25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik yang Wajib Diketahui

JAKARTA, duniafintech.com – Cara memilih asuransi mobil terbaik penting untuk diketahui agar mendapatkan produk mobil yang sesuai kebutuhan.

Sebagaimana diketahui, mobil memang menjadi sarana transportasi yang efektif, terlebih saat bepergian jarak jauh dan bersama keluarga.

Mengingat nilai asetnya yang tinggi, tentu saja membeli asuransi kendaraan dapat menjadi pertimbangan untuk memberikan proteksi bagi kendaraan roda empat ini.

Baca juga: Review Asuransi Mobil Sompo: Klaim Mudah, Harga Murah!

Namun, sebelum membeli asuransi kendaraan, kamu pun harus memilih asuransi mobil terbaik bagi kendaraan kesayangan.

Seperti diketahui, asuransi memang berperan sebagai bentuk perlindungan yang akan menjamin risiko atau kerugian yang terjadi terhadap kendaraan, misalnya saja kecelakaan, banjir, kebakaran, dan lainnya.

Dengan adanya asuransi, akan memberikan manfaat positif bagi kamu. Lantas, bagaimana tips memilih asuransi mobil terbaik? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Apa Itu Asuransi Mobil?

Pada dasarnya, asuransi mobil adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi pada mobil dari kerusakan akibat kecelakaan, benturan, terbalik, atau tergelincir.

Dengan memiliki asuransi jenis ini, kamu bisa menghindari biaya perbaikan mobil yang lumayan besar jumlahnya. 

Sebagai informasi, ada banyak perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi kendaraan di Indonesia, antara lain, Asuransi ACA, AIG, AXA Mandiri, Allianz, dan yang lainnya.

Terkait hal itu, peserta asuransi yang mengalami kerusakan pada mobil dan tercover dalam polis hanya perlu datang ke bengkel-bengkel rekanan asuransi tadi. 

Lazimnya juga, asuransi kendaraan mobil terbaik terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi all risk dan total loss only (TLO).

cara memilih asuransi mobil terbaik

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi kendaraan memang menjadi kebutuhan penting sebagai sebuah bentuk perlindungan dan juga antisipasi terhadap berbagai macam hal yang boleh jadi akan merugikan Anda ketika terjadi musibah nantinya.

Tentu saja, kamu pun tidak mau mengambil sejumlah risiko kerugian atas mobil yang kamu miliki. Sekalipun sudah terdapat banyak penggunaan layanan asuransi, tetapi kamu tetap harus mengetahui cara memilih asuransi kendaraan yang tepat dan tentunya terbaik. Inilah panduannya.

1. Ketahui Kebutuhan Mobil

Pertama, kamu harus memahami dan mengetahui dengan jelas soal kondisi kendaraan kamu, yang biasanya meliputi kondisi mesin, body, usia dan lainnya yang dianggap perlu menjadi pertimbangan.

Saat kamu sudah mengetahui kondisi kendaraan, hal itu akan memudahkan kamu untuk memilih jenis asuransi kendaraan yang paling tepat bagi kendaraan kamu itu.

Seperti disinggung di atas, ada dua jenis asuransi kendaraan yang dapat kamu pilih dan pertimbangkan, yaitu asuransi all risk atau comprehensive dan asuransi total loss only (TLO). 

Adapun setiap jenis asuransi kendaraan akan memberikan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda, sesuai pada jenis dan fitur layanan yang dipilih.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu sudah mengetahui berbagai keuntungan dan bentuk perlindungan yang akan diberikan oleh asuransi kendaraan kepada kamu sehingga kamu pun tidak mengalami kerugian di masa mendatang.

2. Melakukan Survei

Tahapan berikutnya adalah kamu harus melakukan survei terlebih dahulu terhadap penyedia asuransi. Pastinya, ada banyak sekali penyedia asuransi mobil terbaik yang telah dipercaya oleh banyak nasabah.

Tentu saja, sebuah penyedia asuransi mobil terbaik akan menyediakan produk berkualitas, menyediakan pelayanan yang terbaik dan beragam produk yang ditawarkan. Dalam hal ini, kamu pun bisa melakukan perbandingan antar penyedia asuransi mobil yang telah kamu survei tadi.

3. Sesuaikan Kemampuan Dana

Adapun besarnya pembayaran yang akan lakukan nanti pastinya juga akan berpengaruh terhadap perlindungan dan fasilitas yang kamu peroleh.

Oleh sebab itu, sebaiknya sesuaikan keuangan kamu dengan biaya premi yang nantinya tidak akan memberatkan kamu.

Baca juga: Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

Terkait hal itu, jangan sampai kamu memaksakan diri untuk mampu membayarkan premi yang besar, padahal itu di luar kemampuan keuangan kamu. Tentunya, hal itu akan menjadi masalah dalam pengeluaran kamu di masa mendatang.

Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 2022

Sebagai pertimbangan, berikut ini daftar asuransi mobil terbaik saat ini yang bisa kamu pertimbangkan:

– Asuransi mobil Sinarmas

– Asuransi mobil Adira Syariah

– Asuransi mobil Adira Autocillin

– Asuransi kendaraan all risk Tugu Pratama

– Asuransi mobil ACA

– Asuransi all risk dan TLO MAG

– Asuransi all risk Mega Insurance

– Asuransi kendaraan AXA Mandiri

– Asuransi kendaraan Tokio Marine

– Asuransi kendaraan bermotor Allianz

– Asuransi kendaraan Chubb

– Asuransi mobil Sompo Insurance Indonesia

– Asuransi Garda Oto

– Asuransi mobil ABDA

– Asuransi kendaraan ASWATA

– Asuransi mobil Bess

– Asuransi mobil MPM

– Asuransi mobil Jasindo

Sekian ulasan tentang cara memilih asuransi mobil terbaik yang perlu kamu ketahui. Beli yuk produk asuransinya sekarang juga!

Baca juga: Premi Asuransi Mobil Sinarmas & Cara Klaimnya Terlengkap

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE