25.1 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni, 2024

Cara Hidup dari Dividen Saham, Mungkinkah?

JAKARTA, duniafintech.com – Banyak pihak yang beranggapan dengan melakukan investasi saham dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Caranya dengan memanfaatkan dividen dari saham. Tapi apakah hidup dari dividen saham memang bisa dilakukan?

Sebenarnya sangat memungkinkan dilakukan untuk bisa hidup dari hasil dividen saham. Meski kebanyakan para investor biasanya hanya fokus pada tujuan tertentu. Misalnya ingin mendapatkan kenaikan harga saham atau capital gain.

Banyak juga yang mengatakan bahwa tidak mudah untuk hidup dengan dividen dari saham, namun bukan berarti hal ini tidak mungkin dilakukan. Apalagi return yang didapatkan dari dividen juga bisa terbilang tidak kecil. Sehingga hasil tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Baca jugaInvestasi di Tahun Politik, Ada Cuan Jombo dari Saham!

Apa Itu Dividen?

Sebagai informasi untuk yang masih awam, dividen merupakan pembagian keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan yang kamu beli sahamnya. Dividen dibagikan setelah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham melalui RUPS perusahaan tersebut.

Nantinya para pemilik saham tersebut harus memegang saham dalam jangka panjang, jika ingin mendapatkan dividen saham. Selanjutnya para pemegang saham tersebut akan diakui sebagai pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen.

Pembagian Dividen Saham

Ada dua cara umum dalam pembagian dividen yaitu dengan cara tunai atau dengan cara bagi saham. Seperti namanya, jika dibagikan dalam bentuk tunai, maka pemegang saham akan diberikan dividen dalam bentuk uang tunai atau cash. Seperti contohnya dengan mata uang Rupiah dalam jumlah tertentu untuk setiap saham yang dimiliki.

Namun jika tak dibagi dalam bentuk tunai, maka dividen juga bisa dibagi dalam bentuk saham. Nantinya para pemegang saham akan mendapatkan dividen berupa saham, sehingga jumlah sahamnya akan terus bertambah.

Baca jugaCara Mendapatkan Dividen Tiap Tahun dan Jenis-jenisnya

Cara Hidup dari Dividen Saham

Simulasi Perhitungan Dividen untuk Kebutuhan Hidup

Seperti diketahui bahwa dividen akan dibagikan setelah RUPS. Ada beberapa contoh perusahaan yang membagikan dividen tunai 2 kali setahun, 1 kali setahun, bahkan ada juga yang tidak memberikan sama sekali.

Biasanya perusahaan tidak membagikan dividen karena tidak menghasilkan laba atau hasil keputusan rapat menginginkan hal lain seperti dijadikan sebagai modal ekspansi dan modal kerja.

Maka, dari itu penting untuk kamu perlu mencari emiten yang membagikan saham secara rutin dan memiliki earning per share yang tinggi.

Kita akan masuk ke dalam contoh.

Pada tahun 2022 lalu ada banyak sekali emiten yang membagikan dividen. Seperti salah satu contohnya yaitu PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang membagikan dividen tunai sebesar Rp 688,515 per lembar saham pada bulan Juni lalu.

Andaikan biaya hidup bulanan kamu adalah Rp5 juta/bulan. Maka, dalam setahun kamu butuh Rp60 juta untuk membiayai hidup.

Lalu, kamu bisa bagikan antara biaya hidup tahunan dan dividen PTBA diatas.

60.000.000 dibagi 688,515 / lembar hasilnya adalah  87.144 lembar

Kamu harus memiliki 87.144 lembar saham (871 lot) PTBA agar bisa memperoleh Rp 60 juta untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Lalu, untuk memiliki 87.144 lembar saham PTBA butuh modal berapa ya kira-kira?

Lalu saat memasuki tanggal 24 Juni 2022, harga saham PTBA sebesar Rp 4.090.

Artinya kamu perlu modal sebesar Rp 4.090 x 87.144 lembar = Rp 356.418.960.

Tips Agar Bisa Hidup dan Pensiun dari Dividen Saham

  1. Persiapkan Dana

Persiapkan dana yang cukup menjadi salah satu hal terpenting dalam melakukan investasi. Untuk mendapatkan dividen saham, kamu membutuhkan budget yang tak sedikit.

Penting juga untuk kamu bisa simak sendiri mengenai contoh perhitungan dividen dan biaya hidup diatas untuk memperkirakan jumlah pembelian saham yang harus dilakukan agar bisa mengandalkan dividen untuk hidup.

  1. Sabar Karena Hasilnya Jangka Panjang

Agar bisa mendapatkan dividen saham, kamu harus bersabar. Pasalnya untuk mendapatkan dividen, biasanya kamu harus memegang saham dalam jangka waktu yang cukup lama.

Melakukan investasi secara konsisten juga bisa dilakukan sebagai bentuk persiapan.

  1. Pilih Saham Pilihan

Riset terhadap reputasi, fundamental dan historikal perusahaan, juga menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan, jika menginginkan emiten yang membagikan dividen setiap tahun. Hal itu harus dilakukan demi mendapatkan dividen yang sesuai dengan kriteria.

Demikianlah bagaimana cara hidup dari dividen untuk para investor yang tertarik melakukan investasi saham. Sangat perlu untuk melakukan strategi yang tepat dan pilih saham yang tepat untuk bisa menikmati pensiun dan hidup dari dividen saham.

Baca jugaCara Memilih Saham, Tips Mengenal Jenis-Jenis Saham

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU