26.7 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

Pemula Wajib Tahu, Ini Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis

Cara membuat channel youtube untuk bisnis adalah hal yang barangkali terdengar sulit bagia banyak orang. Namun, sebagaimana jamak diketahui, pada era ini, platform Youtube adalah sarana untuk mempercepat kemajuan bisnis yang sedang dijalani.

Karena itu, dengan mengetahui cara membuat channel-nya melalui panduan di bawah ini, Anda bisa memanfaatkan platform digital terpopuler ini untuk memperbanyak saluran pemasaran Anda dengan harapan dapat menjangkau banyak pelanggan nantinya.

Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis

Tutorial cara membuat channel YouTube menghasilkan uang adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs youtube.com, kemudian pilih sign in di bagian kanan atas.
  2. Masukkan email dan password akun Google Bisnis Anda.
  3. Klik icon akun Google Anda, lalu pilih “Create Channel”.
  4. Setel logo, lalu tentukan nama channel Youtube Bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda sangat disarankan untuk menggunakan logo yang menarik dalam rangka memancing pengguna untuk mengklik dan tentukan nama sesuai dengan brand sesuai industri bisnis.

Di samping itu, tambahkan keyword yang banyak dicari orang. Misalkan: “Glowing Skincare—Skincare Terbaik”.

  1. Anda bisa melengkapi informasi bisnis Anda di bagian “Basic Info”.

Anda bisa klik “Customize Channel” > pilih “Basic Info” > isi deskripsi (isi dengan detail yang jelas terkait bisnis Anda, lalu sertakan juga keyword yang banyak dicari). Lantas, scroll ke bawah, pada section “Links”, isi Link terkait seperti link website, Facebook page Anda, Instagram milik Anda, dan lain-lain (cukup pilih “+ ADD LINK”).

Kemudian, di section “Contact info”, Anda bisa mengisinya dengan email bisnis Anda agar siapa pun yang nantinya hendak bekerja sama, langsung bisa menghubungi Anda melalui email itu. Setelah semuanya terisi, Anda tinggal klik “PUBLISH” di kanan atas. Anda juga dapat melihat tampilan setelan tadi pada halaman home channel Anda, yaitu di bagian “ABOUT”.

  1. Lengkapi brand visual Anda di bagian “Branding”.

Masih di halaman “Channel Customization”, Anda mesti punya visual yang menarik dan menjelaskan tentang channel Anda sendiri. Terdapat tiga jenis visual yang perlu disiapkan, yakni:

  • Picture
  • Banner Image
  • Video watermark
  1. Buatlah Trailer Channel

Trailer channel adalah video dengan durasi pendek yang berisi kumpulan-kumpulan dari beberapa video. Tujuannya adalah menjelaskan secara singkat isi dari channel itu, denga fungsi yang hampir serupa dengan trailer film.

Panduan cara meletakkan trailer channel adalah sebagai berikut:

  • Pilih “Content”, lalu klik “UPLOAD VIDEOS”.
  • Isilah judul atau “Title” > isi “Description” > Pilih thumbnail yang menarik > Set “Age Restriction” sesuai kebutuhan bisnis Anda > Next sampai pada bagian “Visibility”.
  • Pilih “Public”, kemudian “PUBLISH”.
  • Kini, Anda pilih “Customization” di sebelah kiri > pilih “ADD” di bagian Channel Trailer > pilih Video yang tadi di-upload.

Membuat Banner Online—Cara Membuat Channel Youtube untuk Bisnis

Masih terkait dengan cara membuat akun bisnis YouTube, Anda pun tidak perlu khawatir mengenai cara membuat visual brand yang mudah dan efisien. Saat ini, juga ada yang versi gratisannya, yakni dengan beberapa tools web based, antara lain menggunakan Canva.com. Panduannya seperti berikut ini:

  • Anda harus masuk ke website Canva.com > pilih “Sign Up” di kanan atas > pilih Sign up with Google (langsung dengan akun Google milik Anda) > pilih untuk Small Business, misalnya (bebas).
  • Di kotak pencarian, tulis “youtube”, kemudian pilih ‘Youtube Channel Art’.
  • Pilih “Create a blank Youtube Channel Art”.
  • Anda tinggal drag (menarik) template yang Anda ingingkan, lalu Anda juga bisa mengganti background sesuai warna brand Anda.

Nantinya, Anda juga bisa mencoba berbagai macam pengubahan sampai Anda memperoleh hasil yang diharapkan. Selain dengan memanfaatkan banner-banner yang ada di dalam pilihan tadi, Anda pun bisa berkarya lebih bebas dengan custom banner template Anda sendiri. Caranya, yaitu pilih “Upload” di bagian kiri dashboard, lalu pilih “Upload Media”.

Preview Channel Youtube

Sudah berhasil dengan panduan cara membuat akun YouTube yang menghasilkan uang tadi? Kini, saatnya Anda melihat hasil channel yang sudah kamu dibuat. Anda pun hanya perlu mengklik “VIEW CHANNEL” pada bagian kanan atas. Sekarang, Anda sudah punya channel youtube untuk bisnis yang akan menjadi salah satu saluran marketing terbaik buat Anda.

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Dengan kemajuan teknologi dan informasi sekarang ini, Anda bisa memperloleh penghasilan tambahan, bahkan penghasilan utama, lewat Youtube. Berikut ini caranya:

  1. Membuat Channel Sendiri

Anda dalam hal ini hanya perlu membuat akun Youtube, lalu menentukan pada konten apa channel yang Anda miliki ini akan berfokus. Tentu saja, viewers sekarang ini akan tertarik dengan konsep dari channel yang menarik dan tidak membosankan.

  1. Monetisasi akun Youtube

Anda perlu melakukan monetisasi pada akun untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube.  Caranya adalah masuk ke account information, kemudian klik “Creator Studio” pada menu di sebelah kiri. Klik “Channel” dan “Status and features”, lalu pilih “Enable Monetisation”, dan setujui agreement yang ada.

  1. Sambungkan dengan AdSense

Bukan hanya jumlah viewers, penghasilan Anda juga bisa bersumber dari iklan. Caranya adalah dengan melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke YouTube account Anda.

Nantinya, track penghasilan Anda bisa tersedia pada fitur YouTube Analytic. Akun anda bisa berbayar setelah Anda melengkapi dan mengikuti Youtube payment threshold. Biasanya, iklan bakal mulai muncul pada video yang diupload setelah monetisasi diaktifkan dan pihak Youtube sudah melakukan verifikasi lanjutan.

  1. Kerja Sama Endorse

Terkait hal ini, Anda dapat bekerja sama dengan brand ternama atau seseorang yang punya produk tertentu. Lewat video yang diunggah, Anda bisa melakukan soft promotion, bahkan dengan mencantumkan link produk dalam kolom deskripsi.

  1. Menjual Video di Website Penjualan Video

Sebagai YouTuber pemula, Anda harus tahu bahwa Anda kini bisa menggunakan akun website penjualan video untuk mempromosikan channel Anda. Caranya adalah dengan menyertakan bentuk teaser yang akan diarahkan pada akun YouTube Anda untuk melihat versi lengkap dari video itu.

  1. Melakukan Live

Terakhir, kalau Anda memang sudah memiliki basis penggemar dan banyak pengikut di Youtube, untuk meningkatkan kepercayaan kepada para penggemar bisa dengan melakukan live streaming.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat channel youtube untuk bisnis. Panduan di atas sangat direkomendasikan bagi Anda yang punya bisnis atau saat ini sedang membangun channel yang ingin punya kerja sama bisnis. Selamat mencoba!

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bursa Kripto Masih Belum Terealisasi, Langkah Mendag Zulkifli Hasan Ditunggu

JAKARTA, duniafintech.com - Keberadaan bursa kripto sebagai bagian dari ekosistem perdagangan legal aset kripto di Indonesia hingga kini belum berujung atau terealisasi.  Meski pucuk pimpinan...

Segera Siapkan Regulasi Investasi Kripto, Zulkifli Hasan Bilang Biar Lebih Aman

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi aset kripto saat ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus beradaptasi dengan tren ekosistem ekonomi digital itu. Hal itu...

Harga Volkswagen Polo hingga Daftar Dealernya

JAKARTA, duniafintech.com – Volkswagen Polo hingga kini masih menjadi salah satu mobil asal Jerman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Baik di Indonesia maupun di...

Estimasi Biaya Laparoskopi, Mahal Enggak Ya?

JAKARTA, duniafintech.com – Estimasi biaya laparoskopi di rumah sakit memang terbilang cukup menguras kantong, bahkan bisa mencapai puluhan juta. Laparoskopi sendiri adalah tindakan medis berupa...

Sesuai Syariat Islam, Begini Prinsip P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Pastinya P2P lending sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia fintech syariah terus mengalami peningkatan....
LANGUAGE