27.8 C
Jakarta
Kamis, 23 Mei, 2024

Selain Manfaatkan Fitur Paylater, Ini Cara Mudah dan Aman Kredit Barang di Shopee

JAKARTA, duniafintech.com – Cara kredit di Shopee yang perlu diketahui sebenarnya ada berbagai macam cara untuk bisa melakukan cicilan belanja di Shopee, baik itu menggunakan kartu kredit maupun Paylater. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Aplikasi e-commerce satu ini sangat disukai oleh mereka yang gemar belanja online karena banyaknya barang yang tersedia pada platform e-commerce tersebut, diskonnya pun cukup banyak, dan ada juga diskon gratis ongkir yang akan membuat beban belanja menjadi berkurang.

Sayangnya, meskipun banyak diskon yang sudah diberikan, terkadang kita sudah lebih dulu kehabisan uang dan harus menggunakan kredit untuk membelinya. Untuk hal ini kamu bisa menggunakan kredit Shopee yang sudah disediakan oleh aplikasi e-commerce satu ini. Dalam artikel berikut ini, maka kamu akan mengetahui berbagai cara kredit di Shopee yang bisa digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan kamu.

5 Cara Kredit di Shopee, Aman dan Mudah

  • Kredit dengan Shopee Paylater

Shopee Paylater atau biasa disingkat menjadi Spaylater merupakan sebuah produk cicilan atau pinjaman yang akan diberikan kepada pengguna Shopee di dalam e-commerce Shopee. Pinjaman online ini memiliki sifat yang resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan meskipun layanan ini disediakan langsung oleh Shopee.

Shopee Paylater ini bisa dibilang berbeda dengan dompet digital pada umumnya. Karena, dompet digital biasanya hanya akan menyimpan uang yang memang sudah dimiliki oleh penggunanya, tapi Shopee Paylater ini berbeda, karena akan memberikan pinjaman kepada pengguna Shopee yang telah melakukan transaksi di Shopee. Pengguna yang sudah mengajukan pinjaman ini harus bisa mengembalikan jumlah uang yang telah dipinjam beserta bunganya sesuai dengan tanggal jatuh tempo cicilan yang sudah dipilih sebelumnya.

  • Kredit Menggunakan Kartu Kredit BRI

Untuk melakukan pengajuan kredit di Shopee dengan BRI, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Shopee di smartphone kamu. Lalu, pilih barang apa yang kamu inginkan dan menekan menu beli sekarang serta melakukan check out.

Kamu harus memastikan juga bahwa alamat pengiriman serta jasa pengiriman yang dipilih sudah sesuai. Bisa juga memasukkan voucher free ongkir atau cashback (Jika Ada). Lalu, jika sudah masuk ke menu metode pembayaran, maka kamu bisa memilih cicilan kartu kredit> Bank BRI> tipe cicilan> konfirmasi.

Nanti pembeli akan secara otomatis langsung diarahkan ke halaman baru yang akan memverifikasi kartu kredit supaya bisa memasukkan kode OTP yang sudah dikirim oleh pihak bank. Jika berhasil maka akan muncul notifikasi kartu kredit sudah berhasil disimpan.

Kamu juga bisa memilih bank yang sudah ditambahkan sebelumnya> tipe cicilan (tenor 0,3,6,9 bulan)> konfirmasi. Sebelum kamu menekan buat pesanan harus lebih dulu memastikan kembali bahwa tidak ada yang keliru. Setelah itu, memasukkan kode CVV lalu mengklik bayar.

Terakhir Anda akan diarahkan kembali ke halaman verifikasi pembayaran melalui kode OTP yang sudah dimasukkan dan dikirimkan ke smartphone kamu. Jika pembayarannya sudah berhasil dan sudah disetujui, maka akan muncul notifikasi kalau pembayaran berhasil. Dengan begitu, kamu hanya perlu sampai barang tiba ke tempat.

  • Kredit Menggunakan Kartu Kredit BNI

Pada bagian metode pembayaran kamu juga bisa memilih pembayaran menggunakan kartu kredit BNI dengan memilih pembayaran cicilan kartu kredit> Bank BNI> tipe cicilan> konfirmasi. Perlu diingat juga bahwa kamu harus mengikuti langkah berikut ini jika belum pernah menggunakan metode pembayaran ini. Isi rincian kartu kredit, lalu kirimkan.

Nantinya pengguna akan diarahkan untuk masuk ke halaman bank untuk melakukan verifikasi kartu kredit dengan cara memasukkan kode verifikasi OTP yang sudah dikirimkan oleh pihak bank ke smartphone. Jika berhasil diverifikasi, maka akan muncul pesan kalau kartu kredit sudah berhasil disimpan.

Lalu kamu bisa memilih bank yang sudah kamu tambahkan> tipe cicilan> konfirmasi. Kamu bisa memeriksa kembali rincian pesanan kamu lalu mengklik buat pesanan. Masukkan kode CVV lalu klik bayar. Kamu akan diarahkan ke halaman Bank BNI untuk verifikasi pembayaran dengan memasukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan oleh pihak bank ponsel kamu. Jika berhasil kamu akan mendapatkan pesan kalau pembayaran kamu sudah berhasil.

  • Cara Kredit di Shopee Menggunakan Kredivo

Kredivo merupakan aplikasi Paylater atau cicilan tanpa kartu kredit dan juga tanpa DP untuk membantu pengguna kredivo berbelanja di toko online. Cara kerjanya mirip-mirip dengan kartu kredit pada umumnya, di mana para penggunanya akan mendapatkan maksimum pinjaman sebesar Rp3 juta dan bisa memilih tenor pinjaman kredit dalam sekali bayar dalam waktu 30 hari atau dengan cicilan selama 3,6,12 bulan.Bunga kredit untuk sekali bayar adalah 0% dan 2,95% untuk bunga cicilan. Kredivo ini juga tersedia pada lebih dari 150 toko yang berada di e-commerce seperti Shopee.

Cara menggunakannya adalah kamu lebih dulu harus mengajukan pinjaman lewat aplikasi Kredivo yang bisa kamu unduh di Google Play Store atau iOS. Lengkapi juga semua persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut. Sehingga, nantinya kamu bisa mendapatkan kredit yang dapat digunakan untuk berbelanja di aplikasi Shopee jika disetujui.

  • Akulaku

Akulaku merupakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang bisa digunakan untuk berbelanja online di Shopee, selain di Shopee bisa juga berbelanja langsung di aplikasi akulaku. Akulaku memiliki jangka waktu cicilan yang bisa dipilih sesuai kemampuan penggunanya mulai dari 1 hingga 12 bulan. Kamu juga harus lebih dulu sudah memiliki akun Akulaku untuk menggunakan kredit yang bisa digunakan untuk berbelanja online.

Kamu bisa melakukan pembuatan akun akulaku pada aplikasi yang sudah ada di Google Play Store atau App Store. Selain itu, bisa juga untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan saldo kredit yang sudah ada pada akun Akulaku. Jika limit yang dimiliki semakin tinggi, maka kamu juga akan bisa membeli barang yang lebih mahal.

Biaya yang akan dikenakan ketika menggunakan aplikasi ini adalah bunga cicilan dan biaya penanganan sebesar 1,5% untuk setiap transaksi yang dilakukan. Akun akulaku paylater akan tetap bisa digunakan selama limit kredit yang dimiliki masih ada dan menariknya, jika kamu membayar cicilan, maka akan membuat limit kredit bertambah dan bisa digunakan untuk bertransaksi lagi.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU