25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Cara Membatalkan Shopee Pinjam atau SPinjam, Mudah Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara membatalkan Shopee Pinjam atau SPinjam tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan dari Shopee ini.

Sebagai informasi, Shopee pun telah menyediakan fasilitas pinjaman bagi penggunanya, yang dinamakan Shopee Pinjam (SPinjam). Lewat layanan ini, pengguna bisa mengajukan dana mulai Rp200 ribu hingga Rp15 juta.

Adapun bunga yang ditawarkannya juga cukup kompetitif, yakni mulai 1,95%, yang tentunya sangat cocok buat kamu yang sedang membutuhkan dana cepat. Namun, ada beberapa alasan yang menyebabkan pengguna kemudian membatalkan Shopee Pinjam ini.

Baca juga: Bunga Shopee Pinjam per Bulan Berapa? Begini Menghitungnya

Termasuk juga kemungkinan bahwa mereka sudah mendapatkan dana dari sumber yang lain ataupun besaran cicilan yang kurang sesuai. Terkait caranya, berikut ini ulasannya yang bisa kamu simak di artikel kali ini.

Syarat Membatalkan Pinjam Uang di SPinjam

Tidak bisa dipungkiri bahwa hadirnya layanan SPinjam dari Shopee sangat membantu para pelanggan yang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari maupun kebutuhan lainnya. Setiap pelanggan Shopee yang sudah MENGAKTIFKAN SPINJAM bisa mengajukan pinjaman tunai dalam jumlah besar dengan batas waktu pengembalian hingga 6 bulan.

Namun yang namanya PINJAMAN ONLINE biasanya menerapkan suku bunga serta biaya lain-lain yang cukup besar. Nah, hal tersebut juga menjadi salah satu alasan utama kenapa beberapa pelanggan Shopee memilih untuk membatalkan transaksi pinjam uang di SPinjam.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, perlu diketahui bahwa untuk membatalkan pengajuan pinjaman hanya bisa dilakukan apabila transaksi tersebut belum disetujui atau belum lolos verifikasi. Apabila ternyata sudah di verifikasi, kalian masih bisa membatalkannya paling lambat 3 menit setelah pengajuan disetujui.

cara membatalkan shopee pinjam

Cara Membatalkan Shopee Pinjam atau SPinjam

Ada sejumlah cara untuk membatalkan pinjaman di SPinjam dan untuk memproses permintaan pembatalannya, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal, termasuk jaringan internet yang lancar dan stabil serta pulsa yang mencukupi, bergantung dari metode pembatalan yang kamu pilih. Berikut ini beberapa opsi pembatalan yang bisa kamu coba.

1. Menghubungi call center Shopee Pinjam

Ini menjadi cara tercepat supaya kamu bisa segera membatalkan pengajuan pinjaman. Di sini, kamu hanya perlu menghubungi nomor 1500702 atau (021) 39500300 melalui panggilan Telepon.

Sebagai informasi, dengan cara ini, kamu akan dikenakan biaya panggilan oleh operator. Sementara itu, untuk layanan gratis, kamu bisa menggunakan chatbot Shopee. Kalau nantinya sudah terhubung dengan customer service maka silakan konfirmasikan akun Shopee Pinjam kamu dengan menggunakan identitas diri.

Kamu pun tidak perlu bingung sebab customer service akan membimbing kamu dengan meminta menyebutkannya satu per satu. Jika identitas sudah kamu sebutkan dengan rinci maka jelaskan pada customer service tentang pembatalan Shopee Pinjam yang ingin dilakukan.

Berikan alasan tepat yang bisa menjadi pertimbangan Shopee mengabulkan permintaan itu. Nah, sekiranya alasan yang diajukan itu sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan , pihak Shopee akan memproses permohonan pembatalan. Kamu pun akan mendapatkan notifikasi di akun Shopee ketika proses pembatalan ini sudah selesai. 

2. Via email

Opsi yang satu ini bisa ditempuh kalau kamu tidak punya pulsa untuk melakukan panggilan telepon. Sekalipun gratis, tetapi dengan cara ini kamu perlu menunggu beberapa saat supaya pesan yang kamu kirim memperoleh balasan dari pihak Shopee. Berikut ini langkah-langkahnya:

– Buka aplikasi Shopee. Di halaman beranda, klik ikon profil di bagian kanan bawah.

– Ketika jendela profil terbuka, scroll ke bawah hingga menemukan opsi ‘Pusat Bantuan Shopee’.

Baca juga: Shopee Pinjam atau SPinjam tidak Cair? Ini Penyebabnya

– Di bagian ini, kamu perlu menggeser layar ke bawah sampai mendapati menu ‘Email’. Klik opsi tersebut.

– Kamu akan diarahkan pada halaman pengaduan. Isi formulir sesuai dengan kondisi kamu. Masukkan pula Shopee username dan alamat email. Berikan uraian secara jelas terkait permohonan pembatalan Shopee Pinjam.

– Kalau sudah maka tambahkan gambar pendukung (bukti pengajuan) sebagai penunjang alasan pembatalan. Klik kirim jika seluruh pengisian telah benar.

– Shopee akan menanggapi permohonan kamu dengan mengirimkan pesan via email. Pastikan untuk selalu mengecek pesan masuk atau inbox di email yang kamu daftarkan saat pengajuan. 

3. Lewat live chat

Di samping lewat panggilan telepon dan email, Shopee pun menyediakan fitur live chat untuk membantu pelanggan. Dengan metode yang lebih cepat ketimbang email ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengajukan pembatalan Shopee Pinjam.  Kamu pun hanya perlu membuka fitur live chat di aplikasi Shopee, lalu jelaskan kondisi dan permintaan kamu. Berikut ini tutorialnya:

– Buka aplikasi Shopee. Ketika beranda sudah terbuka, klik ikon profil di bagian kanan bawah untuk mengarah ke dashboard kamu.

– Scroll untuk memilih opsi ‘Chat dengan Shopee’ di bagian paling bawah jendela profil.

– Setelah memuat, kamu akan langsung masuk ke ruang obrolan dengan bot Shopee. Lengkapi pilihan untuk mendapatkan jawaban seputar cara membatalkan Shopee pinjam.

– Kamu pun bisa langsung memilih menu ‘Chat with Live Agent’ agar langsung terhubung dengan customer service Shopee.

– Ada beberapa opsi yang perlu dipilih sebelum terhubung dengan customer service Shopee khusus Shopee Pinjam.

– Jika masih tidak mendapatkan jawaban maka langsung pilih ‘Chat dengan Customer Service Shopee’ dan kamu akan langsung terhubung dengan bagian pelayanan Shopee.

– Kalau sudah terhubung maka customer service mungkin akan meminta kamu untuk melengkapi identitas terlebih dahulu. Kemudian, jelaskan secara detail keinginan kamu untuk membatalkan pinjaman. Jangan lupa juga untuk menyebutkan alasan mengapa harus melakukan hal itu. 

– Setelah selesai, tunggulah proses pembatalan oleh pihak Shopee. Notifikasi keberhasilan pembatalan akan muncul di aplikasi Shopee setelah proses disetujui. 

Biaya Pembatalan Utang SPinjam

Lantas, berapa sih biaya yang pada proses di atas?

Sejatinya, pihak Shopee sendiri tidak membebankan biaya dalam bentuk apapun bagi pelanggan yang ingin membatalkan pengajuan SPinjam. Dalam arti, kamu hanya perlu memenuhi syarat di atas kalau ingin membatalkan transaksi tersebut.

Akan tetapi, untuk membatalkan SPinjam ini kamu setidaknya perlu menyiapkan pulsa senilai Rp20.000 kalau menggunakan cara via call center Shopee.

Sekian ulasan tentang cara membatalkan Shopee Pinjam atau SPinjam yang gampang untuk dilakukan. Selamat mencoba!

Baca juga: Aktivasi SPinjam Shopee Ditolak? Gampang Kok Mengatasinya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE