25.6 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Cara Membeli NFT itu Mudah, Begini Langkah-langkahnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara membeli NFT (non fungible token) itu mudah. Anda hanya perlu memahami langkah-langkahnya. 

NFT kini tengah populer dan banyak digandrungi masyarakat. Aset digital ini mulai dikenal publik pada tahun 2017 saat game NFT, yakni Crypto Kitties diluncurkan. 

Di situ, pengguna bisa bermain game dengan basis blockchain jenis Ethereum (ETH). Mereka bisa mengadopsi, memelihara hingga memperdagangkan kucing peliharaan secara virtual di jagad maya. 

Mengenal Apa itu NFT

Beralih ke pengertian singkatnya, NFT adalah aset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Transaksinya akan tercatat di dalam sebuah data blockchain. Data tersebut akan berisi informasi tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan aset NFT tersebut. 

Melanisir CNBC, pada umumnya, transaksi investasi NFT sering menggunakan ether atau ETH yang merupakan koin buatan Ethereum. Lalu bagaimana bentuk NFT?

NFT umumnya muncul dengan format digital, seperti JPEG, PNG, GIF dan yang lain sebagainya. Jika Anda sudah memiliki aset NFT, Anda bisa menggunakannya untuk barang jual beli dengan baik dan bijak. Anda bisa mulai menjualnya dengan mencetak salah satu aset digital Anda sebagai aset NFT.

Baca juga: NFT Termahal di Dunia Harganya Tinggi Banget, Ini Daftarnya

Barang yang dapat dijual dalam bentuk NFT bisa berupa karya seni, game dan lainnya. Dokumen pun bisa sangat mudah untuk diubah menjadi NFT. Tentunya, harga jual akhir karya Anda akan bergantung dengan faktor subjektif seperti kualitas, kreativitas dan reputasinya.

Cara Membeli NFT

Cara Membeli NFT

Untuk mendapatkan non-fungible token, kamu bisa membelinya. Tetapi, karena non-fungible token ini merupakan sesuatu yang belum begitu familiar, belum banyak orang yang tahu bagaimana cara membelinya. 

Sebenarnya, ada banyak marketplace yang memperjualbelikan NFT, seperti Rarible, OpenSea, dan platform lain. Cara beli NFT token sebenarnya sama saja di semua platform, paling hanya ada perbedaan kecil pada detailnya saja. 

Jika kamu tertarik untuk memilih NFT di OpenSea, kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara membeli NFT yang dilansir dari Qoala.com berikut ini. 

1. Buat Wallet Crypto

Sudah memiliki wallet crypto? Wallet crypto diperlukan dan harus dihubungkan ke platform marketplace yang kamu pilih untuk beli non-fungible token, dalam hal ini contohnya adalah OpenSea. Masing-masing platform memiliki wallet atau dompet khusus yang pastinya kompatibel dengan sistem mereka. OpenSea kompatibel dengan beberapa wallet seperti MetaMask, Fortmatic, WalletConnect, Bitski, dan lain sebagainya.

2. Cari Koleksi NFT

Jika sudah memiliki wallet kripto yang kompatibel dengan OpenSea seperti beberapa contoh yang disebutkan di atas, kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu Mencari Koleksi NFT OpenSea. Setelah berhasil masuk dengan akun milikmu, kamu bisa membeli non-fungible token yang diinginkan. Lakukan pencarian koleksi non-fungible token untuk menemukan berbagai koleksi yang ditawarkan di platform marketplace pilihanmu.

3. Gunakan Menu Filter

Jika ingin menyeleksi objek yang sedang dicari, kamu bisa menggunakan menu filter. Dengan begitu, non-fungible token yang ditampilkan akan sesuai dengan preferensi kamu apakah non-fungible token yang sedang dilelang atau yang merupakan karya seni baru. Menu filter juga bisa digunakan untuk mencari item berdasarkan kategori atau harga non-fungible token itu sendiri.

4. Beli NFT

Langkah selanjutnya adalah bagian yang paling ditunggu-tunggu karena di langkah ini kamu bisa mendapatkan non-fungible token yang diincar. Di platform OpenSea, ada dua cara untuk membeli atau mendapatkan non-fungible token yaitu dengan cara lelang atau fixed price yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Membeli NFT dengan Sistem Fixed Price

Membeli dengan sistem fixed price berarti non-fungible token yang ditawarkan memiliki harga yang sudah ditetapkan oleh penjual. Artinya, kamu setuju untuk melakukan pembelian senilai harga tersebut. 

Jika sudah yakin untuk membeli koleksi non-fungible token yang ditampilkan di layar perangkatmu, klik tombol Buy now dan ikuti semua tahapan yang harus dilalui.

Baca juga: Cara Main Crypto Dengan Mudah dan Aman, Pastinya Cuan

Setelah pembayaran dilakukan menggunakan aset kripto, kamu akan langsung mendapatkan non-fungible token. Dengan kata lain pembelian sudah dilakukan dan berhasil. Namun apabila kamu merasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi, kamu bisa mengajukan penawaran agar bisa mendapatkan kesempatan untuk membelinya dengan harga yang lebih murah.

Membeli NFT dengan Sistem Lelang

Selain melalui fixe price, non-fungible token juga tersedia dan bisa dibeli dengan sistem lelang. Artinya, pembeli bisa mengajukan bid dengan menuliskan harga yang mereka tawarkan untuk membayar non-fungible token tersebut. 

Karena sistemnya lelang, kamu harus bersaing dengan peserta lelang lain. Peserta lelang yang menang bid kemudian akan bisa mendapatkan non-fungible token sementara yang kalah tidak bisa memilikinya.

Untuk melihat non-fungible token yang berhasil dibeli, kamu bisa masuk ke akun profil dan kemudian pilih menu In Wallet. Semakin banyak non-fungible token yang kamu beli, semakin banyak aset non-fungible token yang tersimpan di wallet milikmu.

Itulah ulasan mengenai cara membeli NFT. Mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Baca jugaMelihat Kelebihan Indodax, Platform Jual Beli Kripto Terpercaya di Indonesia

Baca terus berita fintech Indonesia dan Kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE