30.4 C
Jakarta
Minggu, 3 Maret, 2024

Cara Investasi Emas bagi Pemula, Ketahui Juga Jenis-jenisnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas atau logam mulia untuk pemula pada dasarnya tentunya akan sangat mudah untuk dilakukan.

Seperti diketahui, logam mulia memang bukan hanya populer sebagai perhiasan, melainkan juga dipandang sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan.

Hal itu karena emas adalah barang yang harganya punya kecenderungan naik dan jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan.

Dengan popularitas yang kian meninggi itu, tentu saja emas menjadi incaran banyak orang hingga saat ini sebagai aset dalam berinvestasi.

Nah, bagi kamu para pemula yang ingin tahu caranya, simak yuk ulasan berikut ini.

indodax

Baca juga: Aplikasi Investasi Emas Paling Aman untuk Menabung

Jenis-jenis Investasi Emas

Terdapat beberapa jenis investasi emas yang dapat Anda pertimbangkan, masing-masing memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis investasi logam mulia yang umum:

  1. Emas Fisik
  • Perhiasan: Membeli perhiasan emas adalah salah satu cara yang paling umum untuk memiliki emas fisik. Namun, perhiasan sering kali memiliki nilai tambah desain dan produksi, sehingga kenaikan nilainya mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan harga emas mentah.
  • Koin Emas: Koin emas yang dikeluarkan oleh pemerintah atau lembaga khusus sering kali dijual dengan premium di atas harga emas aktual. Koin-koin ini sering dikoleksi dan diperdagangkan berdasarkan nilai koleksi serta nilai intrinsik emas.
  • Batangan Emas: Batangan emas adalah blok logam murni emas yang biasanya dijual dalam berbagai ukuran. Mereka cenderung memiliki premi lebih rendah daripada koin karena kurang memiliki unsur seni.
  1. Sertifikat Emas

Sertifikat emas adalah dokumen yang mengkonfirmasi kepemilikan Anda atas sejumlah emas di bank atau lembaga penyimpanan tertentu. Meskipun Anda tidak memiliki fisik emas dalam hal ini, sertifikat ini mewakili klaim atas sejumlah emas.

  1. Reksa Dana Emas

Reksa dana emas adalah cara yang lebih mudah untuk berinvestasi dalam emas. Anda membeli unit reksa dana yang dikelola oleh profesional. Dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio emas yang bisa berupa emas fisik atau instrumen lain yang berkaitan dengan emas.

  1. ETF Emas (Exchange-Traded Fund)

ETF emas adalah dana yang diperdagangkan di bursa seperti saham. Ini mengikuti harga emas fisik dan memungkinkan Anda untuk memiliki paparan langsung terhadap pergerakan harga emas tanpa benar-benar memiliki emas fisik.

  1. Investasi Emas Online

Ini melibatkan perdagangan emas secara online melalui platform perdagangan kripto atau aplikasi finansial. Anda dapat membeli dan menjual emas dengan mudah berdasarkan perubahan harga pasar.

  1. Perak dan Logam Mulia Lainnya

Selain emas, Anda juga dapat berinvestasi dalam logam mulia lainnya seperti perak, platinum, dan paladium. Mereka memiliki karakteristik investasi yang berbeda dan dapat digunakan untuk diversifikasi portofolio.

  1. Savings Account Berbasis Emas

Beberapa bank menawarkan rekening tabungan berbasis emas di mana Anda dapat menyimpan sejumlah uang dalam bentuk emas dan nilainya terkait dengan harga emas pasar.

Cara Investasi Emas bagi Pemula

Investasi emas adalah cara yang populer untuk melindungi kekayaan, mendiversifikasi portofolio, dan menghadapi ketidakpastian ekonomi. Bagi pemula, ada beberapa langkah yang perlu diambil untuk memulai investasi emas:

1. Pahami Tujuan Investasi Anda

Tentukan tujuan investasi Anda. Apakah Anda ingin melindungi aset dari inflasi, mendapatkan keuntungan jangka panjang, atau tujuan lainnya? Tujuan Anda akan membantu menentukan pendekatan investasi yang tepat.

2. Pahami Jenis Investasi Emas

Ada beberapa cara untuk berinvestasi dalam emas, seperti emas fisik, sertifikat emas, reksa dana emas, dan perdagangan emas online (trading gold). Pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing opsi sebelum memutuskan.

  1. Penelitian

Lakukan penelitian tentang pasar emas dan tren harga terkini. Pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas, seperti inflasi, nilai tukar mata uang, dan permintaan industri, dapat membantu Anda membuat keputusan investasi yang lebih baik.

  1. Buat Anggaran

Tetapkan jumlah uang yang siap Anda investasikan dalam emas. Pastikan bahwa jumlah ini adalah uang yang Anda mampu untuk investasikan tanpa mengganggu kebutuhan finansial sehari-hari.

Baca juga: Cara Beli Emas Antam dan Tipsnya, Simak Yuk!

Cara Investasi Emas

  1. Pilih Jenis Investasi Emas

Berdasarkan tujuan dan penelitian Anda, pilih jenis investasi emas yang sesuai. Jika Anda ingin memiliki emas fisik, Anda dapat membeli perhiasan, koin emas, atau batangan emas. Jika Anda ingin investasi yang lebih mudah dikelola, pertimbangkan reksa dana emas atau perdagangan emas online.

  1. Cari Penjual Terpercaya

Jika Anda ingin memiliki emas fisik, carilah penjual emas yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Pastikan bahwa emas yang Anda beli memiliki sertifikat keaslian.

  1. Pertimbangkan Keamanan

Jika Anda memiliki emas fisik, pertimbangkan keamanan penyimpanannya. Simpan emas di tempat yang aman, seperti brankas atau deposit box di bank.

  1. Diversifikasi

Jangan hanya mengandalkan investasi emas. Diversifikasi portofolio Anda dengan berinvestasi dalam aset lainnya seperti saham, obligasi, atau properti.

  1. Pantau dan Evaluasi

Pantau kinerja investasi emas Anda secara berkala. Jika kondisi pasar berubah atau tujuan investasi Anda berubah, Anda mungkin perlu menyesuaikan portofolio Anda.

  1. Perluas Pengetahuan

Terus perluas pengetahuan Anda tentang investasi emas dan perkembangan pasar. Semakin banyak Anda tahu, semakin baik Anda dapat mengelola investasi Anda.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Yuk Kita Simak!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE