMR nih!

Investasi adalah hal yang sangat penting dilakukan demi mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus bekerja, alias passive income. Apalagi di era modern seperti saat ini, sudah banyak kaum muda yang mulai untuk melek investasi.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas berbagai cara sederhana dalam berinvestasi meski pendapatan setara UMR.

Baca jugaSedang Cari Jenis Investasi Pemula Modal Kecil? Cari Tahu Yuk di Sini

Cara Investasi dengan Gaji UMR

Tips Investasi Gaji UMR

  1. Menetapkan Tujuan

Salah satu tips investasi gaji UMR yang bisa Anda lakukan adalah menetapkan tujuan finansial terlebih dulu.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki tujuan keuangannya masing-masing. Misalnya adalah untuk menyiapkan pendidikan anak, perencanaan dana pensiun, hingga merenovasi Rumah atau membeli apartemen (subsidi).

Dengan menetapkan tujuan keuangan, Anda akan lebih mudah dalam mengelola gaji per bulannya.

  1. Jangan Punya Hutang Lebih dari 25% Gaji

Kebijaksanaan dalam mengelola hutang menjadi salah satu cara mengatur gaji UMR dengan bijak. Salah satu aturan utama yang penting adalah tidak memiliki hutang yang melebihi 25% dari pendapatan bulanan Anda. Mengapa 25%? Biasanya angka Ini menjadi panduan untuk menghindari beban hutang yang berlebihan yang memungkinkan Anda untuk mengelola pengeluaran dengan lebih nyaman.

Jika Anda memiliki pinjaman yang lebih besar dari 25% dari gaji UMR Anda, ini dapat mengakibatkan tekanan finansial yang signifikan. Pasalnya pembayaran hutang yang tinggi berakibat memakan sebagian besar pendapatan Anda, sehingga meninggalkan sedikit ruang untuk biaya hidup sehari-hari, tabungan, atau investasi masa depan. Maka dari itu menghindari pertimbangan hutang yang berlebihan adalah hal yang  sangat penting.

Akan tetapi, jika Anda sudah memiliki hutang yang melebihi 25% dari pendapatan bulanan Anda, maka prioritaskan untuk membayar hutang tersebut secepat mungkin. Buat rencana pembayaran hutang yang efisien dan disiplin dalam melaksanakannya. Ini akan membantu Anda mengurangi beban hutang dan mengembalikan keseimbangan keuangan Anda.

  1. Tidak Berinvestasi Lebih dari 10% Gaji

Untuk mulai berinvestasi, Anda harus mengelola keuangan agar tetap memenuhi segala kebutuhan harian dengan baik. Biasanya investasi ini dilakukan bertujuan untuk menabung serta menambah penghasilan.

Sehingga para pekerja yang masih berpenghasilan di bawah UMR, tentu harus memilih investasi dengan cara membatasi dana investasi. Jadi, silahkan alokasikan dana investasi tidak lebih dari 10% gaji perbulan Anda.

  1. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat harus menjadi perhatian utama sebelum melakukan investasi. Dana darurat ini biasanya digunakan bila ada kebutuhan mendesak yang berkaitan dengan uang, entah itu biaya rumah sakit, genteng rumah roboh, atau motor rusak. Dana ini juga disimpan untuk perlindungan jika sewaktu-waktu Anda kehilangan pekerjaan atau seluruh sumber pendapatan.

Besaran dari nominal dana darurat itu berbeda bagi tiap orang karena tanggungan mereka. Berikut perhitungannya yang bisa Anda ikuti dengan cara berikut.

  • Total uang 3-6 kali lipat dari gaji, bagi yang belum menikah atau uangnya dipakai untuk biaya hidupnya sendiri.
  • Total uang 6-12 kali lipat dari gaji, bagi yang menikah maupun punya kewajiban membiayai keluarganya.
  • Anda juga bisa memperoleh total uang yang lebih detail dengan menghitung rata-rata pengeluaran bulanan.

Pastikan juga menjauhkan dana darurat dari hal-hal tidak diperlukan ataupun yang sekilas penting tapi sebenarnya tidak, seperti barang edisi terbatas. Sehingga sangat penting untuk menyimpannya di rekening tabungan terpisah atau tempat lainnya yang bisa dicairkan kapanpun dan dimanapun.

  1. Investasi yang Terjangkau

Pilihlah investasi yang sesuai dengan ketersediaan dana Anda. Ada banyak pilihan investasi yang terjangkau yang bisa diraih para pemilik pendapatan setara UMR. Salah satu caranya bisa dimulai dengan membeli saham atau reksa dana dengan harga yang terjangkau. Pilihan investasi terjangkau lainnya bisa dengan platform investasi daring yang menawarkan pembelian fraksi saham.

Baca juga: Investor Wajib Beli! Intip Deretan Daftar Saham IPO Murah yang Listing Awal Januari 2024

Instrumen Investasi Modal Kecil dari Gaji UMR

Sekarang ini, sudah banyak instrumen investasi yang tidak membutuhkan modal besar. Sehingga bagi kalian yang masih berpenghasilan UMR pun tetap bisa terjun ke dunia investasi. Di era serba canggih sekarang ini juga tidak sedikit mahasiswa yang sudah bisa berinvestasi loh!

Berikut adalah sarana investasi yang mudah digunakan, menguntungkan dan tentunya bermodal kecil:

  1. Investasi Reksadana

Investasi reksadana bisa digunakan oleh para investor pemula yang baru terjun. Untuk bisa membeli reksadana, Anda tidak membutuhkan modal tinggi dan risikonya pun relatif rendah. Banyak produk reksadana yang bisa Anda beli melalui aplikasi online dengan minimal harga Rp 10 ribu saja.

Dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh manajer investasi atau MI ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi atau deposito. Ketahui pergerakan reksadana di masa lalu agar bisa menanam modal dengan tepat.

  1. Investasi Saham

Investasi saham seringkali dikaitkan dengan penghasilan besar karena banyak orang yang mengira investasi saham harus memiliki modal besar. Akhirnya, banyak orang yang tidak percaya diri untuk terjun ke dunia investasi saham di pasar modal.

Bagi pemula yang masih memiliki modal kecil, Anda bisa mencoba beli saham kecil-kecilan dan dilakukan secara rutin. Seperti misalkan dengan membeli saham 1 lot perbulannya. Istilah nabung saham ini menjadi salah satu program yang sedang digulirkan oleh PT Bursa Efek Indonesia.

  1. Investasi Emas

Investasi emas batangan lebih direkomendasikan dibandingkan dengan perhiasan jika Anda menginginkan imbalan dalam jangka panjang. Walaupun harganya terbilang mahal, saat ini Anda sudah bisa membeli emas batangan dengan cara dicicil melalui lembaga keuangan seperti Pegadaian hingga e-commerce.

Kesimpulan

Demikian tips yang bisa Anda lakukan untuk mulai terjun investasi walaupun penghasilan Anda masih di bawah UMR.

Tentunya, untuk bisa tetap memenuhi kebutuhan dan berinvestasi lebih banyak, Anda harus tetap berusaha mencari tambahan penghasilan. Namun, tidak ada salahnya untuk melek investasi sejak muda. Sehingga nantinya Anda bisa menuai hasil yang lebih besar.

Selamat mencoba!

Baca jugaDaftar Aplikasi Investasi Modal 10 Ribu yang Patut Disimak

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU