25.4 C
Jakarta
Senin, 15 Juli, 2024

5 Cara Mengetahui Kontak yang Tersimpan di Google

Ingin mengetahui kontak yang tersimpan di akun Google? Yuk simak cara melihat kontak yang tersimpan pada akun Google Anda.

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini terdapat banyak sekali fitur-fitur smartphone yang sangat memudahkan pengguna dalam mengelola suatu hal.

Dengan adanya fitur terbaru dan banyak manfaatnya, pengguna sangat terbantu sekali. Seperti halnya fitur penyimpanan kontak. Dulu waktu ponsel belum smart atau masih hp jadul, untuk menyimpan kontak sistem menyimpannya ke dalam dua hal.

Pertama dalam memori ponsel, kedua pada kartu sim no telepon. Namun hal itu masih kurang efektif, karena masih ada beberapa kekurangan yang terjadi jika menyimpan pada dua hal tersebut.

Tetapi saat ini untuk menyimpan nomor kontak Anda tidak perlu menyimpannya lagi pada perangkat ponsel atau kartu SIM. Anda bisa menyimpannya pada akun Google Anda. Dengan begitu kontak yang Anda simpan lebih aman.

Dan ketika Anda ganti hp, Anda tinggal login ke akun Google yang Anda gunakan untuk menyimpan nomor kontak, lalu tinggal pemulihan kontak, maka dengan seketika kontak yang Anda simpan akan tersinkronkan dengan perangkat baru Anda.

Namun terkadang kita setelah menyimpan nomor konta, kita lupa siapa saja kontak yang sudah kita simpan. Dan ketika mau melakukan edit kita juga bingung. Sering terjadi juga, karena memiliki dua atau lebih akun Google, maka tersimpannya pada akun Google lainnya.

Lalu bagaimana cara melihat kontak yang sudah tersimpan di Google? Nah tidak perlu berlama-lama lagi, berikut tutorial untuk melihat kontak yang tersimpan pada Google.

Cara melihat kontak yang tersimpan di Google

Untuk melihat kontak yang tersimpan pada akun Google Anda ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Namun untuk kali ini Dunia Fintech memberikan cara melihat yang menggunakan aplikasi kontak Google.

Jadi langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  1. Pertama yang perlu Anda lakukan yakni download aplikasi kontak dari Google melalui play store jika belum memilikinya. 
  2. Jika sudah langsung saja buka aplikasi kontak yang sudah Anda download melalui play store. 
  3. Lalu login terlebih dahulu melalui akun Google yang biasa untuk Anda gunakan untuk menyimpan kontak.
  4. Maka Informasi kontak yang Anda simpan ada semua pada aplikasi kontak ini.
  5. Selesai

Cukup mudah bukan untuk melihat kontak-kontak yang sudah Anda simpan pada akun Google Anda. Jika Anda merasa menyimpan melalui akun Google yang lain.

Anda tinggal menambahkan akun Google yang lain tersebut dan membukanya melalui aplikasi kontak itu. Maka kontak-kontak yang tersimpan akan muncul dengan sendiri.

Jika ingin melakukan perubahan informasi pada kontak yang sudah Anda simpan, misal merubah nama, foto, alamat dan lainnya Anda bisa langsung klik kontak yang ada dan tekan edit kontak yang ada pada pojok kanan layar smartphone Anda.

Dengan begitu Anda bisa merubah berbagai macam informasi yang ada. Lalu jika sudah jangan lupa tekan simpan untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan.

Kesimpulan

Untuk melakukan pengecekan atau melihat kontak yang Anda simpan pada akun Google Anda tinggal melihat nya menggunakan aplikasi kontak dari Google.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa melihat kontak-kontak yang sudah Anda simpan dan juga bisa merubah informasi yang ada, seperti nama, alamat, foto, dan hal lainnya.

Mungkin itu saja pembahasan pada artikel kali ini semoga apa yang saya jelaskan mengenai cara melihat kontak yang tersimpan pada akun Google ini bermanfaat. 

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU