31 C
Jakarta
Rabu, 28 Februari, 2024

Cara Mengatur Uang ala Chindo, Anti Miskin!

JAKARTA, duniafintech.com – Pusing dengan uang gaji yang sudah “menghilang” saat hari gajian berikutnya masih jauh? Kalau itu yang kerap Anda alami setiap bulan, saatnya untuk belajar cara mengatur uang ala Chindo. Sudah tak diragukan lagi dan bukan rahasia lagi jika orang Cina sangat pandai dalam mengatur keuangan untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Pinjaman online biasanya menjadi solusi ketika kebutuhan yang semakin membengkak dengan keuangan yang selalu minus. Tapi, kebiasaan ini nggak bisa dibudayakan. Risikonya cukup besar. Alih-alih kebutuhan terpenuhi, justru nilai hutang malah bisa semakin meroket lho!

Baca jugaBahaya Pinjaman Online: Perhatikan Ciri-Ciri dan Tips Menghindari

Anda pernah penasaran tidak sih, kenapa orang Cina banyak yang kaya raya? Seperti diketahui banyak orang bahwa bangsa yang satu ini dikenal sebagai orang yang gigih, hemat, bijak dalam menggunakan uang dan selalu menabung. Lantas, bagaimana ya cara mengatur uang ala Chindo?

Cara Mengatur Uang ala Chindo

Tips Jitu Mengatur Uang ala Chindo

  1. Hidup Secara Sederhana

Kesederhanaan menjadi ciri khas dari sebuah keluarga Chindo. Hal tersebut dapat Anda lihat dengan kebiasaan memasak makanan di rumah. Bukan beli makanan jadi di warung. Dan salah satu yang menarik adalah bila jam makan tiba, seluruh anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama. Inilah yang membuat ikatan di dalam keluarga menjadi kuat.

Anda juga jangan pernah berharap menu makanan yang disajikan selalu memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Menu nasi dengan tahu dan tempe sudah mencukupi bagi mereka. Terkadang mereka sesekali memasak daging sapi atau daging ayam sebagai variasi. Akan tetapi hal tersebut biasanya dilakukan jika ada acara keluarga besar atau ada perayaan.

Tak hanya itu, saat pergi bekerja, tidak sedikit juga para suami atau kepala keluarga pasti membawa bekal makanan untuk makan siang. Termasuk juga anak-anak mereka yang bersekolah hingga siang. Membawa makanan dari rumah merupakan cara yang paling simpel dalam menghemat keuangan keluarga.

  1. Menginvestasikan Pendapatan

Ketika terima gaji, pilih menyisihkan terlebih dulu sekian persen gaji untuk diinvestasikan atau nanti saja ketika uang masih tersisa? Anda tipe yang mana nih.

Ubahlah kebiasaan bila masih melakukan investasi saat uang masih tersisa. Lakukan investasi sejak dini demi meraih kebebasan finansial saat usia senja nanti. Salah satu caranya bisa dengan menetapkan target, yaitu menginvestasikan sekian persen dari total gaji yang diterima setiap bulannya.

Terkait berapa persentasenya bisa Anda atur sesuai gaji dan kebutuhan yang harus ditanggung.

Merujuk dari cara orang Cina menginvestasikan uang, biasanya mereka menyisihkan uangnya sebesar 50 persen. Chindo juga lebih memilih untuk menyimpan setengah pendapatan mereka untuk digunakan di masa depan, seperti membeli rumah, membesarkan anak, atau membayar layanan medis.

  1. Jarang Berhutang

Salah satu prinsip hidup banyak orang Cina adalah tidak berhutang. Orang Cina selalu membeli apa yang bisa dibeli dengan uang yang ada tanpa berhutang. Hal ini juga terbukti dengan gaya hidup orang Cina yang tidak gengsi, mereka lebih memilih hidup sederhana daripada hutang sana sini untuk memenuhi gengsi.

Bahkan, sebelum memilih kartu kredit, mereka akan mempertimbangkan dengan matang bank mana yang memberikan penawaran yang lebih baik dengan biaya yang paling murah. Yang terpenting adalah harus sesuai dengan tujuannya, bahwa kartu kredit digunakan hanya ketika mendadak.

Baca juga: Apa itu Kartu Kredit dan Cara Cerdas Menggunakannya

Ketika orang Cina harus mencicil, mereka memanfaatkan cicilan untuk merintis usaha.

  1. Selalu Ada Tawar Menawar

Chindo biasanya cenderung untuk melakukan tawar menawar dalam setiap transaksi. Hal tersebut tidak hanya dilakukan di pasar tradisional, bahkan di supermarket dimana barang-barangnya sudah diberi label harga pun masih mereka tawar.

Rasa penasaran menjadi pemicu orang Cina melakukan proses tawar menawar dan hal tersebut mereka nilai sebagai sebuah seni.

Namun, mereka tidak akan menawar hanya untuk kepentingan diri sendiri. Tetap memberi keuntungan juga bagi penjual. Mereka hanya ingin mendapatkan barang dengan harga yang wajar. Chindo biasanya urung juga untuk membeli barang yang terlalu murah.

  1. Berbagi

Mungkin terdengar aneh untuk sebagian orang, bahwa mau kaya kok rajin berbagi. “Kalau mau kaya ya kumpulin uang dong dan jangan malah dibagi-bagi!” Kalimat ini tidak ada di kamus orang Cina. Berbagi tidak akan membuat kekayaan menyusut.

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa orang Cina sebenarnya tidak pelit. Meski Chindo juga sangat teliti, perhitungan dan sangat menghargai waktu ketika masuk ke dalam dunia bisnis. Namun, untuk kegiatan berbagi tidak.

Apalagi dalam lingkungan keluarga, orang Cina akan dengan cepat mengulurkan bantuan kepada keluarga, rekan, atau yang lainnya. Satu hal yang perlu kita ketahui, adalah para Chindo akan mengutamakan keluarga dari apapun. Salah satu petuah dalam hidup mereka adalah berbagi dan membahagiakan keluarga bisa membuka ruang rejeki.

Itu dia 5 cara mengatur uang ala Chindo yang bisa Anda coba. Adakah dari no 1 sampai 5 yang sudah diterapkan?

Baca jugaCara Mengatur Gaji Mingguan dan Bulanan, Temukan Manfaatnya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE