25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Anti Boncos! Ini Cara Investasi Kripto yang Aman dan Menguntungkan

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi kripto yang aman dan menguntungkan penting sekali dipahami. Saat ini, investasi kripto merupakan salah satu instrumen investasi yang paling banyak digandrungi masyarakat dunia. 

Tak heran, jika saat ini kripto atau mata uang digital tersebut kian populer. Namun untuk memulai investasi kripto, ada baiknya jika kamu mempelajari terlebih dahulu tips maupun cara investasi yang aman dan menguntungkan. Simak di artikel ini hingga tuntas. 

Pengertian Kripto

Melansir Investopedia, cryptocurrency atau mata uang kripto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin dipalsukan.

Pencatatan semua transaksi yang dilakukan tersimpan pada teknologi blockchain. Blockchain tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas sehingga tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Sederhananya, kripto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.

Baca juga: Wajib Tahu, Inilah Jenis Crypto Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Selain digunakan sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai mata uang virtual tersebut.

Di sini juga berlaku hukum penawaran dan permintaan (supply-demand). Artinya, semakin banyak orang yang menanamkan modalnya pada cryptocurrency, nilainya akan semakin tinggi.

Di Indonesia sendiri aset kripto yang dikategorikan sebagai emas digial telah mendapatkan legalitas hukum melalui Peraturan Badan Pengawasan Perdagangan Komoditi (Bappebti).

Cara Investasi Kripto yang Aman dan Menguntungkan

Cara Investasi Kripto yang Aman dan Menguntungkan

Sebelum terjun ke dunia investasi kripto, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja risikonya. Apalagi cryptocurrency punya fluktuasi harga yang sangat tinggi. 

Baca juga: Beragam Kegunaan Bitcoin, Bukan Cuma Buat Investasi Lho!

Sehingga bisa mendatangkan kerugian jika kamu tidak berhati-hati saat menggunakan investasi ini. Selain memahami apa saja jenis aset kripto, kamu juga harus tahu bagaimana cara investasi yang benar. Gunakan cara investasi cryptocurrency anti boncos berikut ini:

1. Cara investasi kripto yang aman dan menguntungkan: Pahami konsep dan Istilah

Masih ada banyak investor pemula yang asal ikut tren ketika investasi. Hal ini justru menyebabkan kerugian yang cukup besar. Jadi, pahami konsep dan istilah dari cryptocurrency yang akan kamu jadikan sebagai investasi. Cari tahu juga jenis kripto apa saja yang cocok untuk investasi jangka pendek dan jenis kripto untuk investasi jangka panjang.

2. Cara investasi kripto yang aman dan menguntungkan: Investasi Cryptocurrency di Exchange Resmi

Setelah tahu jenis kripto terbaik maka langkah berikutnya adalah menentukan exchange untuk membeli aset kripto. Salah satunya seperti Indodax

Pastikan kamu investasi cryptocurrency di broker resmi agar terhindar dari kejahatan seperti penipuan maupun pencurian data. Jangan pernah percaya dengan iming-iming untung besar dalam waktu singkat. Sebab tidak ada jenis investasi yang bisa memberikan keuntungan seperti itu.

3. Pelajari Besar Biaya Layanan Bursa Kripto

Investasi memang bisa menjadi jaminan hari tua yang menjanjikan. Namun kamu juga harus tahu jika investasi cryptocurrency membutuhkan biaya yang tidak kecil. Beberapa platform kripto memang menawarkan investasi dengan modal rendah, namun keuntungan yang didapat juga kecil. Selain itu, terdapat biaya layanan bursa kripto yang harus dibayar ketika berinvestasi di platform tersebut.

4. Lakukan Analisa Teknikal dan Cek Pasar

Asal terjun ke dunia investasi tanpa ilmu adalah kesalahan besar. Diperlukan analisa mendalam dan cek pasar sebelum memutuskan untuk investasi menggunakan aset kripto. Seperti yang kita tahu jika pergerakan harga di pasar kripto sangat cepat. Jadi bekali diri dengan analisa teknikal yang mumpuni sehingga kamu bisa membaca pergerakan pasar cryptocurrency dengan tepat.

5. Pentingnya Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi portofolio adalah cara untuk membagi sumber dana ke beberapa kategori investasi. Ini penting agar ketika salah satu nilai produk investasi turun, kamu tidak mengalami kerugian besar. Karena masih punya produk investasi lain yang nilainya mungkin sedang naik. Menggunakan diversifikasi portofolio artinya kamu membagi total modal yang dimiliki ke beberapa kategori instrumen investasi.

6. Gunakan Uang Dingin dan Mulai dengan Jumlah Kecil

Investasi memang penting untuk masa depan, namun jangan menggunakan uang bulanan untuk hal ini. Pakai uang dingin atau uang lebih yang memang tidak dipakai untuk beli kebutuhan pokok. 

Sehingga ketika instrumen investasi ternyata sedang turun nilainya, kamu masih punya uang cadangan. Mulai investasi dengan jumlah kecil agar kamu bisa belajar secara perlahan untuk mengenal cara kerja investasi.

Itulah cara investasi kripto yang aman dan menguntungkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca jugaBerita Bitcoin Hari Ini: Usai Laporan Inflasi AS, Kripto Perkasa Lagi!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE