26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Beragam Kegunaan Bitcoin, Bukan Cuma Buat Investasi Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Beragam kegunaan Bitcoin penting untuk diketahui. Bukan cuma sebagai investasi, ternyata banyak ragam kegunaan bitcoin lainnya. 

Bitcoin adalah sebuah mata uang baru atau uang elektronik yang diciptakan pada tahun 2009 lalu oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Bitcoin utamanya digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara alias tidak menggunakan jasa bank. Hanya saja, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi .

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Lanjutkan Penguatan Harga

Tidak seperti mata uang lain pada umumnya, bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi.

Ia juga menggunakan kriptografi untuk menyediakan berbagai fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin hanya dapat digunakan oleh orang yang memang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Alhasil, bitcoin bisa digunakan dalam berbagai jenis transaksi seperti membeli server internet, membeli produk fashion dan lain sebagainya.

Banyak juga orang yang hanya memperjualbelikan bitcoin sebagai salah satu kegiatan berinvestasi yang menguntungkan, dan banyak yang menjadi kaya raya karenanya. Hal tersebut dipengaruhi oleh harga bitcoin yang mencapai ratusan juta rupiah pada tahun 2017 silam.

beragam kegunaan bitcoin

Beragam Kegunaan Bitcoin, Ini Daftarnya 

Berikut ini beragam kegunaan Bitcoin yang perlu diketahui. Di antaranya:

1. Transaksi Jual-Beli Bitcoin

Cara menggunakan bitcoin yang pertama adalah dengan melakukan transaksi jual-beli bitcoin. Namun, untuk dapat melakukan ini, kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke exchange atau bursa. Beruntung sekali, di Indonesia telah banyak bursa bitcoin yang tersedia.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan dalam melakukan transaksi jual-beli bitcoin, kita perlu dengan cermat dan teliti memperhatikan harga bitcoin yang sangat fluktuatif nilainya. Lumrahnya, kita bisa membeli bitcoin ketika nilainya sedang turun, dan menjualnya ketika harganya sedang naik dan tinggi.

2. Investasi Jangka Panjang

Cara menggunakan bitcoin yang bijak juga bisa kita lakukan untuk investasi jangka panjang. Seiring dengan pesatnya kenaikan harga bitcoin, banyak investor yang mulai bergeser mengalihkan dana yang dimiliki ke instrumen bitcoin. Hal tersebut jelas, karena tawaran keuntungan signifikan dan juga proses transaksi juga pergerakan harga yang transparan.

Selama masa pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang lalu, tercatat harga bitcoin semakin meningkat, dan hal tersebut terus berlangsung hingga saat ini. Maka dari itu, bitcoin sangat potensial dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Usai Laporan Inflasi AS, Kripto Perkasa Lagi!

3. Beragam Kegunaan Bitcoin: Untuk Beramal

Kita juga bisa melakukan cara menggunakan bitcoin, selain sebagai investasi, juga digunakan untuk beramal. Saat ini, sudah tersedia beberapa organisasi yang menerima bitcoin untuk aksi kemanusiaan. Seperti aksi kemanusiaan dalam Save the Children, The Water Project, Red Cross, Unicef dan masih banyak organisasi kemanusiaan lainnya.

Dengan ketersediaan organisasi kemanusiaan yang menerima bitcoin untuk beramal, hal ini semakin menarik banyak minat orang untuk memainkan bitcoin itu sendiri. Dan tentu saja, akan sangat bermanfaat untuk kemanusiaan yang ada di dunia ini.

4. Beragam Kegunaan Bitcoin: Membeli Barang Secara Online

Cara menggunakan bitcoin selanjutnya bisa digunakan untuk membeli barang secara online. Meskipun di Indonesia, penggunaan bitcoin untuk membeli barang masih ilegal. Namun, beberapa hal bisa dibeli secara online menggunakan bitcoin, seperti membeli game, film dan aplikasi secara online. Juga belanja di marketplace internasional Amazon.

5. Pembayaran Subscription

Subscription merupakan cara pembayaran online yang digunakan untuk berbagai layanan, seperti film, musik dan tayangan lainnya. Saat ini, kita telah bisa melakukan cara menggunakan bitcoin untuk pembayaran subscription. Layanan online seperti jaringan VPN, registrasi nama domain dan penyedia layanan internet juga telah bersedia menerima pembayaran menggunakan bitcoin. Hal ini semakin meluaskan fungsi dari kegunaan bitcoin itu sendiri.

6. Membeli Giftcard

Sudah sejak lama, tradisi memberikan giftcard atau kartu hadiah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini juga kita bisa membeli kartu hadiah dan diberikan kepada kerabat atau sejawat dengan menggunakan bitcoin. Maka dari itu, cara menggunakan bitcoin yang bijak yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan membeli giftcard. Banyak situs yang telah bersedia menerima bitcoin sebagai alat pembayaran, seperti Egifter dan Gyft. 

7. Membeli Produk Ritel

Jika beberapa cara menggunakan bitcoin di atas terasa sangat jauh dan tidak begitu dekat dengan kebutuhan sehari-hari kita, penggunaan bitcoin satu ini akan membuat kita semakin yakin untuk memainkan bitcoin. Karena, bitcoin telah dapat digunakan untuk membeli beberapa produk ritel. Kita bisa membeli produk ritel di toko online seperti Amazon, Starbucks dan Target untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari.

Itulah beragam kegunaan Bitcoin yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya. 

Baca juga: Perbedaan Bitcoin dan Ethereum, Dua Crypto Pemegang Tahta! 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE