34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Deretan Marketplace NFT Terbaik di Dunia: OpenSea hingga Axie

JAKARTA, duniafintech.com – Marketplace NFT atau non-fungible token terbaik di dunia berikut ini tentu saja sangat penting untuk Anda ketahui.

Marketplace terbaik, tentunya memiliki banyak pengguna hingga layanan terbaik. 

NFT adalah aset digital yang sedang sangat populer, terlebih karena kisah Ghozali yang berhasil menjual kumpulan foto selfie-nya dengan harga miliaran dalam bentuk NFT. NFT sendiri dibangun di atas teknologi blockchain yang merupakan pengembangan dari cryptocurrency yang merupakan jenis aset fungiable.

Konsep NFT berbeda dengan cryptocurrency yang bekerja layaknya mata uang. NFT merupakan aset digital yang memiliki kode identifikasi unik untuk mewakili suatu benda berharga. 

Baca juga: Mau Tahu Apa Saja Marketplace NFT Indonesia, Ini Daftarnya! 

Sederhananya NFT adalah benda yang bisa diperdagangkan yang sifatnya unik antara satu dengan lainnya, sementara cryptocurrency adalah mata uangnya

Apa Itu Marketplace NFT? 

NFT marketplace adalah platform tempat menampilkan dan memperjualbelikan aset kripto, NFT. NFT marketplace tak jauh berbeda seperti platform marketplace lainnya, semisal Amazon, eBay, Tokopedia, Bukalapak,Shopee dan lainnya.

NFT marketplace menjadi fasilitas untuk para kolektor digital melakukan jual beli dan juga menjadi cara membuat NFT untuk merepresentasikan kepemilikan atas suatu aset atau item unik, baik yang berwujud (fisik) atau tidak berwujud (digital).

Kenapa ada NFT berwujud? Karena memang sertifikat digital ini bisa digunakan untuk barang yang fisiknya ada di dunia nyata, seperti properti dan lainnya. Namun sejauh ini, NFT lebih dikenal sebagai karya seni digital seperti ilustrasi, foto, musik dan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak ulasan mengenai marketplace NFT terbaik di dunia berikut ini. 

marketplace nft terbaik di dunia

Marketplace NFT Terbaik di Dunia

Ada beberapa Marketplace NET yang dikenal terbaik di industri investasi kripto ini, di antaranya adalah OpenSea, Rarible, Nifty Gateway, Axie Marketplace dan SuperRare. Melansir Qoala, berikut penjelasannya.

1. Marketplace NFT Terbaik di Dunia: OpenSea

Di dunia Per-NFT-an, OpenSea disebut-sebut sebagai pemimpin di pasar jual beli aset virtual saat ini. Tak heran karena NFT marketplace satu ini memang menyediakan semua jenis aset digital di dalamnya. Lalu platform ini memungkinkan semua orang untuk mendaftar secara gratis dan mencari berbagai penawaran ekstensif.

Selain itu, proses yang dibutuhkan para pembuat konten dan artis untuk membuat NFT di OpenSea juga sangat mudah dan telah mendukung lebih dari 150 token pembayaran berbeda. Jadi jika kamu mencari yang menerima selain Ethereum, seperti dodge, binance nft marketplace atau lainnya maka bisa menggunakan platform ini.

Para pendiri, yaitu Devin Finzer dan Alex Athallah dikabarkan membuat OpenSea karena terinspirasi oleh Crypto Kitties, sebuah aplikasi terdesentralisasi yang dibangun di atas teknologi blockchain. Pada tahun 2017, aplikasi Crypto Kitties ini memang cukup mencuri perhatian dunia.

Kedua pendiri tersebut diketahui bergabung ke komunitas pengguna awal Crypto Kitties di Discord. Seperti dilansir dari laman resmi OpenSea, keduanya lantas memberanikan diri membuat versi beta dari OpenSea pada bulan Desember 2017, dimana masih merupakan tahun yang sama dengan Crypton Kitties beroperasi.

Namun, saat itu Crypto Kitties menargetkan mainstream audiens, sementara OpenSea hadir sebagai pasar terbuka pertama untuk setiap token yang sebelumnya tidak dapat dipertukarkan di blockchain Ethereum.

Melalui OpenSea, seorang kreator bisa meraih keuntungan dari karyanya melalui penjualan NFT. Semakin populer karya yang dibuat maka semakin besar pula keuntungan yang didapat. Sementara itu di sisi lain, pihak OpenSea mendapat imbalannya dari insentif yang di yang harus dikeluarkan kreator yang menyimpan dagangan di platform mereka yang disebut NFT gas. Besarannya adalah 2,5% dari harga transaksi.

2. Marketplace NFT Terbaik di Dunia: Rarible

Rarible juga merupakan NFT marketplace besar yang tidak kalah populer. Platform ini tidak jauh berbeda dengan OpenSea, karena kamu juga bisa menemukan berbagai jenis NFT di sana. Berbagai jenis karya seni digital, mulai dari ilustrasi, lukisan, musik, video, hingga kartu koleksi dan berbagai aset lainnya dapat dibuat dan diperjualbelikan di Rarible dalam bentuk NFT tentunya.

Jadi konsep platform ini secara keseluruhan nyaris sama dengan OpenSea atau platform NFT marketplace lainnya. Namun ada perbedaan di jenis token yang diperbolehkan, di Rarible kamu harus melakukan transaksi dengan token RARI yang dibangun di atas blockchain Ethereum.

Marketplace ini cukup direkomendasikan untuk orang yang masih pemula dalam invest karena memiliki tampilan interface yang simpel sehingga mudah dipahami. Selain itu terdapat berbagai fitur fungsional unggulan yang memudahkan mereka. Selain itu, tersedia banyak opsi pembayaran mulai dari MetaMask, MyEtherWallet, Coinbase Wallet, WalletConnect, dan lainnya.

Rarible mematok biaya transaksi sebesar 2,5% untuk penjual dan 2,5% untuk pembeli dari harga NFT-nya. Jadi, total biaya transaksi yang akan diterima Rarible adalah 5%. Biaya ini lebih besar jika dibandingkan OpenSea yang hanya mematok 2,5% namun relatif masih di bawah rata-rata NFT marketplace lain yang bisa mematok tarif hingga 7,5%.

3. Nifty Gateway

Nifty Gateway yang juga dikenal dengan sebutan Nifties ini merupakan NFT marketplace yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Platform ini mendapat support dari crypto exchange Gemini yang merupakan crypto exchange ternama yang telah teregulasi di AS.

Baca juga: Ada Kemajuan, Jaringan Cardano Digadang-gadang Bakal Dominasi Marketplace NFT Masa Depan

Dalam menjalankan fungsinya, Nifty Gateway bertindak layaknya kurator seni dan hanya menampilkan karya seni-karya seni berkualitas dengan fitur rilis waktu terbatas. Selain itu, platform ini akan memberitahu pengguna jadwal rilis NFT drop melalui penghitung waktu.

Para artis bebas menentukan biaya royalti yang mereka ambil dari penjualan sekunder melalui platform mereka. Diketahui Nifties juga telah memfasilitasi penjualan beberapa seniman populer, seperti musisi Eminem, The Weeknd, Grimes dan Beeple.

NFT yang berbasis di New York ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2018 dan pada saat itu populer digunakan untuk pembelian di game kripto seperti Gods Unchained dan crypto-kitties. Menariknya, platform ini dapat menampung semua NFT yang kamu beli. Jadi, aset-aset NFT tersebut tidak akan disimpan di wallet-mu, melainkan disimpan di Nift Gateway dan Gemini.

Jika kamu berniat membeli aset, kamu akan dimanjakan oleh fitur kurasi karya seni yang canggih. Fitur tersebut akan membantumu menemukan aset yang benar-benar berkualitas, baik dari artis yang terverifikasi ataupun yang belum. Alhasil kamu akan terhindar dari aksi penipuan atau salah membeli aset.

Namun cara pemakaian Nifty Gateway sedikit lebih rumit, karena di awal kamu harus mendaftar dua akun, yaitu akun Nifty sekaligus akun Gemini exchange. Sisi baiknya adalah kamu jadi punya dua opsi pembayaran aset, bisa via Gemini Exchange atau langsung dari Nifty Gateway. Saldo Gemini sendiri bisa kamu top up via transfer bank atau menggunakan saldo deposit kripto.

4. Axie Marketplace

Di sektor crypto berbasis game NFT, game Axie Infinity adalah salah satu yang paling populer sebagai kripto dengan fundamental yang bagus. Axie Marketplace adalah NFT marketplace yang diciptakan untuk menjadi online shop atau toko digital game Axie Infinity tersebut.

Walaupun masuk ke jajaran marketplace NFT terbesar di dunia, Axie Marketplace ini cukup berbeda dari NFT marketplace lainnya. Pasalnya, di platform ini tidak memperjualbelikan karya seni NFT, melainkan memfasilitasi transaksi untuk aset bernama Axies dan item-item lain yang ada di game Axie Infinity.

Apa itu Axies? Axies adalah makhluk fiktif yang dibangun dalam ekosistem game Axie Infinity. Di dalam game, para pemain akan melatih dan mengadu Axies yang dimilikinya dengan Axies player lain untuk mendapatkan reward. Nah, para pemain bisa membeli Axies baru melalui Axies Marketplace. Selain Axies, pasar NFT satu ini juga menjual tanah, perlengkapan dan item lain yang bisa digunakan di dalam game.

Token yang digunakan di dalam game Axie Infinity adalah Axie Shards dibangun di atas Blockchain Ethereum. Alhasil, token-token tersebut dapat diperjualbelikan di berbagai NFT marketplace dan di beberapa crypto exchange seperti Coinbase Global.

5. SuperRare

SuperRare adalah platform perdagangan NFT yang sudah ada sejak tahun 2017 dan dibangun di atas blockchain Ethereum. Para seniman bisa menampilkan karya eksklusif mereka di platform ini dan mendapat pembeli.

Selain sebagai tempat jual beli, banyak yang memanfaatkan SuperRare seperti platform sosial media untuk komunitas NFT. Alhasil kamu bisa dibantu oleh banyak orang untuk memilih dan menilai aset berdasarkan kualitasnya. Fungsi sosial media ini mungkin didorong oleh tampilan interface-nya yang lebih minimalis dan nyaman untuk pengguna berlama-lama di dalamnya.

Hal menarik lain dari SuperRare adalah fitur yang memungkinkan para kreator NFT untuk menampilkan karya mereka menggunakan realitas virtual serta sejumlah fitur interaktif lainnya. Ya, bisa dibilang mereka bisa menerbitkan trailer atau teaser dari karya mereka terlebih dulu, sehingga lebih memungkinkan menarik lebih banyak minat.

Secara kurasi, platform ini memiliki daya kurasi yang terkenal sangat baik. Setiap karya seni yang ingin dipublikasikan ke publik harus lolos kurasi dulu oleh komunitas SuperRare. Proses penilaian menjadi poin plus yang bisa mencegah modus penjualan karya seni palsu.

Itulah marketplace NFT terbaik di dunia saat ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda. 

Baca juga: Kekayaan Bos Marketplace NFT OpenSea, Tempat Sultan Ghazali Jualan Foto Selfie

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...

Kinerja Positif Kementerian BUMN Tercapai di Tahun 2021

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan pencapaian kinerja berada dalam posisi positif ditengah situasi pandemi global di tahun 2021. Hal...
LANGUAGE