27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Cara Klaim Asuransi lewat Aplikasi Traveloka, Inilah Panduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara klaim asuransi lewat aplikasi Traveloka akan sangat penting diketahui oleh para pengguna aplikasi satu ini.

Klaim asuransi sendiri merupakan tuntutan dari pihak tertanggung sehubungan dengan adanya kontrak perjanjian antara asuransi dengan pihak tertanggung yang masing-masing pihak mengikatkan diri untuk menjamin pembayaran ganti rugi oleh penanggung jika pembayaran premi asuransi telah dilakukan oleh pihak tertanggung, ketika terjadi musibah yang diderita oleh pihak tertanggung. 

Berbicara tentang proses klaim asuransi, hal ini sering menjadi keresahan bagi sebagian pemilik polis karena menurut mereka proses klaim dalam asuransi memakan waktu yang lama dan ribet. Hal itu berlaku untuk semua jenis klaim asuransi baik itu cara klaim asuransi mobil hingga klaim asuransi jiwa.

Asuransi Traveloka selalu berupaya untuk memberikan kemudahan kepada nasabah yang berasuransi di Traveloka mulai dari pendaftaran, pembayaran hingga proses klaim asuransi. 

Untuk saat ini, Anda sudah bisa melakukan klaim asuransi Chubb Travel lewat aplikasi Traveloka. Sedangkan untuk asuransi lainnya, Anda dapat mengetahui cara mengklaim asuransi pada halaman Informasi Produk atau di Ketentuan Polis. 

Baca juga: Ide Bisnis Tour & Travel Kekinian untuk Milenial, Intip Yuk!

ISFF 2023 INDODAX

Tidak perlu khawatir, Traveloka dapat membantu menjelaskan cara mengisi atau mengirimkan permintaan klaim Anda. Namun, harap dicatat bahwa pencairan asuransi Anda akan ditinjau dan dibayarkan oleh pihak Penanggung.

Perlu diingat, melengkapi dokumen atau syarat klaim asuransi adalah salah satu cara mengajukan klaim asuransi yang perlu Anda penuhi. Anda dapat menemukan dokumen yang diperlukan untuk mengirimkan permintaan klaim di Ketentuan Polis. 

Ketentuan Polis dapat Anda temukan di email yang telah dikirimkan ke alamat email Anda setelah pembelian, atau melalui aplikasi Traveloka di bagian bawah halaman Perlindungan di halaman detail asuransi Anda. Pastikan, Anda memenuhi semua syarat pengajuan klaim asuransi dengan lengkap untuk menghindari klaim asuransi ditolak.

Nah, untuk mengetahui cara klaim asuransi lewat aplikasi Traveloka, simak ulasannya berikut ini.

Batas Waktu Pengajuan Klaim Asuransi — Cara Klaim Asuransi lewat Aplikasi Traveloka

Pada umumnya, Anda perlu mengajukan permintaan klaim dalam waktu tiga puluh (30) hari setelah tanggal kejadian yang menimbulkan klaim. Untuk informasi yang lebih detail harap melihat Ketentuan Polis Anda.

Lama Proses Pencairan Klaim Asuransi

Ini akan tergantung pada jenis asuransi dan permintaan klaim yang Anda miliki. Untuk asuransi perjalanan, diperlukan waktu sekitar 1 – 2 minggu untuk meninjau permintaan klaim Anda, dan setelah disetujui, membutuhkan waktu hingga lima hari hingga Anda menerima pembayaran Anda. Jenis asuransi lain mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari itu.

Jumlah Klaim Asuransi yang akan Diterima

Kompensasi yang akan Anda terima ketika permintaan klaim asuransi Anda disetujui akan bervariasi tergantung pada manfaat apa yang Anda klaim. Silakan periksa halaman Perlindungan di aplikasi Traveloka atau baca Ketentuan Polis untuk keterangan lebih lanjut.

Baca juga: 5 Kelebihan Menggunakan Asuransi Perjalanan, Tips Buat Para Traveler Nih!

Cara Klaim Asuransi lewat Aplikasi Traveloka

Cara Klaim Asuransi lewat Aplikasi Traveloka

  • Beli tiket penerbangan lewat Traveloka dan tambahkan asuransi perjalanan di pembelian Anda
  • Saat ingin mengajukan klaim, Anda dapat menuju ke halaman beranda asuransi di aplikasi Traveloka
  • Klik tombol My Insurance, lalu pilih halaman Klaim
  • Klik tombol “Buat Klaim Baru” di bagian bawah halaman Klaim
  • Pilih polis dan manfaat perlindungan yang ingin Anda klaim. Isi formulir klaim, lalu kirimkan permintaan klaim Anda
  • Lacak perkembangan status klaim Anda di halaman Klaim aplikasi Traveloka

Cara Mengajukan Klaim Asuransi sebagai Pihak ke-3

Anda dapat mengajukan klaim asuransi untuk orang lain. Jika Anda mengajukan klaim asuransi untuk orang lain, Anda mungkin diminta untuk memberikan informasi tambahan, seperti bukti hubungan dengan tertanggung atau Surat Kuasa.

Baca juga: Travel Insurance untuk Visa Schengen, Ini Daftar Terbaiknya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE